Budidaya Semangka Dan Cara Menanamnya

- Februari 27, 2018

Budidaya Semangka Dan Cara Menanamnya

 
Buah semangka satu dari sekian banyaknya jenis buah-buahan yng cukup gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan. Mengapa demikian? Lantaran semangka Amat gampang tumbuh di dataran tanah yng mempunyai ketinggian 0-1000 m dpl. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya semangka mampu di lakukan di datran rendah ataupun dataran tinggi.
Pemilihan TanahUntuk lebih memaksimalkan dalam membudidayakan semangka sebaiknya pilih tanah yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tanaman semangka ini. Tanah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam semangka Perlu mempunyai keasaman tanah pH 5,5-6,5. Namun tanaman ini masih mampu tumbuh di bawah pH 5, menjadikan tanaman ini bisa tumbuh dilahan gambut.
Tanah yng dipilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman Perlu yng cukup gembur dan kaya bahan organic, andaikan kita telah bisa menentukan lahan yng akan ditanam, lantas tanah diolah, semisal biasa halnya sebelum menanam tanaman kita Perlu membersihkan lahan yng akan diolah lantas lahan dibajak ataupun dicangkul.
budidaya semangka, cara menanam semangkaSeusai dicangkul yang dengannya halus , langkah selanjutnya membuat bedengan yang dengannya panajang 12-15 m, lebar 1,5-2 m ataupun sekitar 3-4 m. seusai bedengan siap lantas buat lubang tanam yang dengannya ukuran 40 x 40 x 30 cm. jarak tanamnya didalam baris sekitar 1,2-1,5 m. seusai itu, lubang tanam diberi pupuk dasar yng terdiri dari 4 kg pupuk kandaang, 28 gram pupuk DS, 22 gram pupuk ZK, dan 15 gram pupuk ZA.
Cara Pembibitan
Penanaman semangka di lakukan yang dengannya mempergunakan biji (benih). Sebelum menjadi bibit yng siap ditanam, benih disemai berlebi dahulu dalam pot plastic ataupun polybag yang dengannya media tanah dan pupuk sangkar yng steril.
Cara penyemaian benih yakni, pertama bibit biji semangka direnggakan agar bisa mempermudah proses pertumbuhan, tahap selanjutnya rendam benih biji semangka dalam 1 liter air yang dengannya campuran 1 sendok the hormone (Atronik, Menedael, Abitonik), 1 sendok feres fungisida (obat anti jamur), 0,5 sendok the peres bakterisida. Seusai direndam 10-30 menit, diangkat dan ditiriskan hingga air tak mengalir lagi dan bibit siap dikecambahkan.
Kantong-kantong pesemaian diletakan berderet supaya di kenai sinar matahari. Lakukan pemupukan di lakukan lewat daun agar bisa cepat berkembang dan pupuk di campur obat. Lakukan pemupukan 3 kali sekali.
Seusai bibit mempunyai daun 2 lembar ataupun berumur epat minggu, maka bibit telah siap ditanam di lahan terbuka ataupun kebun yang dengannya jarak tanam antar bibit 1 m.
Cara Penanaman
Penentuan pola tanam pada tanaman semangka di lakukan yang dengannya pola monokultur. Pembuatan pembuatan lubang tanam penanaman bibit semangka pada lahan lapangan, seusai persemaian berumur 14 hari dan sudah tumbuh 2 helai daun.
Sembari menunggu bibit cukup besar, di lakukan pelubangan pada lahan yang dengannya kedalaman 8-10 cm. persiapan pelubangan lahan yang telah di sebutkan di lakukan 1 minggu sebelum bibit dipindahkan ke darat.
Berjarak 20-30 cm daritepi bedengan yang dengannya jarak antar lubang sekitar 80-100 cm ataupun bergantung tebal ataupun tipisnya bedengan. Seusai di lakukan pelubangan, lahan selanjutnya digenangi air sekitar tinggi bedengan, dan dibiarkan hingga air meresap.
Sebelum bibit batang ditanam, lakukan berlebi dahulu perendaman, supaya gampang melepaskan polybag yng dipakai. Langkah imunisasi di lakukan yang dengannya tips merendam selama 5-10 menit dan disertai campuran larutan obat-obatan.
Cara Pemeliharaan Tanaman
Dalam proses pemeliharaan tanaman ada beberapa tahapan pemeliharaan yng umum diberikan, diantaranya proses penyiraman, penyiangan, pembubunan, penjarangan dan penyulaman, dan yang terakhir pemupukan.
Penyiraman pada tanaman yng baru ditanam dilahan terbuka ataupun kebun Amat penting, andaikan penyiraman melalui saluran-saluran bedengan maka air Perlu di awasi jangan hingga meluap menggenangi permukaan bedengan.
Penyiangan yng di lakukan pada tanaman semangka Perlu hati-hati lantaran, jangan hingga batang primer dan sekunder terpotomg ataupun rusak. Proses penyiangan ini mampu di lakukan antara 3-4 kali selama masa tanam.
Seusai beberapa hari penanaman selanjutnya di lakukan pembubunan. Pembubunan yakni proses membubun tanah supaya akar menyerap makanan secara maksimal dan diikuti yang dengannya proses perempelan, yakni proses penyortiran tunas-tunas muda bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuang yng tak bermanfaat dan akan menghambat pertumbuhan tanaman semangka.
Penjarangan dan penyulaman pada tanaman semangka di lakukan seusai berumur 3-5 hari, andaikan tanamann yng telat pertumbuhannya dan akan memicu kematian maka segera rubah tanaman tersebbut yang dengannya bibit baru. Dan lakukan penjarangan yang dengannya menyisakan 2-3 tanamansaja.
Pemupukan yng diberikan pada tanaman semangka yng cukup pesat pertumbuhannya, sebaiknya diberikan pupuk P dan K dan 1/3 bagian pupuk N diberikan untuyk pupuk dasar. Campuran pupuk P dan K diberikan dalam lubang tanam (sedalam 5-8 cm) sejauh 5-8 cm dari biji. Andai mempergunakan pupuk DS dan ZK, maka setiap lubangnya cuma diberikan 28 gram pupuk DS dan 22 gram pupuk ZK.
Pemberian pupuk N sebaiknya diberikan sebanyk tiga kali. Andaikan pupuk N yng diberikan berupa pupuk ZA (sejumlah 45 gram/tanaman), maka berilah pupuk sebanyk 15 gram/tanaman.
Pemberian pupuk pertama diberika pada tatkala tanaman mulai ditanam, pemberian pupuk kedua diberikan pada tanaman telah setinggi 1 m, sedangkan pemberian pupuk ketiga seusai tanaman telah berbuah sebesar telur ayam.
Pembuahan
Para petani di negara Jepang umumnya cuma memelihara satu buah saja buah saja pada setiap cabangnya. Jadi, dari setiap pohonnya cuma akan diperoleh 3-4 buah saja. Pembuahannya diatur pada ketiak daun yng percis, kira-kira 1,5 m dari lubang tanam.
Andaikan tanama telah mngeluarkan buah maka segera kasih alsa jerami kering, alas jerima ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari percikan air hujan, karena air hujan akan menghasilkan kebusukan pada buah andaikan di kenai langsung pada badan buah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran yng baik setiap hektar bisa menghasilkan buah sebanyk 8-10 ton.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/budidaya-semangka-dan-cara-menanamnya.html.

Seputar Budidaya Semangka Dan Cara Menanamnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Semangka Dan Cara Menanamnya