Pengertian Tanah | Definisi Tanah | Arti Tanah

- Februari 10, 2018

Pengertian Tanah | Definisi Tanah | Arti Tanah

 
PENGERTIAN TANAH
Tanah dalam bahasa Yunani disebut pedon merupakan bagian kerak bumi yng tersusun dari mineral serta bahan organik.
Tanah Amat vital peranannya bagi seluruh ke hidup-an di bumi lantaran tanah mendukung ke hidup-an tumbuhan yang dengannya menyediakan hara serta air sekalian menjadi penopang akar.
Struktur tanah yng berongga-rongga pula menjadi tempat yng baik bagi akar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bernapas serta tumbuh.
Tanah pula menjadi daerah asal hidup banyak sekali mikroorganisme.
Tanaman penutup tanah ataupun yng lebih dikenal yang dengannya sebutan Cover Crop merupakan tumbuhan ataupun tanaman yng khusus ditanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga tanah dari ancaman kerusakan oleh erosi serta ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki sifat kimia serta sifat fisik tanah.
Tanaman penutup tanah berperan :
1. Menahan ataupun mengurangi daya perusak butir-butir hujan yng jatuh serta sirkulasi air di atas permukaan tanah.
2. Menambah bahan organik tanah melalui batang, ranting serta daun mati yng jatuh.
3. Melakukan transpirasi, yng mengurangi kandungan air tanah.
Peranan tanaman penutup tanah yang telah di sebutkan memicu berkurangnya kekuatan dispersi air hujan, mengurangi jumlah dan kecepatan sirkulasi permukaan serta membuat besar infiltrasi air ke dalam tanah, menjadikan mengurangi erosi.
Tumbuhan ataupun tanaman yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai menjadi penutup tanah serta dipakai dalam system pergiliran tanaman Perlu memenuhi syarat-syarat :
a. Gampang diperbanyak, sebaiknya yang dengannya biji.
b. Memiliki system perakaran yng tak memicu kompetisi berat bagi tanaman pokok, namun memiliki sifat pengikat tanah yng baik serta tak mensyaratkan tingkat kesuburan tanah yng tinggi.
c. Tumbuh cepat serta tidak sedikit menghasilkan daun.
d. Toleransi terhadap pemangkasan.
e. Resisten terhadap gulma, penyakit serta kekeringan.
f. Bisa atau mampu menekan pertumbuhan gulma.
g. Gampang diberantas andai tanah akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman tanaman semusim ataupun tanaman pokok lain-lainnya.
h. Sesuai yang dengannya kegunaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk reklamasi tanah.
i. Tak memiliki sifat-sifat yng tak menyenangkan semisal duri serta sulur-sulur yng membelit.
Cover Crop ataupun tanaman penutup biasanya merupakan tanaman yng berasal dari famili legumineceae (tanaman legume/kacang-kacangan).
Cover Crop ataupun tanaman penutup tanah berperan menjadi penahan kelembaban tanah di daerah perkebunan khususnya perkebunan kelapa sawit serta karet.
Selain berfungsi melindungi kelembaban tanah di areal sekitar perkebunan, Cover Crop pula mempunyai peran menjadi penggembur tanah.
Tanaman jenis legume, mempunyai akar yng umumnya bersimbiosis yang dengannya bakteri rhizobium yng bisa mengikat Nitrogen (N) secara langsung dari udara.
Selain itu, perakarannya tak terlalu dalam serta adalah akar serabut, menjadikan akar tanaman penutup ini bisa membuat tanah tetap gembur.
Yang dengannya adanya tanaman penutup kelembaban tanah bisa terjaga yang dengannya baik.
Tanaman penutup umumnya ditanam secara tumpang sari.
Cover Crop/Tanaman Penutup bisa menaikan kualitas tanah yang dengannya menaikan tingkat bahan organik tanah melalui input tutupan biomassa tanaman dari waktu ke waktu.
Kualitas tanah dikelola bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan situasi optimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman berkembang.
Faktor utama kualitas tanah merupakan salinasi tanah, pH, keseimbangan mikroorganisme serta pencegahan kontaminasi tanah.
Fungsi Cover Crop
Cover Crop ataupun tanaman penutup tanah mempunyai fungsi dalam pengendalian air, pengendalian gulma, pengendalian penyakit, serta pengendalian hama.
Mudah-mudahan Memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/pengertian-tanah.html.

Seputar Pengertian Tanah | Definisi Tanah | Arti Tanah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Tanah | Definisi Tanah | Arti Tanah