Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah Lebat

- Agustus 04, 2017

Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah Lebat

 
Teknik/tatacara supaya tanaman cepat berbuah. Apakah kamu memiliki tanaman buah di pekarangan rumah/di kebun yng tumbuh subur, sehat, daunnya rimbun, cabangnya tidak sedikit, pokoknya indah dipandang, namun anehnya tak pula berbuah..?Maka, tulisan atau artikel di bawah ini barangkali mampu menjadi solusinya.Akan tetapi, sebelum kamu belajar teknik membuat tanaman cepat berbuah lebat, berlebi dahulu Perlu kamu pelajari faktor-faktor yng memicu tanaman tak kunjung berbuah/tak mampu berbuah yang dengannya lebat.A. Penyebab Tanaman Gagal Berbuah Lebat
1. Umur Tanaman Yng Masih MudaTiap tanaman memiliki waktu yng berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berbuah.Ada yng dalam beberapa bulan mampu langsung berbuah, semisal tomat, mentimun, semangka serta pepaya.Ada yng butuh waktu tengah antara 6 s.d. 12 bulan, diantaranya merupakan buah naga, jambu biji, jeruk nipis, serta belimbing.Ada pula yng tergolong buah yng lama berbuah semisal srikaya, nangka mini, kelengkeng, delima, jambu air, sawo, mangga serta anggur.Tanaman di atas biasanya baru akan berbuah sesudah berumur setahun lebih.2. Terlalu Tidak sedikit PupukSemua pasti suka andai melihat tanamannya tumbuh subur, berdaun lebat serta memiliki tidak sedikit cabang.Namun apalah pengertiannya andai diluar dugaan tanaman yang telah di sebutkan gagal berbuah.Pemupukan yng berlebihan, lebih-lebih yng tidak sedikit unsur N nya barangkali akan membuat tanaman menjadi nampak rimbun, hijau serta sehat.Namun malahan hal yang telah di sebutkan memicu tajuk tanaman menjadi kekurangan cahaya matahari bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak makanannya.
3. Tanaman MandulKebanyakan tanaman cuma akan bisa menghasilkan buah andai bunga yng tumbuh dibuahi oleh bunga jantan yng ada di dekatnya.Beberapa tanaman semisal salak serta kelapa misalnya, umumnya Perlu ditanam secara berkelompok dikarenakan Suka bunga jantannya gugur berlebi dahulu sebelum pernah sempet membuahi bunga betina.4. Bunga Yng Gagal Menjadi BuahTerkadang kita mendapati tanaman buah sudah berbunga lebat serta nampak menjanjikan.Akan tetapi seiring waktu bunga itu gugur satu persatu serta urung menjadi buah.Umumnya hal ini dikarenakan oleh kekurangan air, serangga serta hama penyakit, cuaca yng ekstrim, serta penyemprotan yng tak pas.Itulah beberapa hal yng memicu tanaman kamu gagal berbuah.Selanjutnya kita akan bahas tatacara supaya tanaman cepat berbuah.Mari kita bahas satu per satu.
B. Tips Supaya Tanaman Cepat Berbuah1. Pemangkasan TanamanPemangkasan tanaman ini bertujuan supaya tanaman cepat berbuah. Sasaran pemangkasan merupakan pada:
  • Ranting-ranting yng tak produktif
  • Cabang-cabang tanaman yng rusak
  • Tajuk tanaman yng mengarah ke dalam
  • Pucuk-pucuk cabang/pohon.
Beberapa tanaman buah yng Suka diberi perlakuan ini merupakan : anggur, jeruk, apel, mangga, nangka, serta sirsak.Yng butuh diperhatikan pula merupakan teknik pemangkasan serta perlakuan sesudah pemangkasan.Usahakan pemangkasan mempergunakan alat yng sesuai.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ranting kecil mampu mempergunakan gunting tanaman, sedangkan cabang yng telah besar genakan gergaji.Arah pemotongan usahakan miring mengarah ke dalam supaya bekas pemotongan tak di kenai air hujan yng mampu memicu pembusukan.Berikan pula cat, tir, ataupun parafin pada bekas luka pemotongan supaya terhindar dari serangan infeksi hama penyakit.
2. Mengikat Batang TanamanBeberapa petani di desa jaman dahulu seringkali melakukan teknik ini, yakni mengikat batang/cabang primer tanaman mempergunakan kawat/tambang.Yang dengannya mengikat/melilit batang tanaman ini maka pengangkutan karbohidrat hasil fotosintesa ke bagian akar akan terhambat menjadikan menumpuk di cabang-cabang serta daun menjadikan merangsang tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga lantas berbuah.3. Perlukaan Batang TanamanTeknik yng ketiga ini, melukai batang tanaman fungsinya hampir percis pada teknik pengikatan batang, yakni menghambat penyaluran zat-zat makanan hasil fotosintesa daun ke bagian bawah/akar menjadikan berlangsung penumpukan makanan di bagian atas/dahan.Pada akhirnya tanaman akan terangsang bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga.Yng butuh diperhatikan dalam teknik melukai batang tanaman ini merupakan jangan hingga kebablasan menjadikan bahkan memicu tanaman menjadi mati.
Teknik melukai batang tanaman :Goreslah kulit batang pohon mempergunakan pisau tajam yang dengannya ukuran 10-20an cm mengelilingi batang pohon, kerok hingga kambiumnya hilang (secara ringkas hampir mirip yang dengannya teknik mencangkok).Lantas oleskan ter/parafin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah infeksi penyakit/hama tanaman.Jenis tanaman buah yng Suka diperlakukan semisal ini merupakan mangga, nangka, serta kelengkeng.Umumnya pohon buah semisal kelengkeng akan berbuah 4-5 bulan sesudah mendapatkan perlakuan ini.4. Perempelan Tunas TanamanKadang ada rasa sayang melihat tunas tanaman yng baru tumbuh pada batang pokok tanaman.Akan tetapi malahan teknik perempelan tunas ini Perlu di lakukan supaya tanaman cepat berbuah.Lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk tunas-tunas liar pada batang pokok bawah tanaman.
5. Pemupukan TanamanBiasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat tanaman cepat berbuah, tatacara yng biasa di tempuh oleh petani merupakan yang dengannya penyemprotan mempergunakan pupuk daun.Penyemprotan dikenakan langsung pada daun yng nantinya akan diserap melalui stomata pada permukaan daun.6. Pemberian HormonHormon disini beda yang dengannya pupuk tanaman. Fungsiny merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu tanaman supaya segera berbuah. Umumnya teknik yng diterapkan yang dengannya tatacara menyuntikkan pada batang tanaman, disemprotkan, ataupun dibasahkan pada bagian akar tanaman.Teknik ini disebut pula teknik booster.Saya pribadi tidak lebih suka yang dengannya teknik ini lantaran kesannya pemaksaan serta pemerk*saan pada tanaman.7. Stres AirTeknik stres air ini butuh di lakukan yang dengannya Amat hati-hati.Lantaran alih-alih tanaman cepat berbuah, bahkan tanaman menjadi layu serta mati. Stres air dalam hal ini bukan berguna tak disirami percis sekali namun cuma ditahan selama 2-3 hari tanpa air.Fungsinya supaya daun tak terlalu tumbuh lebat yng akhirnya akan merangsang tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga.Pastikan sebelum menerapkan teknik ini tanaman benar-benar sehat.
Itulah beberapa Tips Supaya Tanaman Cepat Berbuah Lebat.
Mudah-mudahan memberikan manfaat...

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2017/01/agar-tanaman-cepat-berbuah-lebat.html.

Seputar Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah Lebat