Budidaya Tanaman Mangga Yang Menguntungkan

- Agustus 08, 2017

Budidaya Tanaman Mangga Yang Menguntungkan

 
Budidaya Tanaman Buah Mangga
Buah mangga telah menjadi buah yng tidak sedikit dibutuhkan dalam ke hidup-an sehari-hari, lebih-lebih di kota-kota besar di Indonesia.
budidaya tanaman mangga, khasiat buah mangga, klasifikasi buah mangga, macam macam buah mangga, varietas buah mangga, mangga manis, budidaya buah mangga, penyakit tanaman mangga
Hal ini mampu kita buktikan yang dengannya kehadiran buah mangga hampir setiap tempat makan selalu menjadi buah yng terdaftar dalam menu minuman segar.
Yang dengannya meningkatnya permintaan pasar semisal itu otomatis pertanian buah mangga menjadi usaha yng mempunyai kesempatan besar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu tak ada salahnya andaikan sebelum mengawali menekuni budidaya tanaman buah mangga ini, alngkah baiknya mengetahui bagaimana tahapan awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan ataupun memperbanyak tanaman buah mangga ini.
Dibawah ini ada tahapan budidaya tanaman buah mangga yng diawalai yang dengannya memperbanyak bibit.
Tanaman mangga bisa dijadikan tanaman perkebunan, tips memperbanyaknya bisa di lakukan yang dengannya 3 tips yakni:
Pembibitan secara Generatif
Pembibitan mangga secara vegetative
Pembibitan mangga secara kombinasi
Pembibitan Tanaman Mangga Secara Generatif
Perbanyakan tanaman mangga secara generative adalah tips yng paling gampang serta murah.
Keuntungan tips ini antara lain bisa mendapatkan varietas baru yng baik, pertumbuhan tanaman kuat serta lebih panjang umurnya.
Kalau biji bersifat monoembrional, kebanykan bahkan merugikan. Kerugiannya, tanaman baru yng berasal dari biji belum tentu bersifat lebih tidak jelek alias bagus dibandingkan pohon induknya.
Varietas baru yng timbul belum tentu baik. Tanaman lambat berbuah menjadikan kualitas buahnya baru mampu diketahui dalam jangka waktu lama.
Pembibitan Tanaman Mangga Secara Vegetatif
Perbanyak mangga secara vegetative bisa mempergunakan bibit stek ataupun cangkok, kedua tips yang telah di sebutkan memili kekurangan serta kelebihan masing-masing.
1. Bibit stek
Stek merupakan suatu tips pengebangbiakan secara vegetative yang dengannya memotong cabang, ranting, ataupun bagian batang lain yang dengannya batang tertentu.
Potongan itu ditanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan tanaman baru. Pembibitan mangga yang dengannya stek bisa di lakukan yang dengannya tips dikerat, dipotong, serta diberi hormon.
2. Bibit cangkok
Bibit cangkok disebut gootee (bahasa India), air layerage ataupun aerial layering (bahasa Inggris), serta marcottage (bahasa Prancis).
Dibawah ini tidak banyak penjelasan pembibitan tanaman mangga yang dengannya stek melalui tips pemberian hormone.
Tanaman mangga yng distek kadang-kadang sukar menghasilkan akar baru. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya bisa diberi hormon akar, perlakuannya bisa di lakukan yang dengannya celup ataupun talek.
Pemberian hormon yang dengannya tips celup akar langkahnya menjadi berikut:
Kristal hormon dilarutkan dalam alcohol 95%. Lantas diencerkan yang dengannya air bersih hingga kardar tertentu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk AIA dibuat 500 serta 1.000 ppm, AIB 5.000 serta 10.000 ppm. Sebutan ppm merupakan singkatan dari parts per million (bagian per juta), bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyatakan kadar larutan. Kalau kadar larutan AIA 500 ppm, pengertiannya 500 bagian AIA dilarutkan di dalam satu juta bagian air. Misalnya 5 gram AIA dilarutkan dalam 10 liter air.
Larutan hormon diukur dalam bejana gelas, tinggi larutan sekitar 2 cm. potongan stek mangga diikat menjadi satu, lantas dimasukan ke dalam bejana gelas dalam kedudukan tegak lurus, serta dibiarkan terendam dalam larutan hormon selama 24 jam.
Disaat memasukan stek dalam bejana jangan hingga terbalik. Pangkal stek yng dicelup dalam larutan hormon. Begitu juga disaat bibit stek ditanam, cuci bersih lebih dahulu bagian pangkal bibit yng dicelup dalam larutan hormone yang dengannya air kran.
Pembibitan Tanaman Mangga Secara Kombinasi
Perbanyakan mangga secara kombinasi memerlukan dua jenis bibit yng tidak jelek alias bagus kualitasnya, baik yng generative ataupun yng vegetatif.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk generative yng dipentngkan bagian perakaran . tanaman Perlu kuat terhadap gangguan hama serta penyakit, perkembangan akar baik, tahan kekeringan ataupun terlalu tidak sedikit air, bisa ditempel ataupun disambung yang dengannya baik, bersifat semisal pohon induknya. Bahan bibit berasal dari tanaman yng menghasilkan biji embrio.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk vegetatf, bahan bibit bisa diambil dari pohon induk yng disukai. Misalnya dari tanaman yng cepat berbuah, rasanya enak, ukuran buah besar, serta sifat tanaman tahan terhadap gangguan ham serta penyakit.
Yang dengannya tips kombinasi ini, bisa diperoleh pohon mangga yang dengannya batang bawah berakar kuat, tahan hama serta penyakit.
Sedangkan bagian batang atas menghasilkan buah semisal yng diharapkan, yakni enak, manis, besar, serta berbuah lebat.
Sumber: Bertanam Mangga, Penerbit: Penebar Swadaya
Daftar Postingan
Budidaya Jagung serta Tatacara Lengkap Tips Menanam
Budidaya Jamur Kayu: Media Tanam
Budidaya Kacang Panjang serta Tips Menanam
Budidaya Kentang budidaya tanaman Kentang serta Tips Menanam Kentang
Budidaya Kentang Pemberantasan Hama Kentang serta Jenis-jenis Kentang
Budidaya Sawi Putih serta Tips Menanam Sawi
Budidaya jamur Budidaya jamur tiram Tips budidaya jamur Budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya ajmur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur hama tanaman mangga penyakit tanaman mangga hama mangga penyakit mangga budidaya tanaman mangga penyakit pohon mangga
Budidaya Alpukat Tips Menanam Alpukat Budidaya Anggur Tips Menanam Anggur Budidaya Apel Budidaya Belimbing Manis Tips Menanam Belimbing Budidaya Buah Manggis Tips Menanam Tanaman Manggis Budidaya Duku Tips Menanam Duku Budidaya Durian Tips Menanam Durian Budidaya Jambu Biji
Tips Menanam Jambu Biji Budidaya Jambu Mete Jambu Monyet Budidaya Jeruk Tips Menanam Jeruk Budidaya Kacang Hijau Tips Menanam Kacang Hijau Budidaya Kakao budidaya tanaman Kakao Budidaya Coklat Budidaya Kakao Coklat Yang dengannya Budidaya Kedelai Tips Menanam Kedelai


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/budidaya-tanaman-mangga.html.

Seputar Budidaya Tanaman Mangga Yang Menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Tanaman Mangga Yang Menguntungkan