Macam Macam Buah Jeruk Dan Jenis-jenis Jeruk

- September 16, 2017

Macam Macam Buah Jeruk Dan Jenis-jenis Jeruk

 
Jeruk salah satunya family Rutaceae, beranggotakan 130 genus. Dari genus sebanyk ini cuma 6 yng adalah jeruk sebenarnya.
Di antaranya merupakan genus citrus yng beranggotakan1 6 spesies. Genus ini dibagi lagi menjadi 2 sub genus, yakni Eucitrus (10 spesies), serta papeda (16 spesies). Sub genus Eucitrus iniah yng laing tidak sedikit dibudidayakan orang.
macam macam jeruk, budidaya jeruk, cara menanam jeruk, jeruk;
Jeruk memiliki ramai sekali kultivar. Tiap-tiap daerah memiliki nama-nama sendiri walau induknya (spesiesnya) percis.
Namun lantaran perbedaan jensi tanah serta ketinggian daerah penanaman, jeruk bisa menjadi kultivar tersendiri. Akan tetapi, secara umum, jeruk bisa dibagi emnjadi 4 golongan uatama. Adapun golongan-golongan yang telah di sebutkan merupakan menjadi berikut.
1. Golongan jeruk manis (citrus aurantium)batang jeruk manis umumnya mulai bercabang pada ketinggian satu meter. Tajuk daunnya lingkaran , serta kalau pohonnya dibiarkan tumbuh maka akan mencapai ketinggian ± 6 meter, bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis jeruk manis ini pada biasanya berbuah lebat pada bulan april serta Mei.
Namun, Perlu diingat, bahwasanya yng dinamakan jeruk manis ini tak selamanya rasanya manis. Namun, ada pula buah jeruk manis yng rasanya agak masam.
Pula jeruk manis ini besar kecilnya tak percis, ada yng berbuah besar serta ada pula yng berbuah kecil, demikian juga yang dengannya bijinya. Ada jeruk manis yng berbiji tidak sedikit serta ada yng berbiji tidak banyak.
Lantas ihwal keadaan tumbuh terbaiknya. Jeruk manis ini tumbuh paling baik didaerah pegunungan yng tingginya 800-1000 m diatas permukaan air laut serta memiliki musim kemarau yng agak lama.
2. Golongan jeruk Mandarin (citrus nobilis)Golongan jeruk mandarin ini Suka juga disebut yang dengannya jeruk “WE”. Adapun yng salah satunya didalam golongan jeruk mandarin ini merupakan, jeruk keprok, jeruk garut, jeruk konde cina, jeruk ragi, jeruk siam, jeruk banten, serta lain-lain.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis ini daunnya lebih kecil bila dibandingkan yang dengannya daun jeruk manis. Pda biasanya pohonnya kecil serta tidak sedikit cabangnya.
Buahnya pula lebih kecil serta berkulit tipis. Kalau jeruk manis kulitnya gampang dikupas, maka jeruk golongan mandarin ini kullitnya agak sulit dikupas.
Namun kalau buahnya sudah benar-benar masak, maka rasanya lebih manis daripada jeruk manis sendiri. Itulah sebabnya jeruk ini lebih tidak sedikit disukai warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bila dibandingkan yang dengannya jeruk manis.
Sedangkan di Indonesia kalau dihitung persentasenya, maka lebih tidak sedikit ditanam pohon jeruk golongan ini bila dibandingkan denagn golongan jeruk manis.
Tempat yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam jeruk mandarin merupakan daerah pegunungan yng ketinggiannya antara 800-1500 m dari atas permukaan laut.
3. Golongan jeruk besar (citrus maximus)Salah satunya golongan jeruk besar antara lain: jeruk bali, jeruk silumpang, jeruk nambangan, jeruk delima, serta lain-lain.
Golongan ini memiliki jenis ramai sekali, namun hampir semuanya percis. Rata-rata buahnya bergaris sedang sekitar 20 cm. semuanya berkulit tebal serta bil telah masak kulitnya akan berwarna kuning.
Warna daging buahnya umumnya berwarna merah jambu, akan tetapi ada juga yng putih ataupun kekuning-kuningan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk golongan ini daging buahnya berbeda-beda kerasnya, serta pula rasanya. Jeruk simanalagi serta jeruk Delima berdaging lunak yang dengannya rasa tidak banyak asam. Akan tetapi kalau pandan wangi agak keras serta halus. Golongan jeruk besar ini bisa tumbuh dimana-mana.
4. Golongan jeruk sitrun (citrus medica)Salah satunya golongan jeruk ini merupakan jeruk sitrun, jeruk manis, jeruk pecel, serta jeruk sukade. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis sitrun, nipis, serta sukade ini pohonya hampir percis malah lebih baik kalau tak disebut pohon melainkan perdu.
Tumbuhnya tidka bisa tinggi akan tetapi bercabang lebar. Sedangkan buahnya ramai sekali. Buahnya pula bermacam-macam ada yng besar serta ada juga yng kecil.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk golongan ini, bisa tumbuh didaerah manapun. Jeruk ini pula tidak sedikit ditanam di Indonesia. Di Italia jenis jeruk sukade dikembangkan secara besar-besaran. Karena memanglah indrustri sukade paling besar di dunia serta Italia.
Sumber: Tatacara Praktis Bertanam Jeruk. Penerbit: Aneka Ilmu
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/04/macam-macam-buah-jeruk.html.

Seputar Macam Macam Buah Jeruk Dan Jenis-jenis Jeruk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Macam Macam Buah Jeruk Dan Jenis-jenis Jeruk