Manfaat Bunga Teratai Dan Manfaat Tanaman Teratai Ternyata Dapat Dimasak

- Januari 03, 2018

Manfaat Bunga Teratai Dan Manfaat Tanaman Teratai Ternyata Dapat Dimasak

 
Teratai Berpotensi Utuk Sayur
Selama ini teratai Nelimbium nelumbo, cuma dikenal lantaran keindahan bunga dan daunnya di tatkala berada di permukaan kolam. Akan tetapi diluar dugaan, tanaman penghias kola mini dapat dikonsumsi menjadi sayuran. Rasanya lezat,gurih, manis, dan garing.
Di Indonesia belum lazim tanaman teratai dimanfaatkan menjadi bahan makanan. Padahal di negeri Cina, seribu tahun yng lantas teratai ini telah dimanfaatkan secara maksimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk di konsumsi. Cina sendiri sebetulnya bukanlah adalah tempat asal tumbuhan ini. Teratai di bawa dari India bersamaan yang dengannya penyebaran agama Budha.
manfaat, bunga, teratai, manfaat teratai, bunga terata, manfaat bunga teratai
Kini pembudidayaannya mencakup daerah yng cukup luas. Antara lain di daerah Bai He, Zhen, dan Jia Yi, dan di Taiwan Selatan. Pembudidayaan teratai di sana terang bukan sekadar untuh hiasan, melainkan di ambil biji dan umbinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat tepung. Menjadi obat tradisional, teratai tak asing lagi bagi negara yng berpenduduk lebih semilyar itu.
Dibuat sayur
Gizi yng terkandung dalam tanaman teratai begitu besar pengertiannya bagi kebugaran atau kesehatan tubuh. Tidah heran andaikan orang-orang Cina di sana selalu berusaha mengolah tanaman ini menjadi makanan yng disukai dan dapat di konsumsi yang dengannya gampang.
Teratai dihidangkan telah dalam bentuk makanan sehari-hari, baik menjadi campuran ataupun secara khusus. Produk makanan yng mempergunakan bahan dasar teratai antara lain es dan skoteng biji teatai. Belakangan ini popular yang dengannya sayur teratai, semisal sup teratai, sup akar teratai, sup asam pedas teratai, kangkung hotplate biji teratai, tumis akar teratai dan ikan kakap teratai.
Multiguna
Demikian istimewanya teratai ini. Daun, bunga, biji, lembaga, dan akar/umbinya, seluruh dapat menjadi bahan makanan yng berguna. Daun teratai Suka dipakai orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk membungkus makanan yng di tim, semisal tim nasi, tim ayam, dan tim-tim lain-lainnya supaya makanan itu beraroma khas teratai. Terhadap kebugaran atau kesehatan, pengaruh daun teratai yng di panggang mampu mengobati luka memar dan menyembuhkan bisul. Pada daun ini juga tidak sedikit terkandung vitamin C dan nelumbin.
Bunganya yng indah, selain utuk pajangan di vas bunga diluar dugaan punya kemampuan melegakan napas, menghentikan pendarahan, dan menurunkan panas. Bijinya yng tersusun atas senyawa kimia ragi, protein, dan vitamin C adalah sumber makanan yng berprotein tinggi. Tak heran kalau teratai di meyakini dapat mengembalikan kekuatan tubuh dan melancarkan peredaran darah, bila di makan. Malah bijinya mampu mengobati diare, disentri, dan menurunkan demam.
Biji teratai pula tidak sedikit di pakai menjadi bahan kosmetik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghaluskan kulit supaya kelihatan cantik dan bercahaya. Bagian dalam biji, yaitu inti ataupun lembaganya pun masih berguna menyenyakkan tidur. Sedangkan akar/umbi yng bentuknya menyerupai ubi jalar namun berlubang-lubang dan rasanya manis dingin itu, memiliki kandungan protein, vitamin C, B1, B2 dan asam dasar NH3, yng bermanfaat menjadi penghangat tubuh dan menyembuhkan memar.
Mulai dirintis
Bentuk olahan yng bervariasi dari tanaman teratai itu, bukan tak barangkali suatu tatkala mampu yang dengannya gampang dinikmati lidah Indonesia. Di pasar-pasar swalayan telah mulai terlihat sosok biji dan umbi teratai kering dipajang di etalasenya. Malah di daerah puncak Bogor km 85 ada restoran yng menyediakan masakan khas teratai. Memanglah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi bahan bakunya masih butuh impor, lantaran langkanya petani yng membudidayakan teratai.
Sebetulnya budidaya teratai begitu gampang, dan petani-petani Indonesia pasti bisa atau mampu mengikuti jejak penanaman teratai secara intensif semisal di RRC. Permasalahannya, kesempatan pasar komoditas teratai belum mampu terungkap lebih jauh. Namun yng terang, keseringan mengkonsumsi teratai menjadi sayuran makin besar. Buktinya, restoran pionir yng bercita rasa teratai itu setiap harinya selalu di penuhi pengunjung.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Manfaat-Bunga-Teratai-dan-Manfaat-Tanaman-Teratai-Ternyata-dapat-Dimasak.html.

Seputar Manfaat Bunga Teratai Dan Manfaat Tanaman Teratai Ternyata Dapat Dimasak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Bunga Teratai Dan Manfaat Tanaman Teratai Ternyata Dapat Dimasak