Agar Tanaman Tomat Berbuah Optimal

- Februari 10, 2018

Agar Tanaman Tomat Berbuah Optimal

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/agar-tanaman-tomat-berbuah-optimal.html
AGAR TANAMAN TOMAT BERBUAH OPTIMAL
Tatacara menanam tomatTomat adalah satu dari sekian banyaknya jenis sayuran yng Suka kita jumpai baik pada jenis masakan modern ataupun pada masakan tradisional. Tomat sendiri mempunyai tidak sedikit jenis diantaranya: Globe tomato, beef tomato, plum tomato, pear tomato, cherry tomato, grape tomato, campari tomato. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidayanya tanaman tomat cukup gampang, ini dikarenakan tanaman tomat Amat gampang tumbuh pada area yng mempunyai pH netral (6-7). Akan tetapi yng butuh diperhatikan bahwasanya tanaman ini memili batang yng cukup lentur, menjadikan butuh ditopang yang dengannya memberikan anjir (patok) ataupun tali yng dibentangkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya tanaman tomat bisa di lakukan yang dengannya beberpa tips berikut:
Pemilihan benihDalam memilih benih yng Perlu di lakukan merupakan menentukan jenis tomat apa yng akan ditanam berlebi dahulu, sesudah menentukan jenis tomatnya maka kita bisa mencari benih yang dengannya tips membeli di toko pertanian. Andai masih galau memilih jenis tomat, langsung saja mencari tahu jenis yng baik di toko pertanian serta bertanyalah kepada penjaga tokonya. Pemilihan benih sebaiknya disesuaikan yang dengannya kondisi tanah serta iklim yng ada di wilayah kita.
Penyemaian benih
Seusai benih telah didapat, maka benih sebaiknya disemai berlebi dahulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memndapatkan bibit yng mempunyai kualitas tumbuh tidak jelek alias bagus. Lakukan penyemaian pada lahan semai yng disiapkan yang dengannya membuat gundukan (tegalan) yang dengannya menggemburkan tanah. Luas lahan semaian disesuaikan yang dengannya banyaknya benih yng akan disemai serta luasnya lahan tanam yng akan ditanami.
Kasih pembatas yang dengannya mempergunakan papan pada seluruh sisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya lahan semaian tak larut lantaran air hujan, serta berilah penutup pada bagian atasnya yang dengannya mempergunakan jaring pertanian ataupun mempergunakan dedaunan. Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi area semaian supaya tetap lembab.
Taburkan benih secara merata ke lahan semai, serta tutup yang dengannya mempergunakan tanah secara merata serta yang dengannya lapisan yng tipis. Seusai selesai maka lakukanlah penyiraman pada pagi serta sore hari secara teratur hingga benih menjadi bibit yng siap tanam.
Penyiapan lahan tanam
Sambil menunggu benih tumbuh, kita bisa menyiapkan lahan tanam. andai tomat akan ditanam dilahan kebun, maka perlakuan lahan tanam pula hampir percis yang dengannya lahan semai. Tanah Perlu digemburkan yang dengannya mempergunakan cangkul serta dibentuk galengan (bentuk semisal tanggul kecil) secara memanjang serta berjajar yang dengannya jumlah serta panjang disesuaikan yang dengannya kapasitas lahan serta jumlah benih yng akan ditanam. Berilah plastik mulsa yang dengannya dilubangi sesuaid engan jarak tanam (50 cm x 60 cm) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi tumbuhnya tumbuhan pengganggu (gulma).
Akan tetapi andai tomat ingin ditanam di pot ataupun polybag, maka kita Perlu mengisi polybag ataupun pot yang dengannya tanah pucuk (humus) yang dengannya dicampuri yang dengannya pupuk sangkar ataupun kompos.
Pemindahan bibit ke area penanaman
Semisal halnya tanaman cabe, bibit tomat mampu dipindahkan dari lahan semai ke lahan tanam andai telah mempunyai daun sekitar 4-5 helai. Sebelum mengalihkan bibit dari lahan semai, lakukan penyiraman berlebi dahulu pada lahan semai supaya bibit gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicabut serta tak merusak akar tanaman tomat.
Pindahkan pada lahan tanam yng telah disiapkan pada langkah di atas, tanam yang dengannya membuat lubang yang dengannya mempergunakan sekop ataupun tangan. Hal ini pula percis andai di tanam di pot ataupun polybag.
Perawatan tanaman tomat
Perawatan Amat dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh tanaman tomat yng subur supaya membuahkan hasil yng tidak sedikit. Tatacara melakukan perawatan hampir percis yang dengannya melakukan perawat pada cabe yakni yang dengannya membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian anjir ataupun tali (penopang), pemberian pupuk organik, serta penyiraman secara rutin pada pagi serta siang hari.
Andai tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yng sudah terserang serta Buang jauh dari tanaman tomat yng lain. Pemberian pertisida mampu di lakukan andai serangan hama telah parah serta pilihlah pestisida yng organik.
Pemanenan buah Tomat
Umumnya masa penen tomat merupakan 3 bulan dari penanaman, akan tetapi hal ini tentunya Amat bervariasi bergantung dari jenis serta kesuburan tanaman. Petiklah tomat yng telah mulai matang yng ditunjukkan yang dengannya adanya perubahan warna dari hijau ke orange. Lakukan pemetikan 2 hari sekali dikarenakan buah tomat tak matang secara bersamaan.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/agar-tanaman-tomat-berbuah-optimal.html.

Seputar Agar Tanaman Tomat Berbuah Optimal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Agar Tanaman Tomat Berbuah Optimal