Cara Menanam Tomat Dan Jenis-jenis Tomat

- September 18, 2017

Cara Menanam Tomat Dan Jenis-jenis Tomat

 
Tanda-ciri Tanaman TomatDalam ke hidup-an sehari-hari, tomat memiliki peranan yng Amat penting. Lantaran itu, kita pun telah tak asing lagi yang dengannya tomat. kalau kita ingin tau tips menanam tomat kita Perlu mengetahui telrebih dahulu ciri-ciri tomat sebelumnya agar bisa tak keliru yang dengannya tanaman lain-lainnya, ciri-cirinya adalahsebagai berikut:
a. Berbentuk perdu, kecuali tomat liar yng tumbuh menjalar,
b. Berumur lebih dari setahun,
c. Berakar tunggang.
d. Berbatang bersegi dan berbulu halus,
e. Bunganya berbentuk terompet kecil dan berwarna kuning,
f. Buahnya berbentuk bulat, bulat pipih, dan ada pula yng semisal bola lampu,
g. Buahnhya berdaging dan memiliki kandungan tidak sedikit air, dan
h. Daunnya bercelah yang dengannya tulang daun menyirip.Jenis-jenis Tomat
Ada beberapa jenis tomat yng dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Beberapa jenis di antaranya pasti pernah anda makan, baik yng dimakan secara langsung ataupun yng dipakai menjadi bumbu masak. Yang akan di sajikan kali ini jenis tomat-tomat yang telah di sebutkan.
a. Tomat apel (Solanum lycopersium L.pyriforme)
Tomat jenis ini berbuah bulat dan tidak banyak keras semisal apel ataupun pir.
b. Tomat sayur ataupun tomat porselin (Solanum lycopersicum l commune)
Tomat sayur ataupun porselin berbuah bulat pipih, lunak, dan bentuknya tak teratur. Tomat ini tidak sedikit dijual dipasar.
c. Tomat kentang (Soalnum lycopersicum L grandifolium)
Tomat jenis ini berbuah bulat besar dan padat. Ukuran buah tomat ini lebih kecil dari tomat apel dan berdaun lebar.
d. Tomat keriting (solanum lycopersicum L. validum)
Tomat jenis ini berbentuk agak lonjong dank eras, sedangkan daunnya rimbun keriting dan berwarna hijau kelam.
Cara menanam tomat, jenis-jenis tomat
Bertanam Tomat
Tanaman tomat bisa tumbuh, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Jenis tomat apel lebih baik ditanam di dataran tinggi, sedangkan jenis tomat sayur lebih baik ditanam di dataran rendah. Jadi, sebelum anda bertanam tomat, lebih baik tentukan dahulu lahan yng akan ditanami, apakah berupa dataran rendah ataupun dataran tinggi.
Disaat anda akan menanam tomat, carilah tanah yng subur dan tidak banyak memiliki kandungan pasir. Hal ini lantaran tomat menyukai tanah semisal ini. Akan tetapi, tanah liat yng memiliki kandungan tidak banyak pasir Amat tak disukai tanaman ini. Selain itu, tanaman tomat diluar dugaan tak tahan terhadap hujan. Jadi, anda lebih baik tak menanam tomat pada tatkala musim hujan.
Tomat dikembangbiakkan yang dengannya bijinya. Sebelum anda menanam tomat disemaikan berlebi dahulu. Tanah yng akan dijadikan persemaian dicangkul dan diberi pupuk sangkar. Biji tomat ditaburkan berbaris yang dengannya jarak antar baris 5 cm. Disaat anda menaburkan biji tomat ini, lakukanlah yang dengannya hati-hati dan tipis-tipis di atas tanah persemaian. Seusai 5-7 hari disemaikan, biji tomat akan tumbuh. Seusai berumur 2 minggu, bibit dari persemaian dipindahkan ke dalam kantong plastik.
Lahan yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertanam tomat dicangkul. Lantas, buatlah beberapa lubang. Setiap lubang diberi pupuk sangkar. Seusai satu bulan, pindahkanlah tanaman tomat yng ada di kantong plastic. Seusai itu, anda bisa menutupi tanaman tomatmu yang dengannya dedaunan ataupun pelapah pisang. Hal ini di lakukan supaya bisa mencegah panas matahari ataupun air hujan. Baru seusai 3-4, hari anda bisa membuka tutupnya. Seusai itu, jangan tidak ingat diberi pupuk.
Semisal halnya kita-kita, tanaman pula suka sakit. Penyebabnya merupakan serangan hama dan penyakit. Hama yng Suka menyerang tomat, di antaranya ulat dan cacing. Adapun cendawan, bakteri, dan virus adalah penyebab penyakiut pada tanaman tomat. Penyakit pada tanaman tomat cepat menyebar. Jadi, anda Perlu berhati-hati. Perhatikan selalu tanaman tomatmu supaya terhindar dari penyakit dan menghasilkan buah yng baik.
Pencegahan terhadap penyakit supaya tak menyebar merupakan yang dengannya tips mencabut dan membakar tanaman yng sakit. Yang dengannya demikian, penyebab penyakitnya akan mati dan tak akan mengganggu tanamanmu lagi.
Setiap kita menanam, pasti saat-saat yng ditunggu-tunggu merupakan disaat tanaman berbuah dan buahnya telah masak. Banarkan? Rasanya puas disaat melihat tanaman yng kita tanam berbuah tidak sedikit dan siap dipetik.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/cara-menanam-tomat-dan-jenis-jenis-tomat.html.

Seputar Cara Menanam Tomat Dan Jenis-jenis Tomat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Tomat Dan Jenis-jenis Tomat