Budidaya Salak Pondoh Dan Cara Menanamnya Yang Baik

- Desember 05, 2017

Budidaya Salak Pondoh Dan Cara Menanamnya Yang Baik

 
Pemilihan BibitPemilihan bibit merupakan bisnis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit yang unggul dalam budidaya salak pondoh supaya diperoleh hasil yang maksimal. Mengenai pemilihan bibit ini ada beberapa hal yang butuh kita ketahui. Cara mendapatkan bibit tanaman buah-buahan pada biasanya bisa diperoleh yang dengannya 2 tatacara, yakni:
Budidaya, salak, pondoh, cara menanam, tanaman
1. Generatif
Bibit tanaman yang diperoleh yang dengannya tatacara generative berasal dari biji yang dibenihkan. Cara generative ini telah jarang dilaksanakan lantaran mempunyai beberapa kelemahan, yakni:
a. Buah yang diperoleh dalam waktu yang lama.
b. Sifat buah yang diperoleh akan berbeda yang dengannya sifat induk.
c. Cuma di lakukan andai tak bisa di lakukan yang dengannya tatacara vegetative, ataupun cuma bisa dikembangbiakkan yang dengannya biji saja.
2. Vegetatif
Bibit tanaman yang diperoleh yang dengannya tatacara vegetative, tak berasal dari biji, akan tetapi dari bagian lain dari tumbuhan. Misalnya, akar, batang, dan daun.
Keuntungan perkembang biakkan vegetative merupakan:
a. Tumbuhan hasil perkembangbiakkan cepat menghasilkan buah.
b. Hasil buah akan percis yang dengannya sifat induknya
c. Sifat induk bisa dipertahankan hingga keturunan selanjutnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk salak pondoh, tatacara mendapatkan yang biasa dipakai merupakan yang dengannya tatacara pembenihan dari biji, tunas anakan, dan cangkok.
Penggunaan jenis bibit Amat berpengaruh pada kecepatan berbuah suatu tanaman. Andai bibit yang diperoleh yang dengannya tatacara generative maka akan memerlukan waktu yang lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berbuah, yakni sekitar 8-10 tahun. Hal itu lantaran tumbuhan Perlu mengawali fase vegetative yang dengannya menyediakan akar, batang dan daun berlebi dahulu hingga besar, baru fase generative bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga dan berbuah. Misalnya, mangga yang ditanam dari biji akan berbuah dalam umur 6 tahun, akan tetapi yang dengannya cangkokan cuma dalam umur 3 tahun telah bisa berbuah.
Sebaliknya, andai bibit tanaman yang kita pilih berasal dari bibit vegetative, maka tanaman akan cepat berbuah, lantaran tumbuhan telah mempunyai organ tubuh yang lengkap yakni akar, batang, dan daun. Menjadikan tumbuhan tinggal melaksanakan fase generative yakni berbunga dan berbuah.
3. Pemilihan bibit
Bila kita mendapatkan bibit tanaman yang dengannya tatacara membeli, kita akan terasa kecewa karena tak semisal apa yang kita harapkan. Hal ini berlangsung lantaran bibit berasal dari tatacara generative, jadi bisa mengalami perubahan sifat. Menjadikan, andai kita ingin mempertahankan sifat unggul Perlu didapat dari tatacara vegetative.
Kita tak mampu mengetahui bagaimana tatacara pedagang mendapatkan bibit, maka sebaiknya kita membeli pada pedagang yang bisa dipercaya, dan yang telah kita kenal yang dengannya baik.
Selain itu, ada tatacara yang lain yakni yang dengannya membeli bibit pada pedagang yang telah bersertifikat menjadikan ada jaminan mutunya. Tujuan sertifikasi ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga konsumen dari kerugian yang barangkali bisa dialaminya. Karena bila kita salah dalam pemilihan bibit ini, kita akan mengalami kerugian waktu, tenaga , dan biaya.
B. Pengolahan Tanah
Proses pengolahan tanah Perlu direncanakan yang dengannya baik, yakni meliputi:
1. Pembuatan saluran
Saluran di sekeliling kebun dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk saluran air di musim hujan, dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengairi kebun di musim kemarau.
2. Pengaturan jarak tanam
Pengaturan jarak tanam antara system penanaman monokultur berbeda yang dengannya polikultur. System monokultur merupakan system penanaman yang cuma menanam satu jenis tanaman dalam satu areal. Jarak yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam salak pondoh merupakan 2 x 2 meter, yang dengannya jumlah tanaman 1.800 rumpun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap hektarenya.
Sedangkan system polikultur merupakan menanam areal kebun yang dengannya beberapa jenis tanaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk system ini, jarak tanam antara tanaman yang satu yang dengannya yang lain merupakan 1,5 x 1,5 meter. Selain itu, ada tambahan bahwasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yang subur, jarak tanam antara tumbuhan satu yang dengannya yang lain lebih luas dibandingkan tanah yang kritis.
3. Pembuatan lubang tanam
Seusai kita tentukan jarak tanam antara tumbuhan salak yang satu yang dengannya yang lain, maka kita saat ini mulai membuat lubang tanam. Ukuran lubang tanam merupakan 50 x 50 x 50 cm ataupun 75 x 75 x 75 cm. Pada tatkala membuat lubang tanam, sebaiknya dijauhkan antara tanah yang di bagian atas dan tanah bagian bawah.
Seusai pembuatan lubang selesai, lubang dibiarkan dahulu selama 3 minggu supaya di kenai sinar matahari. Selain itu, kedalaman lubang ditambahkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos kira-kira 15 kg. Masukkan kembali tanah yang sudah berisi pupuk, tunggu selama 1 minggu baru bisa ditanami yang dengannya tanaman salak pondoh
C. PenanamanLangkah selanjutnya sesudah pengolahan tanah merupakan penanaman bibit salak pondoh, yang dilakasanakan pada awal musim hujan yakni sekitar bulan Nopember. Karena selain udara yang sejuk, pula tersedianya air yang cukup pada musim hujan, menjadikan tumbuhan salak pondoh cepat tumbuh yang dengannya baik.
Hal-hal yang butuh diperhatikan pada penanaman bibit salak pondoh merupakan:
1. Waktu tanam
Semisal sudah dijelaskan di depan, bahwasanya waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman bibit salak pondoh yang baik merupakan pada awal musim penghujan, yakni sekitar bulan November. Pada tatkala itu masih tersedia cukup air yang dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan dan perkembang biakkan salak pondoh.
Selain itu, pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat tenaga penyiraman, lantaran lingkungan tempat hidup tanaman salak pondoh telah basah oleh air hujan.
2. Jumlah bibit
Andai bibit salak pondoh yang adalah hasil perbanyakan dari biji,, di tiap lubang tanam diberi 2 rumpun, karena kita tak tahu jenis kalamin dari tiap rumpun tanaman salak pondoh yang telah di sebutkan. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk persiapan supaya tanaman salak pondoh bisa berbuah.
Akan tetapi, andai bibit tanaman salak pondoh berasal dari bi it cangkokan, maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap lubang tanam cuma diberi satu rumpun bibit tanaman salak pondoh, lantaran jenis kelamin induknya telah diketahui sebelumnya.
Cara penanaman bibit salak pondoh:
a. Keluarka bibit dari kantong plastic/polybag.
b. Masukkan dalam lubang tanam yang sudah tersedia.
c. Timbun yang dengannya tanah yang telah bercaampur yang dengannya pupuk.
d. Tambahkan ajir di sekitar tanaman salak pondoh supaya tak roboh oleh angin.
e. Pangkaslah sebagian daunnya tidak lebih lebih sebanyk 75%, yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan.
f. Hati-hati dalam menanam bibit salak pondoh, jangan hingga akarnya rusak karena tumbuhan yang telah di sebutkan akan mati.
g. Jangan mencampur jenis bibit salak pondoh yang satu yang dengannya yang lain. Andai dicampur akan memicu terjadinya perkawinan silang, menjadikan yang didapat merupakan buah salak yang berbeda dari tanaman induknya ataupun tak semisal yang kita harapkan.
Pemeliharaan tanaman salak pondoh terdiri dari kegiatan-kegiatan menjadi berikut:
1. Penyulaman
Penyulaman merupakan kegiatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganti bibit tanaman salak yang telah ditanam, umumnya berlangsung lantaran beberapa alas an, yakni:
a. Bibit tanaman salak pondoh yang telah ditanam mati.
b. Bibit tanaman salak pondoh terhambat ataupun lambat pertumbuhannya/tak percis semisal yang lain.
c. Bibit tanaman salak tak sesuai yang diingiinkan, misalnya perbandingan antara salak pondoh yang jantan dan yang betina tak seimbang.
d. Tanaman bisa diketahui jenis kelaminnya sesudah salak pondoh yang telah di sebutkan berbunga.
Penggantian bibit ataupun penyulaman ini, sebaiknya yang dengannya mempergunakan bibit yang sehat, umurnya percis, dan berbuah tidak sedikit. Waktu penyulaman pada awal musim hujan supaya kita tak repot menyiraminya dan cepat tumbuh pohon salak pondohnya.
Cara pengambilan bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyulaman di lakukan yang dengannya tatacara putar, yakni yang dengannya membongkar bibit bersama tanahnya, lantas dibersihkan supaya akar bisa tumbuh baik dan bebas dari rayap.
Tahap-tahap pembongkaran tanaman salak pondoh yang telah dewasa, yakni:
a. Ikat pelepah tanaman salak pondoh yang dengannya tali yang kuat.
b. Tanaman salak pondoh ditopang yang dengannya bamboo supaya tak roboh.
c. Pembomgkaran tanaman di lakukan yang dengannya jarak dari pangkal pohon sejauh 20 cm
d. Potong akar sebanyk 75%, dan sisakan sebanyk 25% supaya tanaman tak mati.
e. Isilah lubang galian yang dengannya pupuk sangkar ataupun pupuk kompos, yang dengannya perbandingan 1:1.
f. Bongkar dan pindahkan tanaman yang dengannya hati-hati supaya tanaman salak pondoh tak rusak.
g. Angkut dan masukkan pada tempat penanaman, jangan tidak ingat kasih ajir ataupun penyangga supaya tak roboh.
2. Pemupukan
Semisal mahluk hidup yang lain, salak pondoh pula memerlukan makanan yang bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan hingga menghasilkan buah. Zat makanan tumbuhan berasal dari dalam tanah, yang diambil oleh akar lewat pembuluh kayu di bawa ke daun bagi atau bisa juga dikatakan untuk fotosintesis, dan hasil nya lantas diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan oleh pembuluh tapis.
Tujuan pemberian pupuk merupakan supaya tumbuhan menjadi:
a. Tumbuh yang dengannya baik dan subur, lantaran tersedianya unsure hara di dalam tanah secara lengkap.
b. Sehat, tak mengalami gangguan, baik hama maupun penyakit lantaran kekurangan satu dari sekian banyaknya unsure.
c. Berproduksi yang dengannya tidak sedikit. Produksi yang tidak sedikit bisa terwujud andai tanaman salak pondoh dalam keadaan subur dan sehat.
Jenis-macam pupuk yang bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman, yakni:
a. Pupuk alamiah: pupuk sangkar dan pupuk kompos.
b. Pupuk buatan:Urea, NPK, TSP, KCL, ZA.
Sedangkan pupuk yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman salak pondoh merupakan pupuk sangkar ataupun kompos dan NPK (pupuk buatan yang terdiri dari unsure natrium, kalium dan fospat)
Tujuan pemberian pupuk sangkar supaya kesuburan tanah dan struktur tanah tetap terjaga yang dengannya ukuran 15 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap rumpun tanaman salak pondoh selama setahun sekali. Sedangkan pemakaian pupuk buatan ataupun organic yang berupa NPK (Natrium kalium Fospat), dan campurkan antara urea, TSP dan KCL, yang dengannya perbandingan 1 : 1 : 1.
3. Penggemburan tanah
Penggemburan tanah merupakan bisnis bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya tanah tetap gembur. Tanah yang gembur mempermudah akar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bernapas dan bisa bergerak yang dengannya leluasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari sumber air ataupun sumber makanan, menjadikan tumbuhan salk pondoh bisa tumbuh yang dengannya subur. Selain itu, bisa merangsang tumbuhnya tunas baru yang bisa menjadi tunas anakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit tanaman salak pondoh yang baru. Penggemburan di lakukan pada waktu pemberian pupuk. Penggemburan di lakukan yang dengannya hati-hati supaya tak merusak akar tanaman salak pondoh induk ataupun tunas anakan yang telah mulai tumbuh.
Hasil penggemburan bisa diletakkan disekitar tanaman salak pondoh, menjadikan tanamannya menjadi lebih kokoh dan merangsang tumbuhnya tunas baru. Jangan menimbun tanah terlalu tinggi dan tanahnya jangan dipadatkan, karena akar akan kesulitan dalam mengambil makanan yang lebih luas dan mengalami kesulitan dalam bernapas. Hal ini akan memicu beberapa masalah pada tumbuhan salak pondoh, antara lain:
a. Pertumbuhan yang berlangsung sacara tak sempurna.
b. Waktu berproduksi yang lebih lambat dibandingkan yang dengannya yang lain.
c. Bila berproduksi, didapatkan hasil yang tidak banyak dan mutu tak semisal yang diharapkan.
4. Penyiangan
Penyiangan merupakan kegiatan pembuangan rumput liar di sekeliling tanaman salak pondoh. Kegiatan ini di lakukan supaya pertumbuhan salak pondoh merupakan tatkala pemberian pupuk yang pertama, yakni di lakukan sekitar 6 bulan pertama umur tanaman.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk seterusnya, kegiatyan penyiangan di lakukan secara rutin tiap 4 bulan sekali. Tujuan penyiangan bagi tanaman salak pondoh merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk:
a. Melindungi kestabilan tanah
b. Melindungi kesuburan tanah
c. Menambah kesuburan tanaman
d. Melindungi pertumbuhan salak pondoh supaya sempurna
e. Memperoleh hasil produksi berupa buah yang bermutu dan berjumlah tidak sedikit.
5. Pengairan
Pengairan merupakan kegiatan pembarian dan penyediaan air bagi tanaman. Kebutuhan akan air yang terpenuhi akan membuat tanaman menjadi tumbuh dan berproduksi yang dengannya baik. Tanaman salak pondoh memerlukan air yang cukup tidak sedikit, lebih-lebih dimusim kemarau. Pengaturan pemberian air pada tanaman salak pondoh dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain:
a. Jenis tanah
Jik tanah tempat tumbuh salak pondoh berpasir, maka kebutuhan akan air lebih tidak sedikit dibandingkan tanah liat, lantaran tanah berpasir cepat basah dan cepat menguap/kering.
b. Iklim
Pada musim hujan kebutuhan akan air telah tercukupi, menjadikan tak butuh penyiraman. Lainhalnya pada musim kemarau, tanaman butuh air yang tidak sedikit.
c. Kesuburan tanah
Tanah yang subur merupakan tanah yang tidak sedikit memiliki kandungan zat organic, salah satunya air, menjadikan kebutuhan air bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yang subur lebih tidak banyak dibandingkan tanah yang tandus ataupun gersang.
d. Pancaran sinar matahari
Daerah yang pancaran sinar matahari diterima langsung dan penuh, misalnya daerah dataran rendah, butuh air yang lebih tidak sedikit . Sedangkan daerah dataran tinggi/pegunungan butuh air yang lebih tidak banyak lantaran pancaran sinar mataharinya agak berkurang jumlahnya.
e. Luas lahan dan tingkat pertumbuhan
Lahan yang luas butuh air yang lebih tidak sedikit dibandingkan lahan yang sempit. Selain itu, tingkat pertumbuhan salak pondoh pula memberi pengaruh kebutuhan air, misalnya tanaman yang kecil tentunya mempunyai kebutuhan air lebih tidak banyak dibandingkan tanaman salak pondoh yang telah besar.
6. Pemangkasan
Kegiatan pemangkasan pada tanaman salak pondoh bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk:
a. Mengatur banyaknya pelepah daun.
b. Mengatur banyaknya tunas
c. Supaya lingkungan tak terlalu lembap.
Pemangkasan ditujukan pada pelepah yang telah tua dan tunas anakan yang terlalu tidak sedikit. Waktu pemangkasan yakni pada tatkala tanaman salak pondoh telah mulai berbunga dan mulai berbuah, supaya konsentrasi ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pembuahan. Pelaksanaan pemangkasan secara rutin setiap 2 bulan sekali ataupun sesudah panen, salah satunya pemangkasan tandan buah yang telah kering.
7. Penyerbukan
Penyerbukan merupakan fenomena jatuhnya serbuk sari di kepala putik ataupun fenomena perkawinan. Perkawinan ini akan diikuti yang dengannya pembuahan. Tanaman salak merupakan tumbuhan yang bisa melakukan penyerbukan sendiri, tanpa campur tangan kita-kita. Akan tetapi, kadang-kadang bisa dibantu oleh angin dan serangga, salah satunya kita-kita ikut membantu penyerbukan tanaman salak pondoh lantaran ingin memperoleh hasil yang baik.
Tanaman salak pondoh mulai berbunga pada umur 2 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit dari tunas anakan dan 3 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit dari biji. Tanaman salak pondoh berbunga pada umur 3 tahun.
Ciri-tanda tanaman salak pondoh siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyerbukan merupakan:
a. Pecahnya seludang bunga betina,
b. Berbau wangi, dan
c. Berwarna merah.
Cara penyerbukan bunga tanaman salak pondoh merupakan menjadi berikut:
a. Oleskan bunga jantan pada bunga betina.
b. Usahakan benang sari bunga jantan menempel pada bagian putik bunga betina.
8. Pengendalian Hama Penyakit
Meskipun tanaman salak pondoh salah satunya tanaman yang tahan terhadap hama penyakit, akan tetapi tetap saja ada beberapa tanaman yang di kenai serangan hama dan penyakit. Andai kita ingin bercocok tanam salak pondoh yang dengannya baik dan tak terserang hama penyakit, kita butuh melakukan beberapa pencegahan, antara lain:
a. Melindungi kebersihan kebun, baim dari sampah ataupun dari gulma/tanaman pengganggu.
b. Memberikan pupuk yang sesuai, baik jenis ataupun dosisnya supaya tumbuh yang dengannya sehat.
c. Melindungi kelembapan tempat bertanam salak pondoh, lakukan pemangkasan bila butuh.
d. Lakukan penyemprotan bila terdapat hama ataupun penyakit.
e. Melindungi kesuburan dan kegemburan tanah menjadikan pertukaran udara berlangsung yang dengannya baik.
Kita butuh mengenal beberapa jenis hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman salak pondoh. Jenis hama dan penyakit yang Suka merusak tanaman salak pondoh, yakni:
a. Hama perusak akar tanaman salak pondoh
Hama ini berupa cacing tanah, yang menghasilkan tanaman menjadi pendek/kerdil, daun menguning, dan akhirnya mati. Pengobatannya yang dengannya memberikan Furadan 3 G, Curater 3 G, dan Khriphos 25 EC.
b. Hama perusak batang tanaman salak pondoh. Hama ini berupa kumbang yang meyerang tanaman muda. Mula-mula bagian daun, lantas masuk melalui pelepah ke dalam batang. Akibat yang dialami tanaman salak pondoh merupakan daunnya menguning, kerdil, dan akhirnya mati. Penanggulangannya yang dengannya membasmi kumbang mempergunakan insektisida Thiodan, Decis, dan Superdice. Cara pemberantasan di lakukan yang dengannya penyemprotan pada bagian yang di kenai serangan.
c. Binatang perusak buah salak pondoh
Binatang yang Suka merusak buah salak pondoh merupakan tupai dan tikus. Gejalanya berupa bekas gigitan pada buah ataupun pangkal buah. Pemberantasan di lakukan yang dengannya racun pospit, dan klerat ataupun yang dengannya tatacara memburu tikus dan tupai yang telah di sebutkan.
d. Penyakit jamur pada salak pondoh
Cendawan atay jamur merupakan penyakit yang menyerang bagian pangkal batang dan bagian buah. Penyakit ini muncul pada musim hujan yang terus-menerus dan kebun tanaman salak pondoh yang lembap. Pemberantasannya yang dengannya menyemprotkan fungisida Dithane, Antracol, dan Velimex.
Selain salak podoh kamu mampu lihat pula bagai mana tatacara budidaya ataupun tatacara menanam buah - buahan yang lain-lainnya semisal budidaya semangka, budidaya jeruk, budidaya rambutan, Budidaya kedondong dll. ataupun klik saja disini Daftar Isi Blog
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/01/Budidaya-Salak-Pondoh-dan-Cara-Menanamnya-yang-Baik.html.

Seputar Budidaya Salak Pondoh Dan Cara Menanamnya Yang Baik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Salak Pondoh Dan Cara Menanamnya Yang Baik