Hama Sundep Dan Beluk Serta Cara Mengatasi Hama Sundep | Obat Hama

- Februari 16, 2018

Hama Sundep Dan Beluk Serta Cara Mengatasi Hama Sundep | Obat Hama

 
HAMA SUNDEP DAN BELUK Oleh Penggerek Batang Padi Putih (Scirpophaga innotata)
Hama endemis ini berkembang dari dari pantai sampai-sampai daerah pedalaman yang dengannya ketinggian 200 meter diatas pemukaan laut yang dengannya curah hujan (tidak lebih dari 200 mm).
Ciri-tanda hama ini dimulai yang dengannya melakukan invasi (terbangnya ribuan kupu-kupu keell berwarna putih pada sore serta malam hari) sesudah 35 hari masa hujan. Kupu-kupu ini melakukan terbang sekitar dua minggu, menuju daerah-daerah persemaian tanamaan padi. Selanjutnya telur-telur (170-240 telur) diletakkan dibawah daun padi yng masih muda serta akan menetes menjadi ulat perusak tanaman padi sesudah seminggu. Ulat S.Innotata selain bisa atau mampu mewujudkan serangan hama sundep, bisa atau mampu juga mewujudkan seranganhama beluk. Penyerangan ini dikenal yang dengannya nama "Hama Sundep" serta "Hama Beluk",
Perbedaan Hama Sundep serta Hama Beluk.
Hama Sundep
Menyerang daun padi muda. menguning serta mati. Meskipun batang padi bagian bawah masih hidup ataupun membentuk anak tanaman baru namun pertumbuhan daun baru tak berlangsung.
Hama Beluk
Menyerang titik tumbuh tanaman padi yng tengah bunting menjadikan buliran padi keluar, berguguran, gabah-gabah kosong serta berwarna keabu-abuan.
Selain itu gejala serangan Sundep berlangsung pada fase vegetatif dimana daun sedang ataupun pucuk tanaman mati lantaran titik tumbuh dimakan. Pucuk yng mati akan berwarna coklat serta gampang dicabut. Gejala serangan Beluk berlangsung pada fase generatif, hal ini mampu dilihat malai akan mati lantaran pangkalnya dikerat oleh larva. Malai yng mati akan tetap tegak berwarna abu-abu putih serta bulirnya hampa. Malai ini gampang dicabut serta pangkalnya terdapat bekas gigitan larva.
Angin membantu penyebaran ngengat serta larva. Larva yng baru keluar dari telur menggantungkan diri yang dengannya benang sutera halus pada daun padi menjadi alat pindah ke pertanaman lain-lainnya. Pada daerah dimana terdapat pola pertanaman padi lebih dari satu kali setahun, hama ini menjadi penting pengertiannya lantaran periode tersedianya makanan yng cukup panjang.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasmi hama-hama ini di tempuh cara-cara menjadi berikut:
1. Petani menyebarkan bibit-bibit tanaman padi di persemaian sesudah tahu jadwal invasi serangan ulat-ulat ini diperkirakan sudah selesai.
2. Penanaman padi yng mempunyai daya regenerasi yng tinggi.
3. Menghancurkan telur-telur S. innotata yng terdapat dilingkungan persemaian serta membunuh larva-larva yng baru menetas.
4. Melakukan tindakan preventif yang dengannya penyemprotan persemaian mempergunakan insektisida yng resistensi.
5. Bibit-bibit tanaman padi yng akan disemai dicelupkan dalam herbisida.
6. Sesudah invasi S. innotata di lakukan penyemprotan insektisida yng mematikan telur serta larva.
7. Crop rotation (pergiliran tanaman), sesudah penanaman padi batang ataupun jeraminya Perlu dibenamkan kedalam tanah/lumpur.
8. Menarik perhatian S. innotata mempergunakan perangkap jebak berwarna ataupun lampu petromaks.
Adapun langkah-langkahnya menjadi berikut:
· Disaat terlihat tidak sedikit kupu-kupu yng bertebaran disawah, siapkan petromaks.
· Siapkan juga nampan seng menjadi tempat petromaks.
· Cari oli bekas, yng baru beli pula boleh. Nggak bergantung merk.
· Nyalakan lampu petromax. Perlu malam hari. Tak mampu siang hari.
· Letakkan lampu diatas nampan yng sudah diberi oli bekas.
· Kupu-kupu sundep yng cuma muncul dimalam hari akan tertarik pada cahaya lampu, serta akan menempel pada lapisan oli di nampan seng.
Mudah-mudahan memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/03/hama-sundep-dan-beluk.html.

Seputar Hama Sundep Dan Beluk Serta Cara Mengatasi Hama Sundep | Obat Hama

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hama Sundep Dan Beluk Serta Cara Mengatasi Hama Sundep | Obat Hama