Obat Tradisional Radang Tenggorokan

- September 14, 2017

Obat Tradisional Radang Tenggorokan

 

Rasa sakit pada tenggorokan adalah gejala adanya penyakit pada saluran pernapasan. Di antaranya merupakan penyakit radang tenggorokan. Barangkali tidak sedikit yng menganggap bahwasanya ini merupakan penyakit sepele. Akan tetapi andai terus dibiarkan akan berakibat fatal.
Secara medis, radang tenggorokan merupakan suatu kondisi disaat tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini memicu tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, bunyi serak, batuk, gatal serta terasa sakit tatkala menelan.
Penyebab Radang Tenggorokan
Bakteri Streptococcus Pyogenes yng dikenal pula menjadi kelompok streptokokus A, adalah penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini Amat menular serta bisa menyebar melalui udara disaat Kamu batuk serta bersin. Selain itu, bakteri ini pula bisa menyebar melalui makanan, minuman, ataupun barang-barang yng telah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.
Gejala Radang Tenggorokan
Ciri-tanda umum yng muncul disaat seseorang mengalami radang tenggorokan, antara lain menjadi berikut:
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak serta berwarna merah. Terkadang ada bercak putih serta lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, malah air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, umumnya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri ataupun bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit serta terkadang disertai yang dengannya muntah
Itu adalah gejala paling umum berlangsung pada penderita radang tenggorokan. Namun mampu saja gejala yang telah di sebutkan adalah membuktikan dari penyakit lain.
Tatacara Mengobati Radang TenggorokanBerikut ini bahan-bahan alami yng mampu Kamu genakan menjadi obat radang tenggorokan tradisional:
1. Teh jahe
Kamu mampu menambahkan satu inci potong jahe yng dimemarkan lantas rebus selama dua sampai-sampai menit. Lantas, campur yang dengannya teh yng sudah Kamu buat sebelumnya.
2. Teh chamomile
Teh chamomile Anget pula bisa mengurangi sakit tenggorokan lantaran mampu mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile yang dengannya satu cangkir air mendidih. Andai ingin mendapatkan rasa manis, Kamu mampu menambahkan madu.
3. Kumur yang dengannya campuran kunyit, air, serta garam
Ini merupakan obat rumahan yng Amat efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yng diharapkan pasti selalu tersedia di dapur Kamu. Campurkan satu sdt garam serta sejumput kunyit yang dengannya 200 ml air Anget lantas berkumurlah beberapa kali sehari.
4. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi serta minumlah air rebusannya. Ataupun cukup berkumur yang dengannya air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Kamu membaik.
5. Madu serta lemon
Minumlah secangkir air Anget yng dicampur yang dengannya satu sdm lemon serta satu sdm madu. Campuran ini dikenal menjadi obat ampuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk atasi sakit tenggorokan. Andai tak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air pula mampu mengurangi sakit tenggorokan lantaran madu merupakan antibiotik alami. Namun sebaiknya madu tak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.
6. Menghirup uap panas
Obat kuno bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi sakit tenggorokan merupakan menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lantas letakkan di depan Kamu. Pakailah handuk di kepala bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tidak cuma melalui hidung namun sesekali pula melalui mulut.
7. Konsumsi Sup
Tatkala tenggorokan sakit, umumnya kita akan susah makan serta menelan. Oleh lantaran itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yng Anget yang dengannya rasa tidak banyak agak asam. Itu tak cuma meringankan rasa sakit namun pula memastikan Kamu mendapatkan nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melawan peradangan.
8. Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan seperdua lemon) ke dalam segelas air Anget. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).
9. Makan bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan senyawa bernama allicin yng adalah agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih supaya mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.
10. Jus buah belimbing
Buah belimbing diluar dugaan mempunyai khasiat menjadi anti-radang yng mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati radang tenggorokan. Tatacaranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lantas dibuat jus serta diminum.
Mengobati Radang tenggorokan yang dengannya cengkeh
Cengkih ataupun cengkeh adalah satu dari sekian banyaknya bahan herbal yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk megobati sakit tenggorokan. Tatacara Membuatnya cukup gampang. Siapkan serbuk cengkih sebanyk 1-2 sendok teh serta 1/2 gelas air matang. Campurkan cengkih serta air,pergunakan campuran serbuk cengkeh serta air yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkumur. Cengkih memiliki sifat antibakteri serta anti radang yng bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/08/obat-tradisional-radang-tenggorokan.html.

Seputar Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Obat Tradisional Radang Tenggorokan