Buah Merah Papua Yang Bermanfat

- November 11, 2017

Buah Merah Papua Yang Bermanfat

 

Buah merah merupakan buah yng cuma didapati didaerah Papua serta new guenia. Buah merah yng mempunyai nama latin Pandanus conoideus Lamk, yng adalah satu dari sekian banyaknya tanaman dari genus Pandanus merupakan tanaman endemik Papua serta Papua Nugini. Tanaman buah merah ini dikatakan terdapat sampai-sampai 12 kultivar serta tersebar luas di daerah yang dengannya ketinggian sampai-sampai 2.300 dpl, semisal dilembah Baliem Wamena, dan daerah didaerah terpencil lain-lainnya di Papua semisal Arfak , Jayapura , serta pegunungan Bintang .
Potensi utama dari buah merah Di Papua secara tradisional dipakai menjadi sumber minyak nabati (minyak karotenoid ) oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng tinggal didaerah pegunungan serta pesisir. Minyak buah merah pula dipakai menjadi penyedap makanan pokok warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Papua, semisal sagu serta ubi jalar. Buah merah memiliki kandungan lemak yng cukup tinggi , yakni 35 % per berat kering . Kandungan asam lemak percis yang dengannya kandungan asam lemak dari minyak goreng pada biasanya. Yang dengannya demikian , buah merah pula mempunyai potensi menjadi sumber minyak nabati selain kelapa serta kelapa sawit.
Minyak buah merah berasal dari lapisan merah semisal jelly yng menempel pada bijinya . Produksi minyak buah merah sampai-sampai sejauh ini masih di lakukan yang dengannya metode tradisional, yng barangkali saja mampu berbeda dari satu daerah serta daerah lain di Papua .
Kandungan nutrisi Buah Merah
Buah merah memiliki kandungan omega – 3 , omega – 6 , serta asam lemak omega 9. Dari total seluruh kandungan lemak pada buah merah, yng paling secara umum dikuasai merupakan asam lemak oleat yang dengannya jumlah 30 % dari total lemak . Buah merah pula memiliki kandungan antioksidan semisal karotenoid yng cukup tinggi, dan vitamin E ataupun tokoferol 11,000-12,000 ppm . Mineral yng didapati dalam buah merah merupakan Fe , Mg , Ca , serta Zn .
Senyawa lain yng didapati dalam buah merah merupakan beta karoten, yang dengannya nilai sampai-sampai 12.000 ppm. Beta karoten diantaranya berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah kebutaan ( xerophtalmia ), dan penyakit gondok, serta pula bisa dipakai menjadi agen anti – kanker.
Pengolahan
Pengolahan buah merah bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil minyaknya secara tradisional sbb : buah dipanen yang dengannya dipotong, serta inti buah lantas dipotong menjadi potongan-potongan kecil (antara diameter 5-10 cm ) . Potongan-potongan yang telah di sebutkan lantas direbus yang dengannya suhu 100 deraja C supaya tekstur buah menjadi lembut. Lantas dileburkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan biji yang dengannya daging buah . Selanjutnya air mendidih yng tersisa dibuang sampai-sampai tersisa bagian yng lembek serta ditekan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh jus murni. Jus ini lantas direbus dalam panci ataupun wadah sampai-sampai minyak bisa diekstrak. Minyak akan terpisah dari air yang dengannya berada dibagian permukaan. Hasil ampas dari proses ekstraksi ini mampu dipakai menjadi saus . Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Papua mempergunakan serta memanfaatkan saus ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk makan ubi jalar ataupun sagu , yaitu makanan pokok orang-orang.
Minyak serta saus buah merah hasil ekstraksi ini mampu disimpan dalam botol yng ditutup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari minyak menjadi tengik. Umumnya Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Papua menyimpannya diatas perapian, supaya kualitas saus serta minyak buah merah tetap terjaga.Khasiat Buah merah
AIDS
Dikatakan bahwasanya buah merah bisa mengobati HIV, meskipun belum pernah mendengar adanya penelitian yng di lakukan. Hal ini dimungkinkan lantaran buah merah memiliki kandungan tokoferol serta betakaroten yng Amat tinggi. Semisal yng diketahui bahwasanya konten yang telah di sebutkan diatas bisa bertindak menjadi antioksidan, yng bisa menaikan system kekebalan tubuh. Penyakit HIV merupakan penyakit yng penyebabnya yaitu oleh virus yng merontokkan system kekebalan tubuh.
Kanker serta Tumor
Buah merah barangkali pula bisa mengobati kanker, lantaran kandungan tokoferol yng Amat tinggi(11.000 ppm) serta betakaroten (7000 ppm ). Kedua senyawa ini akan bertindak menjadi antioksidan, serta akan menaikan system kekebalan tubuh menjadikan salah satunya akan mencegah penyebaran sel kanker .
Stroke serta Tekanan Darah
Stroke serta darah tinggi merupakan penyakit yng awal mulanya penyebabnya yaitu oleh penyempitan pembuluh darah ataupun penggumpalan darah . Buah merah yng memiliki kandungan tokoferol ini bisa mengencerkan darah, menjadikan sirkulasi darah meningkat serta tekanan darah menjadi normal kembali.
Asam Urat
Asam urat bisa berlangsung lantaran adanya masalah pada fungsi lever, menjadikan memproduksi asam urat secara berlebihan. Kelebihan Asam urat akhirnya mengendap serta mengumpul pada persendian serta memicu gejala sakit . Tokoferol dalam buah merah bisa membantu mengencerkan darah serta memperbaiki system kerja dari hati. Yang dengannya demikian hati akan memproduksi asam urat dalam jumlah yng normal kembali.
Diabetes Mellitus ( DM )
Penyakit jenis ini penyebabnya yaitu lantaran kelenjar pankreas yng tak bisa atau mampu lagi memproduksi insulin dalam jumlah yng cukup . Akibatnya , kandungan gula dalam darah meningkat .Kandungan tokoferol dalam buah merah akan membantu kerja pankreas, menjadikan fungsi pankreas menjadi normal kembali .
Osteoporosis
Penyebabnya yaitu oleh keropos tulang , osteoporosis biasanya penyebabnya yaitu lantaran kekurangan kalsium pada orang berusia tua. Buah merah kaya akan kalsium, menjadikan mampu mencegah serta membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati osteoporosis.
Gangguan mata
Beta – karoten tinggi yng terdapat dalam buah merah akan membantu mengatasi macam-macam jenis penyakit mata, yng biasanya penyebabnya yaitu oleh kekurangan vitamin A. Beta – karoten merupakan senyawa yng diserap oleh tubuh yng diolah menjadi vitamin A.
Menaikan Gairah serta Kesuburan
Yang brkhasiat dalam hal ini tidak lain merupakan adanya Vitamin E (tokoferol) yng Amat tinggi dalam buah merah. Vitamin E bisa menaikan kesuburan Lelaki yang dengannya tips membantu menaikan produksi sp*rm* . Selain itu, buah merah pula memiliki kandungan kalori tinggi yakni 360 kalori, menjadikan akan menaikan gairah dan vitalitas fisik Kita sepanjang hari .

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/buah-merah-papua-yang-bermanfat.html.

Seputar Buah Merah Papua Yang Bermanfat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Buah Merah Papua Yang Bermanfat