Teknik Budidaya Tanaman Gaharu Agar Memberi Hasil Maksimal

- Maret 03, 2018

Teknik Budidaya Tanaman Gaharu Agar Memberi Hasil Maksimal

 
Dibandingkan tanaman perkebunan yng lain, gaharu tergolong gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan. Hal itu lantaran gaharu bisa tumbuh yang dengannya baik di aneka macam jenis tanah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya tanaman gaharu, tak dibutuhkan tanah yang dengannya kriteria tertentu lantaran seluruh jenis tanah bisa dijadikan menjadi lahan budidaya. Yng terpenting, tanah yng dipakai bukanlah tanah yng terendam air, misalnya rawa ataupun lumpur.

Tanaman gaharu bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik di tempat yng memiliki ketinggian 0 sampai-sampai 2.000 mdpl. Walau begitu, tak tertutup mungkin tanaman gaharu mampu tumbuh di lahan yng berada di ketinggian lebih dari 1.200 mdpl.
Tatkala ini, budidaya tanaman gaharu salah satunya satu dari sekian banyaknya jenis bisnis yng mempunyai prospek menjanjikan. Hal itu tak lain lantaran kesempatan bisnis pada bagian ini masih Amat terbuka lebar akibat dari belum banyaknya warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggelutinya. Nah, bagi Kamu yng tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan gaharu, berikut ada beberapa hal penting yng mesti Kamu lakukan supaya gaharu yng Kamu tanam bisa atau mampu menghasilkan profit sesuai yang dengannya harapan:
1. Pemilihan bibit gaharu
Hal pertama yng wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu perhatikan andaikan ingin melakukan budidaya tanaman gaharu merupakan memilih bibit yng mempunyai kualitas. Pada biasanya, p[etani memperoleh bibit tanaman gaharu dari aneka macam pihak yng memanglah menjual ataupun menyediakannya. Ada poin – poin penting yng hendaknya selalu Kamu perhatikan tatkala memilih bibit, yakni: - Memilih bibit yng sehat serta tak tengah terserang hama - Berdiameter tidak lebih lebih 1 cm - Tinggi bibit minimal telah mencapai 20 sampai-sampai 30 cm
2. Mempersiapkan lahan
Andai Kamu telah memperoleh bibit gaharu yng mempunyai kualitas, maka tugas selanjutnya merupakan mempersiapkan lahan yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bibit yang telah di sebutkan. Tak diharapkan lahan khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bibit gaharu, akan tetapi Kamu butuh mempertimbangkan jarak tanam antara satu pohon yang dengannya yng lain. Jarak tanam yng dianjurkan merupakan 3 X 3 meter. Namun hal itu tak mengikat lantaran jarak yng dipakai pula mampu disesuaikan yang dengannya kebutuhan serta kondisi lahan. Akan tetapi, secara garis besar 1 hektar lahan mampu menampung sekitar 1.111 bibit.
3. Penanaman bibit
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bibit, berlebi dulu Perlu disiapkan lubang tanam. Ukuran lubang tanaman yng dianjurkan merupakan 30X30X30 cm. Pembuatan lubang tanam Perlu di lakukan dua minggu sebelum penanaman bibit. Penting juga bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambahkan pupuk pada lubang tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan. Dosis pupuk Perlu disesuaikan yang dengannya takaran yng dianjurkan. Waktu paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman bibit merupakan pada pertengahan musim penghujan, ataupun pada tatkala air tersedia cukup melimpah.
4. Perawatan
Andai bibit telah ditanam, tahap selanjutnya yng Perlu di lakukan merupakan perawatan. Ada beberapa hal yng hendaknya di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi bibit supaya tumbuh subur. Hal pertama yng wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan merupakan memberikan naungan. Umumnya naungan dibuat dari daun yng cukup lebar ataupun jerami. Naungan berfungsi menjadi pelindung dari paparan sinar matahari langsung yng mampu mengganggu pertumbuhan bibit serta mencegah terjadinya penguapan yng berlebihan.
Penting juga bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama ataupun penyakit, yaitu yang dengannya memberikan pestisida. Amat dianjurkan supaya pestisida yng dipakai merupakan pestisida organik lantaran lebih aman sekalian bisa atau mampu melindungi kualitas hasil panen. Penting juga bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi serangga pemakan daun yang dengannya tips menyemprotkan insektisida.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat bibit tumbuh lebih cepat, disarankan supaya melakukan pemangkasan cabang serta ranting. Hal ini akan membuat nutrisi yng diserap akar lebih efektif. Pemangkasan di lakukan sampai-sampai bibit mencapai ketinggian 2 cm ataupun sampai-sampai dirasa butuh di lakukan. Teknik pemangkasan merupakan yang dengannya memotong cabang muda sekitar 2 sampai-sampai 3 cm dan membiarkan cabang yng telah kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus tumbuh.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/11/teknik-budidaya-tanaman-gaharu-agar.html.

Seputar Teknik Budidaya Tanaman Gaharu Agar Memberi Hasil Maksimal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Budidaya Tanaman Gaharu Agar Memberi Hasil Maksimal