Manfaat Dan Pengertian Tanah Gambut

- September 16, 2017

Manfaat Dan Pengertian Tanah Gambut

 
Di Indonesia daerah sebaran gambut terdapat di Sumatera, Kalimantan, serta Irian Jaya yang dengannya ketebalan lapisan antara 30 cm sampai-sampai 10 meter.
Manfaat tanah gambut, Pengertian Tanah Gambut, ciri ciri tanah gambut, jenis tanah gambut, tanah gambut
Pengertian Tanah Gambut
Pengertian tanah gambut: Gambut adalah kerak bumi yng terdiri dari lapisan pelapukan sisa-sisa tanaman prasejarah yng umurnya telah jutaan tahun. Penyebarannya terdapat disepajang dataran pantai di daerah rawa-rawa ataupun air payau.
Di antara negara-negara yng mempunyai gambut, Indonesia yng luas sebaran gambutnya mencapai 26 juta hektar (pada tahun 1995), salah satunya negara terbesar nomor empat di dunia.
Manfaat Tanah GambutManfaat tanah gambut Amat besar manfaatnya dalam bidang pertania serta energy.Tanah gambut bisa menambah areal lahan pertanian yng selalu menjadi ciut lantaran tersita oleh keperluan pemukiman penduduk serta daerah industri.
Hasil produksi pertanian di lahan gambut melebihi hasil rata-rata produksi nasional, lebih-lebih tanaman kedelai, jagung, singkong, ubi jalar, tomat, terong, bayam, sawi, kangkung, jahe, melon, semangka, nanas, sagu, padi serta kelapa.
Menjadikan diharapkan hasil produksi pertanian di lahan gambut ini bisa mengisi kekurangan beberapa produksi pertanian nasional menuju swasembada aneka ragam hasil pertanian.
Begitu pula dalam penyemaian bibit pepohonan di tanah gambut lebih cepat pertumbuhannya dari pada di tanah biasa serta selain itu, bibit-bibit yng disemai di lapisan tanah gambut sosoknya lebih kuat.
Hal ini akan membantu mempercepat peremajaan hutan yng dianjurkan oleh pemerintah.
Dalam bidang energy, bahan gambut bisa diolah menjadi briket yng berfungsi menjadi kayu abakar.
Pendapat dari hasil penelitian diketahui bahwasanya mutu gambut Indonesia Amat baik menjadi bahan bakar . ini penyebabnya yaitu kandungan abu gambut Indonesia rendah, sedangkan nilai kalorinya tinggi.
Kandungan abu yng rendah bisa menghemat biaya, pula tak mengotori lingkungan. Menjadi perbandingan adalah kandungan abu gambut Indonesia tidak lebih dari 1%, sedangkan kandungan abu gambut dari Finlandia merupakan 6%.
Bahan gambut bisa diolah menjadi tenaga listrik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedesaan yng tak terjangkau oleh PLN serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk pabrik-pabrik bagi keperluan aneka jenis industri.
Pupuk yng berasal dari bahan gambut bisa dijadikan komoditi ekspor lantaran Amat diminati dunia internasional.
Sumber: Mempergunakan serta memanfaatkan Tanah Gambut, Penerbit: Dewi Kwan Indah
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/02/manfaat-dan-pengertian-tanah-gambut.html.

Seputar Manfaat Dan Pengertian Tanah Gambut

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Dan Pengertian Tanah Gambut