Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, Dan Buah

- Agustus 05, 2017

Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, Dan Buah

 
Penyakit dan hama tanaman buah mangga Amat tidak sedikit jenisnya. Dari mulai penyakit pada buah, daun, pohon, bunga dan buah muda, hingga penyakit yan Suka di temukan pada cabang dan batang tanaman mangga.
buah mangga, penyakit tanaman mangga, hama mangga, hama tanaman mangga, budidaya buah mangga, penyakit pohon mangga;
Hama Dan Penyakit Pada Buah Mangga
Penyakit pada buah mangga biasanya penyebabnya yaitu oleh cendawan dan bakteri. Serangannya menghasilkan busuk buah.
Tiga penyakit penting buah mangga sebelum panen merupakan antraknosa (anthracnose), bercak hitam dan kudis.
Penyakit sesudah panen merupakan busuk buah lantaran cendawwan. Pengendalian penyakit yang dengannya pestisida sebaiknya di lakukan yang dengannya pertimbangan yng masak.
Penyakit pada buah mangga:
1. Antraknosa buah
2. Bercak hitam
3. Kudis buah
4. Penyakit buah sesudah panen
Hama Dan Penyakit Pada Bunga dan Buah Muda
Bunga dan buah yng masih muda Amat rawan terhadap cendawan tepung dan busuk cokelat.
1. Cendawan tepung
Cendawan tepung salah satunya cendawan ectophit, yakni cendawan hidup pada permukaan tumbuhan inang. Gejalanya, terlihat pertumbuhan miselium yng halus dan jernih menyerupai sarang laba-laba.
2. Busuk cokelat
Penyebab busuk cokelat merupakan cendawan Physalospora perseae Doidge. Infeksinya dimulai dari bunga, lantas menjalar ke tangkai bunga. Pada tangkai bunga terdapat celah (retak) hitam yng memanjang.
Buah yng masih muda pula mampu terserang busuk cokelat. Warna buah akan berganti dari hijau menjadi cokelat kekuningan hingga hitam kecokelatan. Kerontokan buah yng sudah terbentuk bisa mencapai 90 %.
Hama Dan Penyakit Pada Daun Mangga
Gangguan penyakit pada daun mangga mampu lantaran serangan cendawan jelaga, ataupun bercak karat merah lantaran gangga.
1. Cendawan jelaga
Penyakit cendawan jelaga mampu penyebabnya yaitu oleh cendawan Meliola mangiferae Eale, Gloeodes pomigena Schw., Dimerosporium mangiferum Cooke et Br.., Capnodium mengiferum Cooke et Br., Capno dium racemosum Cooke., Phaeasaccardinula sp.
Serangan cendawan jelaga pada mangga mampu berlangsung andaikan di pohon yang telah di sebutkan terdapat hama serangan yng mengeluarkan kotoran “embun madu”
2. Bercak karat merah
Bercak karat merah pada daun mangga penyebabnya yaitu gang-gang Cephaleuros mycoidea Karst. Selain mangga, bercak karat merah pula menyerang jeruk, apel, the, jambu biji, leci, lengkeng, dan rambutan.
Hama Dan Penyakit Pada Cabang dan Batang Mangga
Penyakit cabang dan batang pada mangga mampu berupa blendok, buduk kulit batang lantaran cendawan, busuk batang semai dan benalu.
1. Penyakit blendok
Penyakit blendok disebut pula penyakit recife. Penyebabnya cendawan Diplodia recifensis Batista, bersama-sama yang dengannya kumbang Xyleborus affinis.
Kumbang Xyleborus affinis membuat terowongwn di batang ataupun di cabang, Lantas terinfeksi cendawan Diplodia recefensis Infeksi itu mengikuti kumbang yng masuk ke dalam terowongan.
2. Penyakit batang
Pada batang mangga seringkali terdapat cendawan yng melekat pada kulit batang yng sudah mati. Pada biasanya cendawan adalah saprofit ataupun adalah parasit yng ringan, misalnya Schizophyllum commune Fries, Fomes conchatus (Pers.) Fr. Dan Ganoderma applanatum (Pres. Ex Nallr.) Pat.
3. Penyakit pesemaian
Penyakit busuk pada bibit mangga di pesemaian penyebabnya yaitu cendawan Sclerotium delphini Welch. Gejalanya, batang semai yng baru tumbuh berbau busuk.
4. Benalu
Benalu ataupun kemladean ataupun pasilan salah satunya family Loranthaceae. Tumbuhan 1/2 parasit ini Suka terdapat pada mangga.
Orang-orang tumbuh melekat pada cabang ataupun ranting. Benalu yng tumbuh di cabang ataupun ranting, kalau tak segera diberantas semakin lama semakin tidak sedikit.
Sumber: Bertanam Mangga, Penerbit: Penebar Swadaya
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.
Budidaya jamur Budidaya jamur tiram Tatacara budidaya jamur Budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya ajmur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur budidaya jamur hama tanaman mangga penyakit tanaman mangga hama mangga penyakit mangga budidaya tanaman mangga penyakit pohon mangga


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/hama-dan-penyakit-tanaman-mangga-pohon-daun-buah.html.

Seputar Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, Dan Buah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, Dan Buah