Budidaya Bawang Merah Dan Cara Menanam Bawang Merah

- Maret 01, 2018

Budidaya Bawang Merah Dan Cara Menanam Bawang Merah

 
Seusai sebelumnya kita membahas Cara Penanaman Bawang Merah, selanjutnya kita membahas pemeliharaan tanaman bawang merah. Satu dari sekian banyaknya bisnis bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan hasil budidaya bawang merah merupakan pemeliharaan tanaman, tahapan-tahapn bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemelihraan tanaman pada bawang merah diantaranya, penyiraman, penyiangan, penggemburan tanah, pemupukan, dan penegendalian hama penyakit.
  • Penyiraman

Penyiraman tanaman bawang merah sesudah proses penanaman selesai, di lakukan sehari-hari hingga daun pertama tumbuh. Waktu penyiraman di lakukan pagi dan sore hari. Jadi, proses penyiraman di lakukan sehari dua kali.
Seusai tanaman bawang merah berumur 50 hari, penyiraman di lakukan cukup di lakukan satu hari sekali. Menyiram tanaman bawang merah sebaiknya tak terlalu basah, lantaran kalu terlalu tidak sedikit air, tanah mampu menjadi padat yng menghasilkan pertumbuhan tanaman terganggu dan bisa pula berlangsung pembusukan.
  • Penyiangan dan penggemburan tanah

Supaya tak bersaing yang dengannya tanaman penggangu ataupun gulma, lahan bawang merah Perlu selalu disiangi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang seluruh gulma. Proses penyiangan bisa di lakukan bersamaan yang dengannya penggemburan tanah.
budidaya,bawang, merah, cara, menanam, tanamPenyiangan di lakukan yang dengannya mencbuti seluruh gulma baik secara langsung oleh tangan, ataupun yang dengannya mempergunakan alat bantu. Proses penyiangan Perlu di lakukan secara hati-hati supaya tak merusak perakaran tanaman bawang merah.
Umumnya, penyiangan di lakukan dua kali selama pertumbuhan bawang merah. Penyiangan pertama di lakukan pada tatkala tanaman berumur 2 – 4 minggu, sedangkan penyiangan kedua di lakukan tatkala tanaman berumur 5 – 6 minggu. Akan tetapi, frekuensi penyiangan bergantung pada pertumbuhan gulma.
  • Pemupukan

Pemupukan pada bawang merah bisa di lakukan yang dengannya pupuk alami ataupun buatan. Pemupukan di lakukan dalam dua tahap. Tahap pertama di lakukan sebelum penanaman, sedangkan tahap kedua di lakukan sesudah penanaman. Pemupukan tahap pertama umumnya mempergunakan kompos ataupun pupuk sangkar sebanyk 10 – 15 ton per hectare.
Pemberian pupuk alami sebelum penanaman dimaksudkan supaya struktur tanah tak gampang memadat, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuburkan tanah, dan menaikan kemampuan tanah dalam mengikat air. Pupuk susulan diberikan yang dengannya tips menaburkannya diantara baris tanaman, ataupun dibenamkan pada tanah yang dengannya jarak 10 cm dari tanaman.
  • Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit tanaman adalah sesuatu hal yng penting dalam budidaya tanaman bawang merah. Hama dan penyakit bisa menyerang seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang, dan daun.
Hama yng menyerang tanaman bawang merah, antara lain ulat daun dan cendawan, kedua hama ini Suka memicu ujung daun terpotong dan daun menjadi terkulai. Ulat dari hama ini bisa merusak umbi yng disimpan di gudang.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah hama-hama yang telah di sebutkan, dipakai obat pembasmi serangga Bayrusil 250 EC ataupun Azodrin 15 WSC. Dosis yng dipakai merupakan 2 ml/l air.
Penyakit yng menyerang tanaman bawang merah merupakan bercak ungu yng penyebabnya yaitu oleh jamur. Penyakit ini Amat ditakuti oleh petani bawang merah. Gejala yng terlihat akibat serangan penyakit ini adalah adanya bercak-bercak putih kelabu pada daun yng akan berganti menjadi cokelat dan mongering.
Dari daun, penyakit ini akan berair, berganti kekuning-kuningan, dan akhirnya menjadi cokelat kehitaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit ini, tanaman bawang merah Perlu disemprot oleh Difolatan 4F.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Budidaya-Bawang-Merah-dan-Cara-Menanam-Bawang-Merah-Tahap-Pemeliharaan-Tanaman.html.

Seputar Budidaya Bawang Merah Dan Cara Menanam Bawang Merah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Bawang Merah Dan Cara Menanam Bawang Merah