Aneka Macam Jenis Busuk Pada Buah

- Februari 19, 2018

Aneka Macam Jenis Busuk Pada Buah

 

Buah busuk bisa digolongkan menjadi 3 bentuk Yakni :
  1. Busuk lunak serta basah ataupun busuk bonyok
  2. Busuk keras serta kering ataupun busuk mummi
  3. Busuk biasa ataupun bercak nekrosa

Bentuk-bentuk busuk buah bisa berlangsung di kebun ataupun di tempat-tempat penyimpanan. Biasanya serangan busuk mulai terjadii di bagian daging buah. Tiga organisme patogen penyebab timbulnya busuk, yakni cendawan, bakteri, virus diuraikan semisal yang akan di sajikan kali ini:
Serangan Busuk Buah oleh Cendawan
Cendawan, jamur ataupun kapang menyerang tanaman khususnya pohon buah-buahan melalui tiga tips:
  1. Melalui celah alami yng terdapat pada tanman semisal mulut daun (stomata), lentisel serta kelenjar nektar
  2. Melalui luka bekas gigitan serangga ataupun lain-lainnya
  3. Melalui kontak langsung yang dengannya tanaman inangnya

Jamur-jamur penyebab buah busuk berikut jenis buah inang serta gejala yng ditimbulkannya diuraikan di bawah ini:
Penyakit busuk buah phytophthora
Jamur phytophthora adalah penyebab penyakit ini. Adapun jenis-jenis Phytophthora yng memicu penyakit busuk buah di antaranya menjadi berikut:
  • Phytophthora palmivora Butl

Kapang ini memicu penyakit layu phytophthora pada pepaya.Gejalanya berupa busuk batang serta buah.Akan tetapi kpang ini pula menyerang akar serta memicu busuk akar, layu kecambah/tanaman muda ataupun kanker pada leher batang.Gejala awal tmpak pada batang serta buah.Bagian batang di sekeliling buah serta pada buah tumbuh bercakbercak kecil basah serta tak berwarna.Bercak-bercak akan membesar serta meluas.Akan tetapi buah muda ataupun buah mentah tak diserang kecuali buah luka. Menyerang sawo, durian serta sirsak.
  • Phytophthora cinnamoni

Kapang ini menyerang tanaman nanas di Hawaii serta Australia, khususnya pada lahan-lahan yng tidak bagus draenase serta tinggi curah hujannya.Penyakit yng ditimbulkannya memicu buah muda menjadi busuk teutama buah yng berasal dari tanaman anakan yng berdekatan ataupun bersentuhan yang dengannya tanah.
  • Phytophthora nicotianae B de Haan

Kapang ini penyebab timbulnya buah busuk basah pada jambu biji, melon serta semangka.Pada bagian yng busuk bila iklim senantiasa lembab akan tumbuh serta berkembang miselia serta sporangia berwarna putih dari kapang ini.Penyakit ini cukup merugikan bagi petani buah di Malaysia serta India.
  • Phytophthora drechleri Tucker serta Phytophthora capsicileonian

Kapang ini menyerang serta memicu busuk buah pada melon serta semangka.Di India, cendawan ini pula menyerang buah markisa.
  • Phytophthora citricola

Adalah jenis kapang penyebab busuk buah pada alpukat di California
Bisnis Pengendalian:
  • Sebaiknya tak melakukan penanaman pepaya di suatu lahan terus menerus guna mencegah lahan terjangkiti kapang patogen
  • Melakukan sanitasi lahan
  • Pengaturan saluran draenase
  • Tanaman di tanaman di atas bedengan
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan, tatkala awal penanaman bibit dicelup dalam larutan bubur bordeux serta captafol
  • Supaya dihindari penanaman bersama, berdekatan tau melakukan rotasi tanaman bagi jenis pohon buah yng sama-sama peka terhadap penyakit busuk buah phytophthora
Penyakit busuk buah botrytis
Infeksi kapang Botrytis cukup berat, berlangsung melalui bunga. Mahkota bunga yng terserang menjadi kering serta gugur. Buah akan membusuk menjelang masak. Khususnya pada saaat iklim Suka lembab ataupun pada musim penghujan. Ranting akan terserang bila malai bunga serta daun terserang hebat. Busuk buah Botrytis ini digolongkan pula menjadi penyakit pascapanen karena gejala busuk berlangsung ataupun tampak tatkala buah tengah dalam pengangkutan ataupun tatkala buah dalam penyimpanan. Jenis-jenis kapang Botrytis yng menyerang pelbagai jenis buah diantaranya sbb:
  • Botrytis cinerea Pers

Penyakit yng ditimbulkan disebut busuk kapang kelabu. Barangkali lantaran permukaan buah yng busuk terdapat kapang berwarna kelabu bertepung.Kulit melepas dari daging buah serta warrnanya agak cokelat.Tingkat selanjutnya dagaing buah mulai membusuk lantas lunak berair.
Menyerang strawberi, almond, kesemek, jeruk, alpukat yang dengannya gejala bagian yng terserang mula-mula keras lantas menjadi lunak serta lembek dan lebih gelap.Lantas buah menjadi busuk bonyok serta seluruh kulit buah diselaputi debu spora berwarna kelabu.
Bisnis pengendalian:
  • Sanitasi umum yakni sumber-sumber infeksi dimusnahkan
  • Pertukaran udara, bisa di lakukan yang dengannya pemangkasan secara tepat yang dengannya mengurangi tunas-tunas daun yng tumbuh berlebihan
  • Kepekaan terhadap serangan Botrytis bisa dikurangi yang dengannya tips mengurangi pupuk nitrogen tatkala masa pertumbuhan yang dengannya maksud mengurangi tumbuhnya tunas-tunas baru serta buah yng tinggi kandungan airnya
  • Panen, pengangkutan serta penyimpanan buah diusahakan sebaik barangkali
  • Pengendalian secara kimiawi yang dengannya tips membunuh sumber infeksi pada daun
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari serangan busuk sesudah panen sebaiknya buah dicuci yang dengannya air panas serta disimpan dalam suhu serendah barangkali
Penyakit busuk buah rhizopus
Kapang Rhizopus adalah penyebab penyakit busuk pada anggur, jambu mete, durian, melon, semangka serta sebagainya. Jenis-jenis kapang Rhizopus memicu kerusakan berbentuk busuk buah di antaranya menjadi berikut:
  • Rhizopus nigricans Ehr

Kapang inimenimbulkan penyakit busuk buah serta dikenal di seluruh pusat produksi jeruk di dunia.Gejala awal penyakit ini berupa bercak-bercak kuning pucat ataupun kuning agak berkerut.Bercak berkembang menjadi busuk lantas buah diselaputi miselia serta bentuk tubuh buah kapang lain-lainnya.Buah busuk ini akhirnya dilapisi tepung tipis berwarna hitam ataupun kelabu.
  • Rhizopus artocarpi Raciborski

Kapang ini memicu penyakit busuk buah pada nangka, disebut pula Rhizopus jackfruit Rot.Infeksi umumnya berlangsung melalui bunga jantan ataupun pada buah-buah yng masih muda.Sporanya disebarkan melalui angin.Serangan awal tampak dari luar berupa pertumbuhan miselia berwarna kelabu yng lantas menjadi lebih gelap yang dengannya sporangia-sporangia berwarna hitam.Serangan lebih lanjut memicu seluruh buah menjaadi busuk lantas gugur.
  • Rhizopus stolonifer Lind

Kapang ini memicu penyakit busuk buah pepaya.Cuma menyerang buah-buah masak yng sudah terluka.Buah-buah mentah utuh, sehatdan tak terluka tak akan diserang.Berbeda yang dengannya kapan Phytophthora yng bisa menyerang buah pada seluruh tingkat kematangan serta buah-buah yng tak terluka.Cendawan ini memicu buah busuk bonyok.
  • Rhizopus cirxinans v. Tilgh
  • R. arrchizus Fischer

Kedua jenis kapang ini memicu timbulnya busuk kulit (Hull Rot) pada buah almond di California serta Australia.Infeksi berlangsung bila kulit buah pecah serta retak.Kulit yng pecah ini menjadi alur-alur bercak tak teratur serta berlendir.Jaringan ini lantas mati memicu cacat alur mengerut pada buah.
Bisnis Pengendalian:
  • Lantaran cendawan ini menyerang tatkala luka maka pada tatkala pemetikan, pengepakan, pengangkutan serta penyimpanan buah Perlu di lakukan secara berhati-hati.
  • Sanitasi kebun senantiasa di lakukan yang dengannya sebaik-baiknya. Buah-buah busuk Perlu segera dimusnahkan supaya tak menjadi sumber inokulum selanjutnya.
  • Semut yng adalah pembawa spora dan kepik serta serangga lain-lainnya yng bisa memicu luka pada buah segera diberantas.
  • Busuk buah pada nangka bisa dicegah yang dengannya penyemprotan bubur bordeux setiap tiga minggu selama pohon berbunga serta awal pembentukan buah
  • Perendaman buah-buah pepaya ke dalam air panas, suhu 48° C selama 20 menit bisa mencegah infeksi jamur Rhizopus.
Penyakit Busuk Buah antraknosa
Penyakit busuk buah antraknosa adalah penyakit yng cukup dikenal. Gejala serangannya tampak pada buah-buah masak berbentuk bercak-bercak cekung busuk. Bila seluruh permukaan buah telah terserang bercak, maka seluruh bah menjadi busuk bonyok. Pada becak-bercak busuk bonyok ini tumbuh lapisan massa konidia berwarna. Penyakit ini penyebabnya yaitu oleh kapang Cvolletotrichum. Beberapa kapang colletotrichum yng memicu penyakit busuk buah antraknosa di antaranya menjadi berikut:
Kapang ini secara umum menyerang tanaman semai, bunga, buah, daun serta ranting pelbagai jenis buah. Beberapa jenis buah yng diserang cendawan ini yakni alpukat, jambu biji, jambu monyet, jeruk, jeruk lemon, kesemek, mangga, markisa, srikaya, buah nona, pepaya. Iklim yng senantiasa basah dan kondisi lahan serta pertanaman yng menunjang kelembaban Amat serasi bagi pertumbuhan serta perkembangan penyakit ini. Buah-buah yng diserang umumnyabuah-buah yng menjelang masak.
  • Colletotrichum musae Arx

Penyakit antraknosa pada pisang ini pertama kali dinyatakan menjadi penyakit pascapanen karena serangannya berlangsung pada buah-buah masak dalam penyimpanan.Gejala awal dari penyakit ini tampak pada kulit buah yng mulai menguning yang dengannya bercak-bercak kecil berwarna cokelat.Bercak-bercak ini lantas makin membesar serta cekung.Pada buah mentah yng sudah dipanen timbul bercak-bercak kecil bulat berwarna hitam serta cekung lantas membentuk halo berwarna kuning.Buah-buah yng terserang hebat menjadi hitam serta busuk.Suka buah menjadi mengerut serta busuk kering (busuk mummi).
  • Sphaceloma pinica Bitsncourt and Jenkins

Adalah kapang penyebab antraknosa pada buah delima.Pendapat dari keterangan penyakit ini adalah penyakit penting tanaman delima di dunia.
  • Colletotrichum lagenarium (Pass) Ell & Halls

Kapang ini memicu penyakit antraknosa pada buah semangka
Bisnis Pengendalian:
  • Melakukan sanitasi kebun sebaik-baiknya yang dengannya tips melindungi kelembaban lahan, pemangkasan
  • Penyemprotan yang dengannya fungisida secara terjadwal serta teratur
  • Buah-buah yng akan disimpan ataupun diekspor direndam dalam air panas suhu 48 °C selama 20 menit menjadi pencegahan
Penyakit busuk buah phomopsis
Kapang Phomopsis memicu busuk buah dan kanker pada pelbagai bawah. Jenis-jenis kapang Phomopsis yng memicu penyakit yang telah di sebutkan di antaranya menjadi berikut:Phomopsis anonacearum Bondartzeva-Monteverde
Kapang ini menimbulkanbusuk yng disebut kanker hitam (black cancer) pada buah srikaya.Gejala awal penyakit ini tampak berupa bercak-bercak ungu yang dengannya aneka macam ukuran.Bercak ini Suka terdapat di dekat ujung buah lantas mengeras menjadi celah dalam.
  • Phomopsis citri Faw

Kapang penyebab busuk pangkal buah iji sudah menyebar k seluruh areal jeruk di dunia.Gejala wal terlihat di sekitar ujung pangkal buah yng menjadi liat serta mengeras berwarna kekuningan hingga cokelat.Bila buah mulai masak serta iklim ataupun udara bertambah panas, maka kebusukan buah cenderung bertambah cepat, baik kualitas ataupun kuantitas kebusukan.Infeksi kapang berlangsung tatkala buah masih menggantung di pohon ataupun melalui tangkai buah yng baru dipetik.
Bisnis Pengendalian
  • Melakukan sanitasi kebun, di antaranya memusnahkan sumberr inokulum.
  • Penyemprotan yang dengannya bubur bordeux
  • Penyemprotan buah jeruk menjelang panen yang dengannya benomyl berdosis 500 ppm

Penyakit busuk buah Pythium
Adalah golongan cendawan perusak ataupun penyebab busuk akar. Beberapa di antaranya menyerang organ-organ vegetatif serta buah. Akibat serangannya memicu kerusakan berbentuk busuk bonyok. Bagian yng terserang menjadi berwarna hitam bonyok yang dengannya bentuk tak semisal umumnya. Busuk bonyok ini bisa menyerang seluruh buah ataupun cuma sebagian saja. Bagian yng terserang ini membusuk, hitam mengerut serta keriput. Bagian lain yng tak terserang tetap berwarna serta berbentuk normal
Bisnis Pengendalian
  • Pengendalian serangan penyakit ini belum diketahui. Buah-buah yng diperoleh menjadi tak berharga ekonomis lagi. Sebaiknya buah-buahan ini dibuang serta dimusnahkan
Sumber: Penyebab Buah Busuk serta Pengendaliannya, 2010Penulis: Nurida, SPDisarikan dari : http://bakorluh.babelprov.go.id/

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/04/aneka-macam-jenis-busuk-pada-buah.html.

Seputar Aneka Macam Jenis Busuk Pada Buah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Aneka Macam Jenis Busuk Pada Buah