Botani Jambu Mete Atau Mede Ciri Ciri Dan Pertumbuhannya

- Februari 28, 2018

Botani Jambu Mete Atau Mede Ciri Ciri Dan Pertumbuhannya

 
Tanaman jambu mete (anacardium occidentale Linn) berasal dari Brasil serta salah satunya dalam familia Anacardiceae yng meliputi 60 genus serta 400 spesies, baik dalam bentuk pohon ataupun perdu.
Pembagian terstruktur mengenai jambu mete dslam taksonomi tumbuhan merupakan menjadi berikut:
Divisi : magnoliophyta
Kelas : magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Family : Anacardiaceae
Genus : anacardium
Spesies: anacardium occidentale Linn
Botani  Jambu Mete, jambu Mede, ciri ciri jambu mede, Pertumbuhan jambu mede, budidaya jambu mede, budidaya jambu mete
Jambu mete memiliki puluhan varietas, di antaranya ada yng berkulit putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan, serta hijau.
Tanaman jambu mete terdiri dari bagian-bagian vegetative serta generative. Bagian vegetative tanaman jambu mete terdiri dari akar, batang, serta daun sedangkan bagian generative terdiri dari bunga, buah, serta biji.
Tanaman jambu mete mulai berbunga pada umur 3-5 tahun. Bunga jambu mete berukuran kecil, beraroma harum, serta berjumlah Amat tidak sedikit.
Salah satunya bunga majemuk yng berbentuk malai serta bremunculan di ujung ranting. Pada satu malai terdiri dari bunga jantan serta bunga hemafrodit (berkelamin dua). Bunga hemafrodit lebih besar ukurannya dari bunga jantan.
Baik bunga jantan ataupun bunga hemafrodit masing-masing mempunyai benang sari sebanyk 8-11 buah. Akan tetapi, benang sari yng subur cuma 1-2 buah serta selebihnya steril. Kedua jensi bunga yang telah di sebutkan pula memiliki bakal buah, tangkai putik, serta kepala putik.
Namun, putik bunga jantan mengalami rudimenter heermafrodit serta yng dibuahi cuma 85%.
Dari sekian tidak sedikit bunga yng dibuahi, cuma 4-6% yng bisa bertahan sampai-sampai matang serta bunga lain-lainnya berguguran pada berbegai tingkat umur.
Buah jambu mete terdiri dari dua bagian, yakni buah semu yng mirip jambu air serta buah sejati yng bern=bentuk ginjal.
Bagian buah semu sebetulnya merupakan tangkai buah yng membesar seolah-olah daging buah normal. Oleh lantaran itu, bagian ini disebut buah semu.
Daging buah tebal, tidak sedikit memiliki kandungan air, berserabut, berkulit tipis, serta rasanya sepat. Bobotnya 5-16 kali dari bobot buah sejati serta kaya akan vitamin C.
Buah sejati (biji) adalah hasil utama tanaman mete. Ukuran biji mete Indonesia panjangnya antara 2,0-3,5 cm, lebar 1,5-2,5 cm serta tebalnya 1,0-2,5 cm.
Di india serta Brazil panjangnya rata-rata 2,5-4,0 cm serta lebarnya 2,0-3,5 cm. biji mete ini pula dikenal denagn sebutan gelondongan mete (biji mete yng sudah dikeluarkan dari buah semu serta keadaannya kering.
Gelondongan mete terdiri dari kacang mete berbelah dua yng dibalut oleh kulit arid an dilindungi oleh kulit yng keras berwarna keabu-abuan serta kusam. Kulit biji mete terdiri dari tiga lapisan.
Lapisan paling luar keras serta liat disebut epikarp.lapisan selanjutnya yng berbentuk semisal sarang tawon yng memiliki kandungan minyak kental bernama minyak laka/cashew nut shell liquid (CNSL) disebut mesokarp. Lapisan ketiga keras serta disebut endocarp.
Tanaman jambu mete memiliki beberapa sifat, diantaranya:
  • Umur tanaman jambu mete mencapai lebih dari 30 th, denagn ketinggian mencapai 10-12 m.
  • Perakarannya Amat ektensif serta peka terhadap genangan air (keadaan anaerob), menjadikan Perlu dibuat drainase.
  • Pertumbuhan akar tunggangnya mayoritas serta bisa mencapai lebih dari 9 m, secara bertahap akar tunggang akan berkurang. Akar lateral (panjang mampu lebih dari 4,5 m), yng akan lebih menonjol.
  • Tanaman jambu mete tak menyukai naungan. Bunga-bunga terbentuk pada permukaan tajuk serta cuma bunga-bunga yng mendapatkan intensitas sinar matahari yng cukup, bisa berkembang menjadi buah yng baik.

Tanaman jambu mete adalah komoditi yng tidak sedikit manfaatnya, mulai dari akar, batang, daun, serta buahnya.
Selain itu, biji mete (kacang mete) bisa digoreng serta menjadi makanan bergizi tinggi.
Buah mete semu bisa diolah menjadi beberapa bentuk olahan semisal sari buah mete, anggur mete, manisan kering, selai mete, buah kalengan, serta selai jambu mete.
Kulit kayu jambu mete memiliki kandungan cairan berwarna cokelat. Andaikan di kenai udara, cairan yang telah di sebutkan berganti menjadi hitam.
Cairan ini bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan tinta, bahan pencelup, atau bahan pewarna. Selain itu, kulit batang pohon jambu mete pula berguna menjadi obat kumur ata obat sariawan.
Batang pohon mete menghasilkan gum atau blendok bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan perekat kuku. Selain daya rekatnya baik, gum pula berfungsi menjadi anti ngengat yng serng menggerogoti buku.
Akar jambu mete berguna menjadi pencuci perut. Daun jambu mete yng masih muda dimanfaatkan menjadi lalap, lebih-lebih di daerah jawa Barat. Daun yng tua bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat luka bakar.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, atau twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/02/botani-jambu-mete-atau-mede-ciri-ciri.html.

Seputar Botani Jambu Mete Atau Mede Ciri Ciri Dan Pertumbuhannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Botani Jambu Mete Atau Mede Ciri Ciri Dan Pertumbuhannya