Cara Stek Tanaman Jeruk | Budidaya Jeruk

- Agustus 04, 2017

Cara Stek Tanaman Jeruk | Budidaya Jeruk

 
Cara Stek Tanaman Jeruk
Stek yakni tips mengembangbiakkan tanaman yang dengannya mengambil bagian dari tanaman, misalnya ranting, cabang, daun, ataupun akar.
stek tanaman jeruk, cara stek tanaman, cara stek pohon mangga, cara stek mangga, cara stek tanaman buah, gambar stek, cara menyetek tanaman jeruk
Tidak sedikit jenis jeruk yng bisa diperbanyak yang dengannya stek, ada yng gampang serta ada yng sukar pertumbuhan akarnya.
Jeruk lemon (Citrus limon. (L) Burm.f), jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swing ), jeruk sukade (Citrus medica L.), bial distek gampang keluar akarnya.
Jeruk keprok (Citrus reticulate Blanco) paling sukar serta lambat mengeluarkan akar. Jeruk manis, jeruk grafepruit (Citrus paradici Macf), jeruk trifoliate (Poncirus trifoliate L.), keluarnya akar intermediate (antara jeruk lemon serta jeruk keprok).
Stek diambil dari tanaman yng sehat, pertumbuhannya kuat, dari cabang yng sudah keras (dewasa). Stek yng diambil dari klon yng muda lebih cepat keluar akar daripada yng diambil dari klon yng sudah tua.
Perkembanagn perakaran dari klon yng Amat muda akan mengeluarkan semisal akar tunggang sedangkan yng dari klon tua cenderung tumbuh akar lateral (menyamping).
Panjang setek sekitar 7,5-15 cm. Daun jangan dipotong seluruh, dissisakan lebih tidak lebih 4 helai daun. Bagain pangkal di potong mendatar jangan miring, bagian atas dipotong miring. Bila pemotongan pangkal miring, akan cenderung keluar akar lebih tidak banyak.
Pembentukan akar pada stek bisa dirangsang yang dengannya hormone IBA (indole-butyric acid) dalam talek yang dengannya konsentrasi 3.000-8.000 ppm (bagain per juta).
Dasar stek dimasukkan dalam talek yng lembap, maka talek akan melekat pada dasar stek. Lantas ditanam dalam media perakaran yng sudah disediakan.
Cara lain, bisa dipergunakan 20 mg Kristal IBA dimasukkan dalam larutan alcohol 1 cc yng ditambah yang dengannya 1 cc air. Dasar dari setek dimasukkan sedalam ± 0,5 cm selama 1-2 detik, lantas ditanam dalam media perakaran.
Sumber: JERUK MANIS. Penerbit: Penebar Swadaya

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/04/cara-stek-tanaman-jeruk.html.

Seputar Cara Stek Tanaman Jeruk | Budidaya Jeruk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Stek Tanaman Jeruk | Budidaya Jeruk