Manfaat Dan Khasiat Budidaya Pohon Pinang

- Agustus 10, 2017

Manfaat Dan Khasiat Budidaya Pohon Pinang

 

Pada daun pohon biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati semisal :
  • Sakit pinggang
  • Serta minimnya nafsu makan

Pada sabut pinang berguna pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati semisal :
  • Kasih-beri
  • Serta gangguan pencernaan

Sedangkan pada biji pinang bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati semisal :
  • Penyakit malaria
  • Diare
  • Serta cacingan

Yang dengannya banyaknya manfaat serta fungsi, pada tanaman ini mempunyai value yng cukup besar sekali menjadi komoditi usaha dipasar. Nah berikut ini dia tahapan budidaya pinang yng butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk disimak apa sajakah lihat dibawah ini.
Memilih Tempat asal Tumbuh Pohon Pinang
Andaikan ingin membudidayakan pohon pinang, hal pertama yng di lakukan adalah yang dengannya menyediakan tempat tumbuh yng sesuai. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih lahan yng sesuai sangatlah berpengaruh bagi pertumbuhan pohon pinang secara optimal. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan yng paling sesuai bagi pohon pinang merupakan :

  • Lahan dataran rendah, berkisar antara 600 hingga 1000 meter diatas permukaan laut
  • Butuh iklim yang dengannya curah hujan
  • Mempunyai kelembaban yng tinggi
  • Pada tanah yang dengannya tingkat keasaman yng berkisar antara 4 – 8 pH
  • Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyinaran selama 6 – 8 jam perhari supaya batang pohon lebih kuat dan tanaman tak mencuat terlalu tinggi.
  • Menumbuhkan Kecambah Pinang

Proses selanjutnya yng butuh di lakukan seusai mempunyai lahan adalah menuai biji-biji pohon pinang yang telah di sebutkan supaya menjadi kecambah. Lantas tanamlah biji pinang ke dalam tanah lahan kamu yang dengannya sedalam 1/2 meter yang dengannya mempunyai jarak yng merapat antara satu biji yang dengannya yng lain-lainnya. Lantas siramlah biji yang telah di sebutkan dua kali sehari yaitu setiap pagi serta sore harinya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk butuh diketahui jangan paparkan biji kepada sinar matahari langsung, buatlah pelindung ataupun semacam payung bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menjaga pertumbuhan biji pinang yang telah di sebutkan. Selanjutnya jauhkan lahan perkecambahan dari gangguan hama ataupun gulma yang dengannya tips memagari lahan yang telah di sebutkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlangsungnya proses ini tidak lebih lebih selama 1.5 sampai-sampai 2 bulan.Tahap Pembibitan Pinang
Tahapan selanjutnya seusai kamu menjumpai lahan yng sesuai, selanjunya adalah melakukan pembibita. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan ada dua tahap utama pada pohon pinang yakni :
  • Tahap pertama adalah yang dengannya menyiapkan polybag yang dengannya mempunyai ukuran tinggi 15 cm, lantas berikan lubang pada bagian bawahnya serta isi yang dengannya tanah tidak lebih lebih 2/3 bagian. Lantas tanam bibit pada polybag yang telah di sebutkan serta tunggu sampai-sampai tanaman telah mencapai umur 5 bulan.
  • Tahap kedua adalah yang dengannya melakukan pemindahan bibit pinang diatas ke dalam polybag yng baru yng mempunyai volume 6 kg serta sudah diisi tanah subur hingga 2/3 bagian. Lantas jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiram serta memberikan pupuk tipe NPK yang dengannya dosis sekitar 20 gram per polybag.

Penanaman Serta Pemanenan Pinang
Bila bibit pinang sudah tumbuh yang dengannya sehat, maka telah saatnya mengalihkan polybag yang telah di sebutkan ke lahan kamu. Supaya penanaman lahan pinang terlihat rapi serta optimal, yng Perlu di lakukan upaya pemancangan dan penanaman bamboo ajir di sekeliling tanaman yang telah di sebutkan. Hal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan jarak di tiap-tiap pohon supaya tak saling dempet. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk buah pinang sendiri bisa dipanen seusai mencapai umur 3 tahun. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pemupukan selama dua kali setahun supaya pohon pinang tetap menghasilkan buahnya. Bila tumbuh yang dengannya benar, pada satu pohon pinang bisa atau mampu menghasilkan panen sekitar 20 kg setiap bulannya. Pohon pinang yang telah di sebutkan andai dirawat yang dengannya baik maka akan memapu bertahan hingga 150 tahun.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/manfaat-budidaya-pohon-pinang.html.

Seputar Manfaat Dan Khasiat Budidaya Pohon Pinang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Dan Khasiat Budidaya Pohon Pinang