Panduan Budidaya Tanaman Buah Manggis

- Oktober 31, 2017

Panduan Budidaya Tanaman Buah Manggis

 
http://tipspetani.blogspot.com/
Buah manggis telah tak asing lagi bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat kita, yng adalah buah asli nusantara serta Amat diminati buahnya lantaran rasanya manis serta segar. Ramai sekali petani manggis yng membudidayakannya, bisa kita jumpai di aneka macam daerah di Indonesia. Lantaran hasil penelitian yng para ahli lakukan, kandungan manggis mempunyai khasiat yng luar biasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh baik daging buahnya pula kulitnya. Tak heran andai permintaan dipasaran tatkala ini terus meningkat.
Dari meningkatnya permintaan yang telah di sebutkan mampu kita manfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan kesempatan bisnis. Apa sahabat Tani Organik berminat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertani manggis? Sebelumnya teknik menanam butuh kita ketahui supaya tanaman mampu tumbuh secara optimal. Ikuti tatacara menanamnya dibawah ini.
1. Pilihlah Bibit Manggis yng Mempunyai kualitas
Pertama kita Perlu menyiapkan bibit manggis bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita tanam. Bibit manggis mampu diperbanyak dari biji, sambung pucuk, serta susulan mampu sahabat Tani Organik lakukan. Andai ingin instan tak ingin repot membibitkan sendiri, bibit manggis mampu sahabat beli di kios bibit setempat. Kondisi bibit Amat memberi pengaruh pertumbuhannya kedepan, jadi butuh kita perhatikan dalam memilihnya. Pilihlah bibit manggis yng benar-benar sehat bebas hama penyakit tanaman, berdaun hijau segar tak layu, berbatang kokoh tak kering serta pilih pula bibit yang dengannya cabang rindang.
2. Tempat Penanaman
Sejauh ini tanaman manggis akan Amat produktif pada tempat ketinggian 5-500 m di atas permukaan laut serta mempunyai suhu udara 25-32°C mm. Agar bisa tanaman mampu cepat menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan barunya tempat Perlu bersih dari rumput liar disekitar bakal tanam, area lahan jangan terlalu sempit, tanah kaya yang dengannya unsur hara, serta mendapatkan sinar matahari langsung.
3. Membuat Lubang Tanam
Tahap selanjutnya tinggal kita membuat lubang penanaman. Lubang tanam mampu kita buat yang dengannya mempergunakan alat semisal cangkul yang dengannya ukuran 50x50x50cm. Lantas kita manfaatkan tanah bekas galian bagi atau bisa juga dikatakan untuk penutup lubang tanam, sebelumnya campurkan dulu kompos/pupuk sangkar yng telah terfermentasi + sekam, aduk hingga merata serta istirahatkan.
4. Mengistirahatkan Lahan
Lubang tanam yng sudah dibuat, jangan dulu langsung proses penanaman. Lubang tanam butuh kita didiamkan berlebi dahulu 2-3 hari, biarkan tersinari sinar matahari. Tujuannya supaya bakteri sumber penyakit mampu mati.
5. Mulai Menanam
Tahap selanjutnya, barulah kita mampu mulai proses penanaman. Pangkal bibit manggis diletakkan pada lubang tanam yng sudah kita sediakan. Andai bibit didapatkan dari toko bibit, umumnya telah tertanam pada media polybag, sobek plastik polybag yang dengannya hati-hati jangan hingga balutan tanah serta perakaran rusak. Posisikan bibit tegak lurus, jangan hingga miring.
6. Menutup Lubang Tanam
Selanjutnya kita segera tutup lubang tanam yang dengannya media tanah yng sudah dicampurkan kompos + sekam yng sudah kita persiapkan sebelumnya, tutuplah sampai-sampai rata. Padatkan tidak banyak penutup lubang yang dengannya menginjak-injak media tanam, akan tetapi jangan terlalu padat karena perkembangan akar tanaman manggis akan terhambat. Ini akan membuat tanaman baru tak gampang roboh.
7. Penyiraman
Lakukan penyiraman pertama, andai tanaman manggis sudah selesai kita tanam. Siramlah tanaman serta media tanam secukupnya sampai-sampai meresap jangan terlalu becek. Genakan alat bantu semisal embrat bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil yng maksimal.
8. Memasang Ajir
Memasang ajir memanglah dianjurkan pada tanaman baru. Ajir dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyokong tanaman supaya tak rentan roboh serta berganti posisi akibat gangguan dari luar. Bambu mampu kita manfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ajir yang dengannya ukuran ajir panjangnya 1,5 meteran.
9. Pemupukan Rutin
Pemupukan secara terjadwal Amat memberi pengaruh pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur. Nutrisi makro serta mikro baik yng diserap tanaman manggis, membuat tanaman tumbuh baik secara cepat, pula kebal akan serangan penyakit. Pengaplikasian pemupukan rutin ini mampu mempergunakan tatacara organik ataupun kombinasi kimia.
10. Merangsang Munculnya Bunga/Buah
Tanaman hasil tatacara vegetatif akan berbuah kisaran 5 tahunan. Tanaman ini tergolong lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan buahnya, akan tetapi kita butuh mengaplikasikan hormon perangsang buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu serta mempercepat munculnya bunga ataupun buah serta memacu pembuahan makin lebat.
11. Perawatan
Kita butuh lakukan pula perawatan lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil yng optimal semisal rajin menyiramnya 1-2 kali sehari akan tetapi bergantung kelembaban pada tanahnya, membersihkan rumput yng tumbuh pada lahan tanam tanaman manggis.
12. Penanggulangan Hama serta Penyakit
Ulat peliang daun (leaf minner) serta ulat pemakan daun (ulat bulu) adalah hama yng Suka mengganggu pertumbuhan tanaman manggis. Pengendalian dari hama-hama tadi mampu kita semprotkan insektisida

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/panduan-budidaya-tanaman-buah-manggis.html.

Seputar Panduan Budidaya Tanaman Buah Manggis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Panduan Budidaya Tanaman Buah Manggis