Cara Menanam Cabe Dan Budidaya Cabe

- Agustus 18, 2017

Cara Menanam Cabe Dan Budidaya Cabe

 
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng maksimal sebaiknya kita Perlu mengetahui tatacara menanam cabe ataupun tatacara budidya cabe yng benar, di postingan di artikel ini kita akan mengetahui cara-cara menanam cabe yng benar.
1. Tanda –tanda dan jenis-jenis cabe
Tanda –tanda tanaman cabe merupakan menjadi berikut:
a. Bunga berbentuk terompet kecil,
b. Buah yng masih muda berwarna hijau ataupun putih kekuningan,
c. Buah yng telah tua berwarna merah ataupun kuning,
d. Berbiji tidak sedikit.
cara menanam cabe, budidaya cabe, cara budidaya cabeAda dua jenis tanaman cabe yng dikonsumsi oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat umum, yakni cabe besar (Capsicum annuum L.) dan cabe kecil (Capsicum annum . L) jenis cabe yng salah satunya cabe besar merupakan cabe merah, paprika, dan cabe bulat/cabe udel/cabe domba (jenis cabe ini biasanya cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman hias)
Adapun jenis cabe yng salah satunya cabe kecil merupakan cabe rawit ataupun jemprit, cabe cengek, dan cabe hias.
2. Bertanam cabe
Sebelum mengawali bertanam cabe, anda Perlu menyiapkan perlengkapan dan bahan yng dibutuhkan. Perlengkapan dan bahan yng Perlu dipersiapkan merupakan cangkul, kored (cangkul kecil), benih, dan pupuk sangkar.
Lahan yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam cabe Perlu tanah yng subur. Andai tak menjumpai tanah yng subur, anda bisa mengolah tanah yng tidak lebih subur. Tatacaranya merupakan yang dengannya member pupuk sangkar pada tanah yng akan ditanami.
Pupuk sangkar ini sebaiknya diletakkan dalam lubang kecil yangh dibuat lurus., Jarak antar lubang 50-60 cm dan jarak antar baris 60-70 cm. Hal ini bergantung pada jenis cabe yng akan ditanam. Jenis cabe ini memerlukan jarak yng lebar lantaran cabe jenis ini mempunyai tidak sedikit cabang.
Pemberian pupuk buatan di lakukan satu bulan seusai cabe ditanam. Pupuk yang telah di sebutkan adalah campuran urea, TSP, dan KCL. Jumlah pupuk yng diberikan bergantung pada tingkat kesuburan tanah. Makin subur tanah, pupuk yng dibutuhkan makin tidak banyak.
Pupuk buatan yang telah di sebutkan diberikan di sekitar tanaman sejauh 5 cm dari batangnya. Lantas, seusai tanaman berumur 2 bulan, sebaiknya diberi pupuk urea lagi.
Pemeliharaan tanaman cabe taklah susah. Rajin-rajinlah membersihkan rumput pengganggu, menyiramnya secara teratur, dan memberantas hama dan penyakit yng menyerang tanaman cabemu.
Hama yng Suka menyerang tanaman cabe, antara lain lalat buah, kutu daun, dan tungu merah. Lalat buah merusak yang dengannya menusuk buah cabe sampai-sampai berguguran. Andai bertanam cabe dalam jumlah yng besar di lahan yng luas, anda bisa memberantas hama cabe ini yang dengannya penyemprotan kelthane 0,1-0,2%.
Sementara itu, penyakit yng Suka menyerang tanaman cabe merupakan penyakit busuk buah, gugur daun, daun busuk daun. Penyakit busuk daun dan busuk buah bisa dicegah dngan penyemprotan M-45 ataupun Antharacol 0,2 %.
Selain itu, sebagain petani cilik, anda pula Perlu tahu bahwasanya penyakit utama yng Suka menggagalkan tanaman cabe besar merupakan penyakit yng penyebabnya yaitu oleh virus daun keriting. Virus ini ditularkan oleh kutu daun. Virus itu menyerang tanaman cabe menjadikan daun cabe menjadi keriting ataupun menggulung, dan mengecil.
Hingga saat ini, penyakit ini belum mampu diberantas. Andai ditanam twrserang penyakit ini, lebih baik dicabut dan dibuang supaya tak menular. Nah, seusai tanaman cabemu berumur empat bulan, anda mampu menikmati hasil nya.
3. Manfaat cabe
Cabe tidak sedikit digunakaan oleh masarakat, baik dirumah ataupun di pabrik. Dirumah, cabe dipakai menjadi bumbu dapur. Cabe hijau bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sambal goring, tumis, dan sayur. Cabe rawit dan cengek dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bumbu pecel dan asinan. Cabe merah digunakkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan, semisal rending, gulai, dan beraneka jenis sambal. Cabe paprika bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan supaya penampilannya lebih menarik.
Di pabrik, semisal pabrik obat, cabe jenis tertentu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan koyo. Adapun di pabrik mi instan, cabe dipakai menjadi bumbu mi instan. Pemberian cabe pada jenis makanan ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk member rasa lezat dan pedas.
Walaupun cabe mempunyai tidak sedikit manfaat, orang-orang yng menderita beberapa penyakit Perlu menghindarinya. Penderita wasir ataupun ambient, sakit mata, sakit tenggorokan, dan wanita yng tengah menyusui sebaiknya tak memakan cabe. Hal ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah terjadinya hal-hal yng tak dimau-kan.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/cara-menanam-cabe-dan-budidaya-cabe.html.

Seputar Cara Menanam Cabe Dan Budidaya Cabe

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Cabe Dan Budidaya Cabe