Khasiat Dan Manfaat Buah Matoa

- Juli 21, 2017

Khasiat Dan Manfaat Buah Matoa

 
Daerah asal matoa memanglah menyebar di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Pulau Sumbawa (NTB), Maluku, dan Papua. Di Sumatra matoa Suka disebut kasai, pakam, dan kungkil. Sunda: leungsir, Jawa: kayu, sapi, Kalimantan: kasai gunung, pakam, kungkil, Sulawesi: landing, kase, nautu, latut. Nama matoa sendiri berasal dari Maluku. Sebutan lain-lainnya hatobu, ngaeke, ngaahe, kai. Di papua: ihi, miti, habele, dan tawa.
Dalam perdagangan internasional matoa kerap dikenal menjadi Fijian longan. Pohonnya memanglah tidak sedikit didapati di negara yng terdapat atau terletak di Samudra Pasifik itu. Penduduk setempat menyebutnya dawa.
Pohon matoa mencapai ketinggian 50 m. daun berukuran besar, lingkaran hingga lingkaran memanjang. Tulang daun tegas menonjol kebawah, dan tepi bergerigi. Tangkainya mencapai 1 m. bunga majemuk muncul dari ujung tangkai daun.
khasiat, manfaat, buah. matoa, manfaat buah matoa
Buah bulat lonjong seukuran telur puyuh. Kulit licin, berwarna hijau waktu muda, cokelat kehitaman begitu masak. Kulit buah tipis dan kering menjaga daging yng bening, kenyal, manis, dan berair. Di dalamnya ada biji kecil berwarna cokelat kehitaman dan mengkilap.
Hasil observasi Sudarmono, peneliti Kebun Raya Bogor, matoa asal Indonesia timur yakni Sulawesi, Maluku, dan Papua, lebih manis dan berdaging lebih tebal. Rasanya kombinasi rambutan, lengkeng, dan durian. Selain dimakan segar, buah dibuat manisan, sirup, ataupun jeli. Para pendatang di Papua Amat menyukai anggota keluarga Sapindaceae itu menjadi buah meja. Uniknya matoa bahkan tidak lebih popular dikalangan penduduk asli cendrawasih itu. Di Sumtera Selatan penduduk menikmati panggangan biji yng berlemak.
Beberapa manfaat dari pohon matoa, diantaranya:
Kulit kayu dipakai warga atau juga bisa dikatakan masyarakat priangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati luka. Penduduk Papua mempergunakan daun yng besar menjadi mulsa pada penanaman gembili ataupun gadung. Di Malaysia rebusan daun dan kulit kayu dipakai mandi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi demam. Kayunya cukup kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiang bangunan, lantai, kusen, dan perahu.
Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Fiji mempergunakan ekstrak daun matoa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitamkan rambut. Rendam daun di air panas baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati disentri. Sedangkan influenza dan nyeri tulang sendi diobati yang dengannya cairan yng diperas dari kulit kayu bagian dalam. Konon kayu itu pula bersifat kontraseptif.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/11/khasiat-dan-manfaat-buah-matoa.html.

Seputar Khasiat Dan Manfaat Buah Matoa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Khasiat Dan Manfaat Buah Matoa