Cara Menanam Ubi Jalar Lengkap Dan Benar

- Agustus 14, 2017

Cara Menanam Ubi Jalar Lengkap Dan Benar

 
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
1 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Perihal Tanaman Ubi Jalar
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
2 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Tanaman ubi jalar merupakan tanaman merambat yng ternama dibudidayakan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan ubinya menjadi hidangan pelengkap serta diambil daunnya yng masih muda bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan sayuran. Ubi jalar diluar dugaan pula ramai sekali dimanfaatkan menjadi bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat camilan semisal kue, oleh-oleh khas keripik, bakpau serta bakpia, anekan minuman malah es krim. Di beberapa daerah tertentu, ubi jalar adalah satu dari sekian banyaknya komoditi bahan makanan pokok.
Ubi jalar adalah satu dari sekian banyaknya bahan pangan yang dengannya sumber karbohidrat melimpah yng dibutuhkan tubuh. Ubi mampu kita jadikan makanan pokok pengganti alternatif nasi beras putih. Sebetulnya kandungan gizi yng ada pada ubi jalar lebih baik andai dibandingkan yang dengannya nasi beras putih.
Tanaman ubi jalar biasa dinamai ketela rambat mempunyai bahasa ilmiah Ipomoea Batatas L. Adalah makanan berasal dari Amerika Selatan yng hidup pada suhu tropis. Ada tidak sedikit jenis dari ubi jalar yng dibudidayakan di Indonesia, melihat dari warna-nya yng ternama ditanam merupakan ubi jalar putih kecoklatan, merah, serta ungu.
Di Indonesia, budidaya ubi jalar mencapai produktivitas paling optimal bila ditanam pada dataran rendah sampai-sampai ketinggian 500 meter dari permukaan laut (mdpl). Akan tetapi, tanaman ubi jalar ini masih mampu tumbuh yang dengannya baik pada ketinggian di atas 1000 mdpl, cuma saja jangka waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanenan dari waktu tanam menjadi lebih panjang.
Sinar matahari diharapkan oleh tanaman ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil maksimal, kebutuhannya penyinaran matahari sekitar 11-12 jam sehari. Pembudidayaan tanaman ubi jalar cocok di lakukan di daerah tropis yng bersuhu lembab serta panas. Suhu ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk ubi jalar merupakan 21-27 derajat celcius yang dengannya curah hujan 750-1500 mm per tahun.
Kelebihan Ubi Jalar Ungu
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
3 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Ubi ungu dalam kandungan manfaat serta gizi lebih tinggi dari ubi jalar yng berwarna putih. Pada 100 gram ubi jalar ungu memiliki kandungan vitamin A sekitar 7.700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat. Kandungan ubi jalar ungu yng lain diantaranya serat kasar, vitamin C, B1, lisin, Zn, K, Mg, Cu, mineral, lemak, protein serta pula salah satunya sumber karbohidrat tinggi.
Kandungan serat pada ubi ungu Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencernaan, Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk program diet. Selain itu terdapat antioksidan serta yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kekebalan serta daya tahan tubuh dan efektif dalam mencegah penyakit kanker.
Tatacara Mengawali Budidaya Ubi Jalar Ungu
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
4 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Tatacara budidaya ubi jalar bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh jenis boleh saya bilang semunya tekniknya percis, yng membedakan merupakan cepat tidaknya masa panen dari masa tanam. Ada 4 langkah penting yng Perlu kamu perhatikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ubi jalar yng baik serta benar. Keempat metode ini cukup simpel serta Perlu menjadi perhatian lantaran akan berdampak pada hasil panen yng anda peroleh.
lihat pula CARA MEMBUAT BUAH KOPI MENJADI BUBUK KOPI
1. Pemilihan Bibit Yng Baik serta Unggulan
Bibit yng baik serta unggulan mampu anda beli dari tempat pembelian bibit ubi jalar kualitas unggulan yng telah teruji. Bibit umbi sendiri tidak sedikit varietasnya lebih-lebih dari bentuknya, anda mampu memperoleh bibit ubi jalar ungu varietas unggulan ditoko yng menjual bibit pertanian yng telah mendapatkan kepercayaan dari dinas pertanian.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan bibit dalam budidaya ubi jalar mampu di lakukan yang dengannya 2 tips, yaitu tips generatif serta tips vegetatif.
a). Tatacara Generatif
Pembibitan yang dengannya tips generatif jarang di lakukan, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil yng diperoleh jauh lebih baik serta lebih sehat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bakal calon tanaman ubi jalar.
Penyiapan bibit yang dengannya tips generatif yakni pembibitan dari pembuahan umbi lantas menghasilkan tunas baru. Andai anda memilih tips generatif, tatacaranya pilih umbi mempunyai kualitas baik serta sehat, umbi lantas diiris menjadi 2 bagian ataupun lebih (fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang umbi supaya cepat tumbuh akar serta tunas barunya).
Umbi yng sudah diiris ditusuk yang dengannya bambu yag telah diiris menjadi skat ataupun penyanga. Lantas 1/2 dari irisan umbi bakal bibit tadi sebagian ditaruh didalam air, 1/2 lagi diatas permukaan supaya tumbuh tunas barunya. Atur sedemikian rupa supaya umbi 1/2 tetap didalam air serta 1/2 lagi dipermukaan di kenai cahaya matahari.
Persiapkan wadah berisi air, wadah mampu semisal bekas gelas air mineral / bak bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaruh tidak sedikit umbi yng telah diskat. Taruh wadah yng telah berisi umbi di tempat lembab teduh (tetap di kenai cahaya matahari secukupnya) sampai-sampai keluar tunasnya hingga 2-4 minggu sampai-sampai tunas telah muncul tidak banyak akar.
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
5 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Seusai tunas tumbuh serta muncul akar yng kecil, tunas dipindahkan terpisah ke tempat khusus semisal polibag / mangkuk kecil, siram sehari-hari yang dengannya air secukupnya selama 2-3 hari sampai-sampai daun tunas terlihat segar serta akar tumbuh lebih tidak sedikit.
Proses yang terakhir, tunas segar yang telah di sebutkan telah menajdi bibit unggulan yng siap ditanam dilahan / kebun anda bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibesarkan.
b). Tatacara Vegetatif
Pembibitan yang dengannya tips vegetatif merupakan pembibitan tanpa melalui pembuahan dari umbi. Pembibitan ini di lakukan yang dengannya tips stek dari batang tanaman umbi jalar pilihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan indukkan.
Tatacara memilih batang indukan yng baik merupakan tanaman yng telah berumur diatas 2 bulan yang dengannya ruas batang pendek serta besar (mampu batang mampu pucuk dari batang). Batang yang telah di sebutkan anda potong yang dengannya panjang sekiat 20-25 cm, pada setiap potongan minimal mempunyai dua ruas. Pada ruas pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh akar lebih cepat serta ruas kedua bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh tunas yng baru. Laukan pemotorngan batang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit pada pagi hari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan bibit tips vegetatif, batang yng telah dipotong dibersihkan serta dibuang daun-daun yng masih ada diruas batang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan yng berlebihan, lantas kumpulkan batang-batang pilihan serta ikat yang dengannya tali (mampu rafia) per 100 batang / stek, simpen ditempat yng teduh serta sejuk dalam posisi berdiri (tak boleh bertumpukan) selama 7 hari.
Seusai itu, bibit ini siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam dilahan anda. Umumnya tips vegetatif ini tidak sedikit dipakai lantaran proses penyiapan bibitnya relatif lebih cepat andai dipakai pada lahan yng besar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan seluas satu hektar, dibutuhkan sekitar 36.000 bibit ubi jalar siap tanam.
Catatan, pembibitan yang dengannya tips stek mampu di lakukan secara turun-temurun tidak lebih lebi 3-4 kali penyetekan. Andai telah hingga 4 kali pembibitan mulai dari indukan baru yang dengannya tips generatif / pembuahan dari umbi jalar langsung. Lantaran makin tidak sedikit melakukan indukan dari stek, kualitas tanaman serta hasil umbi makin tidak baik, kecil serta malah tak berbuah.
2. Persiapkan Lahan Tanam yng Baik
Persiapan lahan ini Perlu di lakukan dalam kurun waktu minimal 3 minggu sebelum penanaman bibit. Kondisi tanah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ubi jalar merupakan tanah lempung berpasir, gembur serta tidak sedikit memiliki kandungan unsur hara dan mempunyai drainase yng baik. Tanah yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ubi jalar membutuhan derajat keasaman tanah sekitar 5,5-7,5 pH.
Budidaya ubi jalar pada tanah kering serta retak-retak akan menurunkan imunitas tanaman, akibatnya tanaman gampang terserang hama serta penyakit. Sebaliknya bila ditanam ditempat becek ataupun basah hasil umbinya akan kerdil, kadar serat tinggi, umbi gampang busuk serta bentuknya benjol.
Tanaman ubi jalar tumbuh baik pada lahan tegalan ataupun bekas sawah. Pada lahan tegalan, budidaya ubi jalar cocok di lakukan diakhir musim hujan. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan sawah lebih cocok pada musim kemarau. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersiapkan lahan yng baik, kebutuhan pupuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki kualitas tanah relatif butuh pupuk yng tidak sedikit, apalagi tanah bekas persawahan.
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
6 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR
a). Teknik Pengolahan Tanah serta Pemupukan
Pertama kali yng Perlu di lakukan merupakan penggemburan tanah yang dengannya tips pembajakan (yang dengannya traktor / mesin bajak), tanah yng dibajak usahakan mampu gembur serta halus lantas buat bedengan / gundukan-gundukan tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk media tanam ubi jalar nantinya. Setiap satu baris bedengan mempunyai lebar sekitar 80-100 cm.
Tatkala melakukan pembajakan, anda tambahkan pupuk-pupuk organik semisal kotoran hewan serta bekas daun-daunan yng telah menjadi kompos. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemilihan pupuk organik dari kotoran yng baik merupakan kotoran sapi, kotoran kambing serta kotoran ayam yang dengannya syarat kotoran-kotoran yang telah di sebutkan telah diframentasi / dikeringakan berlebi dahulu. Pemberian pupuk sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengolahan tanah pada lahan seluas satu hektar dosis yng dibutuhkan sekitar 20 ton pupuk sangkar.
Pemilihan pupuk organik lebih baik lantaran lebih alami serta lebih sehat andai anda mengkonsumsi tanaman dari budidaya secara organik. Pupuk organik dari kotoran tidak sedikit memiliki kandungan unsur-unsur yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman semisal nitrogen (N), fosfor, kalium (K), kalsium (Ca) serta yng lain-lainnya. Kelebihan lain-lainnya pupuk organik semisal kotoran-kotoran tadi lebih ramah lingkungan serta tak merusak tanah.
Seluruh pupuk organik yng telah menajdi kompos serta telah difragmentasi tadi dicampur aduk bersama tatkala penggemburan tanah supaya tercampur serta diproses ulang oleh tanah pada lahan. Seusai selesai mempersiapkan lahan serta gundukan-gundukan tanah siap, yng butuh diperhatikan tak boleh langsung ditanami bibit ubi jalar.
Proses menunggu hingga tanah siap ditanam minimal 3 minggu sesudah pengolahan lahan, andai terlalu cepat tanah masih memproses pupuk yng anda persiapkan tadi. Andai dalam proses ini proses tumbuh tanaman bahkan jadi tak maksimal serta malah tidak sedikit yng mati / layu.
Lakukan penanaman diantara minggu ke 3-4, andai terlalu lama pula tak baik lantaran unsur nitrogen dalam tanah akan tidak sedikit berkurang, Unsur nitrogen (N) tanah fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesuburan bibit tanaman supaya lebih cepat tumbuh besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk tunas, akar, batang serta melebatkan daun dan umbi supaya berbuah lebat.
Pada masa tunggu hingga lahan siap ditanami bibit yng telah disiapkan, perawatan lahan yakni yang dengannya mengairi ataupun membasahi air secukupnya, air tak boleh hingga mengenangi lahan pertanian.
3. Penanaman Ubi Jalar Yng Baik serta Benar
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
7 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Penanam ubi jalar cukup gampang di lakukan, akan tetapi ada hal sepele yng Perlu anda perhatikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman ini supaya ubi jalar tumbuh optimal yang dengannya gizi yng tercukupi. Bibit ubi jalar sebaiknya ditanam yang dengannya tips membenamkan 2/3 stek batang ke dalam tanah.
Pada 1 baris bedengan lahan tanam terdapat dua baris lajur tanaman, bibit ditanam pada kedua sisi agak kepinggir dari setiap bedengan. Jarak tanaman antar satu baris 40 cm, hal ini supaya antar tanaman memiliki porsi nutrisi dari unsur hara tanah yng maksimal.
Teknik penanaman bibit di lakukan yang dengannya tips yng halus, pertama-tama dari tanah bedengan digali tidak banyak yang dengannya alat tanam ringan, taruh bibit pada tanah yng sudah dilubangi yang telah di sebutkan. Lantas timbun bibit pula yang dengannya tips yng halus. Seusai seluruh bibit selesai ditanam, tahap selanjutnya merupakan penyiraman.
Pada awal penanaman usahakan tanah selalu lembab serta basah, penyiraman di lakukan setiap pagi serta sore hari pada setiap bibit yng telah ditanam pada bedengan. Andai intensitas hujan didaerah lahan tanaman cukup tinggi, anda tak butuh melakukan penyiraman. Andai kadar air hujan terlalu tidak sedikit, anda wajib menguranginya supaya kadar kelembaban tanah tetap terjaga.
Perawaatan penanaman awal ini di lakukan rutin sekitar 2-3 minggu serta memastikan tanaman tumbuh tunas batang yng baru, biarkan tunas-tunas merambat liar ketanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan awal dari bibit yng anda tanam.
4. Perawatan Ubi Jalar Ungu Supaya Berumbi Besar
Seusai 3 minggu andai ada bibit yng mati, gagal tumbuh ataupun layu segera lakukan penyulaman yang dengannya mengganti bibit yng gagal tumbuh tadi yang dengannya bibit baru. Aktivitas penyulaman ini sambil anda merawat tanah serta membersihkan rumput-rumput liar / gulma yng tumbuh pada bedengan-bedengan yng disediakan buat tanaman ubi jalar.
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
8 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR
a). Pembersihan Gulma serta Mengatasi Tanaman Yng Kena Hama & Sakit
Pembersihan rumput / gulma ini Amat penting lantaran bisa mengganggu pertumbuhan ubi anda. Unsur hara yng terkandung didalam tanah akan terbagi yang dengannya tanaman gulma yng tumbuh bersama tanaman ubi jalar. Tata tips pencabutan gulma Perlu hingga ke akar-akarnya supaya tak tumbuh lagi.
Gulma yng tumbuh cukup besar Perlu dibuang / disingkirkan dari sekitar bedengan, namun andai gulma nya masih tumbuh kecil-kecil sekitar 0,5 cm mampu dicabut, dipotong akarnya serta ditenggelamkan ditanah-tanah sekitar bedengan. Gulma / rumput kecil memiliki kandungan tidak sedikit nutrisi serta nitrogen yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman yng dalam masa pertumbuhan.
Andai anda menemui tanaman sakit ataupun tekena hama, umumnya tanaman akan terlihat layu serta tak sehat ditandai yang dengannya daun kuning serta tidak sedikit yng rontok. Hama yng menyerang tanaman ubi jalar umumnya merupakan ulat yng ada di dalam ubi ataupun pada daun.
Solusinya merupakan membersihkan tanaman yng sakit supaya tak menular, yakni memanglah yang dengannya tips kimiawi yakni yang dengannya penyemprotan insektisida semisal Curacron 500 EC ataupun Matador 25 yang dengannya konsentrasi yng dianjurkan. Andai didapati ada tanaman yng sakit terlalu parah, anda Perlu mencabutnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutus penularan ke tanaman yng lain-lainnya.
b). Pengairan serta Penyiraman
Pengairan pada masa pertumbuhan ubi pula tetap diharapkan supaya tumbuh tanaman serta hasil umbi berukuran besar serta melimpah. Masa pembentukan serta pengembangan buah ubi pada masa 1-2 bulan sesudah penanaman. Pada masa ini penyiraman cukup di lakukan seminggu sekali, waktu penyiraman paling baik merupakan di pagi ataupun sore hari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengairan, irigasi air Perlu berfungsi yang dengannya baik, ini penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperhatikan dalam kegiatan penyiraman merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari tanah tak terlalu becek. Penyiraman mampu di lakukan seminggu sekali secara terus menerus. Kemudia penyiraman mampu dihentikan pada usia 2-3 minggu sebelum panen.c). Penggemburan Tanah
Pada usia 4 minggu sesudah masa tanam, di lakukan perawatan berupa penggemburan tanah yang dengannya tips membongkar tidak banyak demi tidak banyak disekitar pangkal tanam dari ubi jalar, radius jaraknya sekitar 10 cm dari pusat akar tanaman. Hal ini dimaksudkan supaya tumbuh tanaman tak menjalar kemana-mana, dari pengalaman para petani yang dengannya tips ini, hasil pertumbuhan optimal, rapi serta umbi yng dihasilan cukup besar.
Pada usia 6-9 minggu tanah yng dibongkar tadi ditutup kembali sembari merapikan akar-akar yng menjalar keluar dari jalr penanaman. Andai konsentrasi pertumbuhan umbi diatur terpusat pada pangkal akar, umbi akan tumbuh berukuran besar-besar.
5. Pemanenan Ubi Jalar
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
9 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

Masa ubi jalar siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipanen merupakan disaat tanaman ubi telah berumur 3,5-4,5 bulan, bergantung varietas ubi jalar yng ditanam. Pemanen yng baik di lakukan tatkala musim kering, pemanenan tatkala tanah gembur serta terlalu basah akan membuat ubi basah serta rentan terhadap pembusukan.
Andai waktu panen bertepatan yang dengannya musim penghujan, solusinya merupakan merupakan memilih hari minimal 7 hari sesudah hujan turun. Andai memanglah susah menemui hari yng sesuai, sesudah pemanenan umbi yng telah dipanen Perlu dikeringkan dari sisa air yng ada, mampu dijemur ataupun diangikan agar bisa umbi lebih kering.
Pastikan sesudah pemanenan umbi bersih serta kering. Budidaya tanaman ubi jalar yng berhasil merupakan tanaman yng mampu menghasilkan minimal 1 kg dari setiap bibit tanaman. Perhitungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu hektar lahan mampu mengaghasilkan 25 – 30 ton. Pada varietas tertentu semisal ubi jalar varietas borobudur serta kalasan mampu mencapai panen 30-40 per hektarnya.
http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html
10 CARA MENANAM UBI JALAR LENGKAP DAN BENAR

sumber : https://gushaironfadli.com

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/cara-menanam-ubi-jalar-lengkap-dan-benar.html.

Seputar Cara Menanam Ubi Jalar Lengkap Dan Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Ubi Jalar Lengkap Dan Benar