Sekilas Tentang Racun Serangga Tomcat Sahabat Para Petani

- Januari 03, 2018

Sekilas Tentang Racun Serangga Tomcat Sahabat Para Petani

 
Meski berukuran cukup kecil tidak lebih dari 1 cm serta bentuknya semisal semut, namun dampak serangan Tomcat ini Amat mengganggu serta menyakitkan sekali.

Kulit yng di kenai cairan yng dikeluarkan oleh tomcat akan melepuh serta menjadi luka basah dalam beberapa hari. Rasanya Amat panas serta sakit sekali semisal luka terbakar. Belum lagi yang dengannya tampilan lukanya yng tampak mengganggu, berlebi andai luka itu mengenai wajah.

Begitulah gambaran ihwal wabah serta akibat yng ditimbulkan oleh tomcat yng bernama lain Paederus serta adalah sejenis serangga dari ordo Coleoptera (coleo= selubung, ptera=sayap). Serangga ini bisa memicu penyakit Paederus dermatitis pada kulit kita-kita.
lihat pula:Tanaman-Tanaman Pemakan Serangga10 Tumbuhan Aneh Pemakan DagingCara Pengendalian Hama Ulat Grayak

Tomcat ini dalam bahasa Inggris disebut rove beetle (kumbang penjelajah).Warna kepalanya hitam, dada serta perut oranye, dan mempunyai panjang tubuh sekitar 7–10mm. Sayapnya berwarna kebiruan serta tak menutupi seluruh tubuhnya. Lantaran mempunyai sayap yng tidak biasa itulah, ia terbang juga yang dengannya tips yng tak biasa, yakni vertikal, yang dengannya tubuh tegak serta kepala menghadap ke atas.

Serangga ini aktif terbang pada malam hari serta tertarik pada cahaya lampu. Ia pula dikenal yang dengannya nama semut semai, semut kanai, ataupun semut kayap. Hal ini lantaran meskipun secara kekerabatan ia lebih dekat ke kumbang tanduk, namun bentuknya lebih mirip semut.

Tomcat sebetulnya sahabat para petani lantaran adalah predator ataupun musuh alami yng memakan telur serangga lain pemakan tumbuhan, semisal wereng cokelat. Ia tak menggigit ataupun menyengat kita-kita. Andai terasa terganggu ataupun terancam, ia akan menaikkan bagian abdomennya supaya tampak semisal kalajengking bagi atau bisa juga dikatakan untuk menakuti musuhnya.

Tatkala menyerang, ia akan memproduksi toksin paederin. Tidak cuma di kulit kita-kita tatkala berkontak langsung, namun ia pula mampu mengeluarkan racun di baju, handuk, serta benda lain-lainnya.

Lantaran tomcat bersimbiosis yang dengannya bakteri di dalam darahnya, maka cairan yng ia keluarkan memiliki kandungan racun yng bisa memicu radang, gatal-gatal, serta melepuh (panas) pada kulit kita-kita.

Bentuk peradangan mirip herpes, namun bukan. Paederus dermatitis bisa muncul cuma beberapa jam sesudah kontak yang dengannya kulit serta akan memicu radang selama 7–8hari.

Supaya tak di kenai cairan serangga ini, yng lebih-lebih merupakan jangan coba mengganggu ataupun mengusirnya tatkala hinggap pada tangan ataupun bagian tubuh yng tak tertutupi. Jangan pernah berkontak langsung yang dengannya serangga ini yang dengannya memencetnya lantaran itu akan memicu serangga mengeluarkan cairannya ke kulit tubuh. Singkirkan yang dengannya meniup ataupun mempergunakan kertas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambilnya yang dengannya hati-hati.

Lakukan pengecekan ke jendela, dinding serta langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Tidurlah yang dengannya kelambu bila daerah Kamu tengah tidak sedikit masalah ini. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuci bersih area ataupun barang-barang yng di kenai kontak serangga ini.

Rapikan barang-barang serta bersihkan tanaman liar di sekeliling rumah, tutup pintu serta jendela disaat menjelang sore, dan pasang kawat kasa pada jendela serta lubang ventilasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangga masuk ke dalam rumah.

Andai telah mengupayakan pencegahan akan tetapi masih di kenai cairan toksin paederin ini, maka segeralah mencuci kulit yng terpapar yang dengannya air sabun lantas mengompresnya yang dengannya air es.

Oleskan cairan lidah buaya ke kulit yng terpapar toksin bagi atau bisa juga dikatakan untuk meringankan gejala. Mampu pula memberikan salep hydrocortisone 1%, salep betametasone serta antibiotik neomycin sulfat 3x sehari, ataupun acyclovir 5% ataupun segeralah menghubungi dokter bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera memperoleh penanganan secara medis.sumber : berita utama

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/sekilas-tentang-racun-serangga-tomcat.html.

Seputar Sekilas Tentang Racun Serangga Tomcat Sahabat Para Petani

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sekilas Tentang Racun Serangga Tomcat Sahabat Para Petani