5 Lapisan Tanah Dan Simbolnya Pada Lapisan Tanah

- Agustus 26, 2017

5 Lapisan Tanah Dan Simbolnya Pada Lapisan Tanah

 
5 Lapisan Tanah Beserta Simbolnya
Proses pembentukan tanah menghasilkan tanah terdiri dari atas lapisan-lapisan (horizon). Setiap lapisan tanah memiliki kandungan zat-zat tertentu. Secara umum, dalam ilmu tanah (pedalogi), lapisan tanah ditandai oleh simbol huruf.
1. Lapisan O, adalah lapisan paling atas yng didominasi oleh bahan organik. Sebagian besar lapisan O terdiri humus ataupun bahan yng terdekomposisi.
Tebal lapisan ini sekitar 5 cm.
2. Lapisan A (Topsoil) adalah lapisan di bawah lapisan O lapisan ini berwarna lebih gelap daripada lapisan tanah di bawahnya. Lapisan ini terdiri dari campuran bahan organik serta bahan mineral. Selain itu, aktivitas biologi serta hewan ataupun organisme (semisal cacing tanah, nematoda, ataupun jamur) bisa ditemui di lapisan ini.
Tebal lapisan ini sekitar 10 cm.
3. Lapisan B, adalah lapisan tanah di bagian sedang yng gampang tercuci oleh air, lebih-lebih andai tak ada tumbuhan dipermukaannya. Hal ini bisa berlangsung lantaran ketiadaan akar-akar tumbuhan yng bersifat mengikat lapisan tanah A (topsoil). Lapisan B ini miskin materi organik dan berwarna kecoklatan ataupun kemerahan.
Tebal lapisan ini sekitar 30 cm.
4. Lapisan C (Subsoil), adalah lapisan yng memiliki kandungan beberapa batuan yng belum mengalami peroses pelapukan. Selain itu, lapisan ini kaya akan unsur unsur besi, almunium, serta senyawa mineral lain yng terikat oleh tanah liat.
Tebal lapisan ini sekitar 45 cm.
5. Lapisan R (Red Rock), yakni lapisan paling dasar serta adalah lapisan paling dasar serta adalah lapisan batuan induk yng Amat keras, dan susah digali oleh tangan.
Semisal batuan dasar di lapisan R antara lain granit serta basal.
Mudah-mudahan Berguna...

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/03/5-lapisan-tanah-beserta-simbolnya_25.html.

Seputar 5 Lapisan Tanah Dan Simbolnya Pada Lapisan Tanah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Lapisan Tanah Dan Simbolnya Pada Lapisan Tanah