Cara Bisnis Budidaya Anggrek Ala Taiwan

- Oktober 31, 2017

Cara Bisnis Budidaya Anggrek Ala Taiwan

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/cara-bisnis-budidaya-anggrek-ala-taiwan.html
Taiwan adalah negara produsen anggrek terkemuka serta satu dari sekian banyaknya negara eksportir anggrek terbesar di dunia. Iklim subtropis Taiwan ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan anggrek yang dengannya temperatur yng Anget, cahaya matahari yng cukup berlimpah, kelembaban yng tinggi serta frekuensi hujan yng cukup. Hampir sepanjang tahun greenhouse di Taiwan tak memerlukan system pengontrolan temperatur serta kelembaban yng memerlukan sumber energi, menjadikan bisa mengurangi biaya produksi anggrek. Petani anggrek di Taiwan bisa mengontrol periode pembungaan serta menyediakan tidak sedikit varietas bunga anggrek yng beragam bentuk serta kombinasi warna-nya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi keinginan konsumen.http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/cara-bisnis-budidaya-anggrek-ala-taiwan.html
Pengembangan Varietas Anggrek
Pada awal mulanya budidaya anggrek cuma adalah sebuah hobi di Taiwan, akan tetapi melihat prospeknya yng menjanjikan, beberapa orang mulai merintisnya menjadi sebuah usaha yng menguntungkan. Agroindustri anggrek ini didukung penuh oleh pemerintah Taiwan, baik dari sisi penelitian serta pengembangan anggrek, pembibitan hingga ke pemasaran.
Anggrek adalah tanaman hias yng paling tidak sedikit jenisnya di dunia, yakni lebih dari 25.000 spesies. Taiwan kaya akan jenis anggrek alam serta satu dari sekian banyaknya negara termaju dalam teknik pemuliaan anggrek bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi varietas baru yng lebih indah. Guna pengawetan plasma nutfah anggrek, Badan Litbang Taiwan (Taiwan Agricultural Research Institute/TARI) sudah mengembangkan teknologi penyimpanan benih anggrek yakni yang dengannya dibekukan di dalam nitrogen cair pada suhu -197o C menjadikan bisa disimpan dalam jangka waktu 20 tahun yang dengannya daya kecambah masih mampu mencapai >75%.
Tidak sedikit varietas anggrek yng dikembangkan di Taiwan, akan tetapi sebagian besar merupakan spesies anggrek bulan (Phalaenopsis spp) menjadi bunga pot, faktanya lebih dari 80% anggrek bulan yng diimpor oleh Amerika Serikat berasal dari Taiwan, selain itu pula orang-orang tidak sedikit mengembangkan bunga potong Oncidium spp yng di Indonesia terkenal yang dengannya sebutan anggrek Golden Shower. Petani anggrek di Taiwan sudah berhasil mengembangkan tidak sedikit variasi anggrek bulan, selain varietas warna merah serta putih saat ini ada anggrek bulan berwarna kuning serta multiwarna.
Taiwan menjaga hak cipta varietas baru yng disilangkan pemulia tanaman, salah satunya tanaman anggrek. Orang yng menciptakan varietas tanaman yng baru Perlu mendaftarkannya ke pemerintah yang dengannya mengisi form App serta menulis deskripsi tanamannya dan dokumen pendukung lain-lainnya. Varietas tanaman yng didaftarkan Perlu benar-benar baru, terperinci berbeda dari varietas lain yng telah ada, seragam serta mempunyai kestabilan dalam karakteristiknya. Pemegang hak cipta varietas tanaman mempunyai hak langsung bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi serta memperbanyak tanaman dan menunjukkan serta menjualnya, hak cipta ini berlaku selama 25 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis tanaman pohon serta 20 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman jenis lain-lainnya. Telah 15 spesies anggrek yng didaftarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hak cipta, sebagian besar (91%) merupakan jenis anggrek bulan, sisanya (9%) spesies anggrek yng lain. Dari tahun 2002 hingga tahun 2014 telah 355 hak cipta diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis anggrek Phalaenopsis spp (Doritaenopsis spp).
Usaha Anggrek di Taiwan
http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/cara-bisnis-budidaya-anggrek-ala-taiwan.html
Satu dari sekian banyaknya tonggak utama perubahan dalam usaha anggrek Taiwan dari hobi menjadi industri merupakan masuknya perusahaan negara Taiwan yakni Taiwan Sugar Corp (TSC) pada tahun 1987 bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali kegiatan usaha pada bagian florikultura serta menjadi perusahaan pertama di Taiwan yng menjadikan tanaman anggrek menjadi sebuah industri. Melimpahnya lahan, SDM dan ketersediaan modal memungkinkan perusahaan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan usaha anggrek bulan dalam skala industri. Perusahaan ini membangun tidak sedikit greenhouse bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman anggrek serta merangkul kelompok produsen kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergabung dalam rantai produksinya. Model greenhouse yng dikembangkan dikontrol yang dengannya komputer serta mempergunakan dua lapisan jaring bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga bunga anggrek dari sinar matahari. Biaya produksi yng rendah memungkinkan bunga anggrek yng tadinya adalah tanaman langsung menjadi tanaman yng produksinya bersifat massal serta harganya menjadi lebih murah.
Pemerintah Taiwan membangun taman bioteknologi anggrek yakni Taiwan Orchid Plantation (TOP) yng mengkombinasikan industri anggrek berbasis ilmu biologi serta teknologi. TOP mengorganisasikan produksi serta pemuliaan anggrek, perdagangan, pameran, penelitian serta pengembangan dan promosi mengenai multi fungsi dari TOP kepada pihak-pihak terkait. TOP merencanakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengintegrasikan area produksi yang dengannya area wisata di sekitarnya. Diselenggarakan juga setiap 12 bulan pameran anggrek internasional (Taiwan International Orchid Show) sejak tahun 2004 yng mempergunakan anggrek menjadi tema utama dalam desain, display serta kerajinan tangan. Bersamaan yang dengannya pameran, di lakukan juga kompetisi bunga anggrek, simposium anggrek internasional, temu usaha, tur ke perusahaan anggrek serta lain-lain. Pameran ini dikunjungi oleh sekitar 300.000 orang per tahun salah satunya 3.000 orang profesional pada bagian tanaman anggrek.
Para petani di Taiwan umumnya fokus pada satu tahap rantai produksi anggrek, misalnya beberapa orang fokus pada varietas baru, menyemai biji anggrek sampai-sampai menjadi benih anggrek dalam botol. Petani lain menanamnya pada media tanam moss dalam pot plastik. Benih anggrek pada biasanya melalui 3 (tiga) tahap pertumbuhan yng masing-masing memakan waktu sekitar 4-6 bulan, umumnya setiap tahap tanaman dirawat oleh petani yng berbeda serta setiap tahap anggrek dipindahtanamkan ke pot yng lebih besar serta lantas dikirimkan ke luar negeri. Pada greenhouse di Amerika Serikat, sentakan suhu dingin menimbulkan tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga menjadikan mampu segera dipasarkan kepada konsumen akhir. Taiwan tatkala ini sudah menjadi negara pengirim anggrek terbanyak ke Amerika Serikat.
Ketua panitia konferensi anggrek pada tahun 2004, Chen Shih-shun menyatakan bahwasanya suksesnya usaha anggrek Taiwan adalah hasil dari kombinasi kecocokan geografis bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya anggrek, kerja keras para petani serta kemampuan pemerintah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali potensi industri ini menjadikan pemerintah Taiwan membantu dalam hal pengembangan infrastruktur serta investasi. Tatkala ini Taiwan sudah mengekspor anggrek ke Amerika Serikat, China, negara-negara Eropa serta Jepang.
Keberhasilan usaha anggrek Taiwan menunjukan bahwasanya kesuksesan dalam usaha suatu komoditas pertanian memerlukan kerja keras serta kesungguhan dari para petani serta pengusaha usaha pertanian dan dukungan pemerintah lebih-lebih dalam hal infrastruktur serta menciptakan iklim berusaha yng kondusif.reff:http://www.bbpp-lembang.info/Ir. Elvina Herdiani, MP


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/cara-bisnis-budidaya-anggrek-ala-taiwan.html.

Seputar Cara Bisnis Budidaya Anggrek Ala Taiwan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Bisnis Budidaya Anggrek Ala Taiwan