Budidaya Anggur Dan Cara Menanam Anggur Yang Baik

- September 08, 2017

Budidaya Anggur Dan Cara Menanam Anggur Yang Baik

 
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari buah tanaman anggur maka kita Perlu mengetahui hal-hal apa saja yang mendorong perkembangan tanaman yang telah di sebutkan agar bisa tumbuh yang dengannya sempurna. Di bawah ini akan dibahas beberapa hal yang penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya anggur dan tips menanam anggur.
Iklim
Tanaman anggur Amat baik andaikan di tanam di daerah yang mempunyai ketinggian tanah yang tak terlalu tinggi di atas permukaan laut, semisal di tepian pantai yang mempunyai musim kemarau yang cukup panjang antara 4-7 bulan.
Hal-hal bisa memberi pengaruh tanaman anggur yang cukup besar pengarunya yakni, angin yang terlalu kencang Amat tak bai, curah hujan yang baik merupakan 800 mm/tahun, sinar matahari yang tidak sedikit ataupun udara kering Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan vegetative dan pembuahan, dan suhu yang Perlu stabil adalah 31°C pada siang hari, dan 23°C bagi atau bisa juga dikatakan untuk suhu malam hari yang dengannya kelembaban udara 75%-80%.
Media Tanam
Media tanam yang baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman anggur adalah tanah yang memiliki kandungan pasir, lempung, gembur, subur, dan banyyak memiliki kandungan humus dan unsure hara yang dibutuhkan tanaman anggur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk derajat keasaman anggur yakni 7 (netral).
Ketinggian Tempat
Tanaman anggur akan tumbuh yang dengannya baik andaikan ditanam di daerah yang mempunyai ketinggian tanah 5-1000 m dpl. Ketinggian tanah yang baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanama anggur jenis Vitis vinifera, yakni 1-300 m dpl. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis Vitis labrusia, yakni 1-800 m dpl.
cara Budidaya anggur, budidaya anggur, cara menanam anggur
Persiapan Benih
Benih bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman anggur bisa diperoleh yang dengannya dua tips, generative (biji) dan vegetatif semisal, cangkok, setek cabang, setek mata, dan penyambungan. Akan tetapi pengadaan bibit anggur yang cukup gampang yakni yang dengannya setek. Bibit setek yang baik memiliki tanda menjadi berikut:
  1. Panjang setek sekitar 25 cm
  2. Yang terdiri dari 2-3 ruas dan diambil dari pohon induk yang telah berumur diatas satu tahun.
  3. Bentuknya bulat berukuran sekitar 1 cm
  4. Kulitnya berwarna cokelat muda dan cerah yang dengannya bagian bawah kulit berwarna hijau, berair, dan bebbas dari noda-noda hitam
  5. Mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yang tak sehat ukurannya kecil dan ujungnya tampak memutih semisal kapuk.
Bibit dari setek yang akan ditanam Perlu telah mempunyai akar yang cukup panjang, yakni sekitar 10 cm dan sudah mempunyai dua lembar daun yang sudah berkembang penuh.
Cara Menyemai Benih
Dibawah ini tips menyemai benih yang berasal dari benih vegetative (setek) :
  1. Ranting yang akan disetek dipilih yang telah berwarna cokelat yang dengannya ukuran kira-kira sebesar pensil. Lantas, ranting yang telah di sebutkan di potong-potong. Setiap potong ranting terdiri atas tiga tunas.
  2. Bibit di semai berlebi dahulu di dalapot ataupun di tempat lain, yang dengannya waktu lima hari
  3. Lantas pindahkan bibit pada media semai yang lebih besar ataupun memakai polybag yang dengannya media tanam tanah, pupuk sangkar, dan pasir yang dengannya perbandingan 1 : 1 : 1.
  4. Seusai daun sudah mengembang sempurna, polybag mampu dipindahkan ke tempat yang di kenai sinar matahari
  5. Selama dalam persemaian tanaman anggur siram sehari-hari, namun jangan hingga airnya menggenang. Penyemaian diletakan di tempat teduh dan lembab cuma waktu dua bulan. Selama dua bulan umumnya tanamman anggur akan tumbuh dan berakar tidak sedikit menjadikan siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam
  6. Penanaman pada lahan terbuka di lakukan pada awal musim kemarau

Langkah-langkah tips memper oleh bibit yang dengannya dicangkok:
  1. Sediakan media cangkok yang terdiri dari pasir dan pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1 : 1
  2. Pilih ranting yang akan dicangkok yang telah berwarna cokelat, yang dengannya ukuran jari kelingking, dan lurus
  3. Lantas ranting dikupas dengann panjang 3 cm
  4. Bersihkan lender yang menempel pada ranting dan biarkan hingga mongering. Seusai kering bunkus yang dengannya media cangkokak yang dengannya ukuran segengam tangan, balutan bungkus yang dengannya plastic bening dan ikat denga raffia
  5. Dua minggu setalah pencangkokan akar telah mulai tumbuh. Dan dua minggu selanjutnya cangkokan telah bisa di potong
  6. Lantas cangkokan tanam di polybag yang berukuran 20 cm x 20 cm selama dua minggu. Yang dengannya media tanam pasir, pupuk sangkar ataupun humus yang dengannya perbandingan 1 : 1
  7. Sebelum dipindahkan ke dalam polybag, plastic pembungkus cangkokan di sayat-sayat supaya akar dalam cangkokan tak terhambat pertumbuhannya
  8. Polybag ini sehari-hari Perlu disiram dan simpen di tempat teduh selama dua minggu. Seusai itu cangkokan siap di tanam di lahan terbuka ataupun kebun

Pengolahan Lahan ataupun Kebun
Lahan pertama-tama dibersihkan , lantas cangkul lahan agar bisa gembur dan subur, pH bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman anggur Perlu normal (tak terlalu asam taupun tidak lebih), buat jarak tanam yang dengannya ukuran 60 x 60 cm. biarkan lubang tanam agar bisa di kenai sinar matahari selam 2-4 minggu. Jangan hingga lahan ini terhalang oleh pohon lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh sinar matahari yang penuh.
Cara Menanam Anggur dan Memeliharanya

Setiap bibit sediakan ajir agar bisa tanaman anggur bisa merambat ke atas, dan sediakan pula penopang ataupun hamparannya di atas yang dengannya ketinggian 2 m.
1. Penyulaman dan Penjarangan
Penyulaman di lakukan andaikan ada tanaman yang mati ataupun sakit, maka Perlu segera diganti. Pemeriksaan ini dalukan sehari-hari pada tatkala penyiraman di lakukan supaya tanaman anggur dapt tumbuh sempurna.
Penjarangan dialkukan seusai tanaman anggur mulai berbuah, hal ini Amat penting di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yang mempunyai kualitas. Buah yang dibuang yakni buah yang mempunyai tanda menjadi berikut, bertangkai panjang, bentuknya tak sempurna, berada di sebelah dalam, dan buah terbentuk tanpa adanya persarian.
Penjarangan di lakukan dua kali, tahap pertama di lakukan pada tanaman berumur satu bulan seusai ada pentil dan tahap kedua di lakukan dua minggu seusai penjarangan tahap pertama.
Supaya kualitas buah tetap terjaga butuh di lakukan pembrongsongan (pembungkusan) buah. Pemberongsongan di lakukan andaikan dalam satu dompel (setangkai) terdapat dua ataupun tiga buah yang telah masak. Pembungkusan mampu memaskai kertas semen ataupun karton.
2. Pennyiangan
Penyiangan di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebersihan lingkungan tanaman dari tanaman pengganggu ataupun gulma. Dan pupuk yang diberikan tak diambil tanaman pengganggu.
3. Perempalan
Perempalan adalah tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang tunas yang tak butuh dan membiarkan satu tunas yang baik menjadi batang pokok, perempalan dibagi dua ada perempalan bentuk dan perempalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuahan.
4. Pemupukan
Ada dua masa pemupukan, yakni menjadi berikut:
  • Pemupukan tanaman muda (0-1 tahun), umur 0-3 bulan, 10 gram urea di lakukan 10 hari sekali, umur 3-6 bulan, 15 gram urea di lakukan 15 hari sekali, umur 6-12 bulan, 50 gram urea. Cara pemberian pupuk yang dengannya larikan melingkar sekeliling tanaman yang dengannya diameter 10-20 cm.
  • Pemupukan tanaman dewasa (1 tahun – seterusnya), umur 21 hari sebelum perempalan 5 kaleng pupuk sangkar, umur 11 hari sebelum perempalan 80 gram TSP ataupun 100 gram ZK, umur 7 hari sebelum perempalan 100 gram urea.

5. Pengairan dan Penyiraman
Hal yang butuh diperhatikan dalam penyiraman adalah, tanaman tak suka genangan air, tanam anggur butuh pengairan mulai dari penanaman hingga pemangkasan, menjelang pemangkasan pemberian air dihentikan, seusai pemangkasan, 2-3 hari sebelumnyadiberi air kembali sammpai ujung ranting, pemberian air diberikan hingga buahnya hampir masak. Seusai buah mulai tua, pemberian air dihentikan supaya buah tak pecah dan busuk.
6. Penyemprotan Pestisida
Penyemprotan insektisida di lakukan unyuk mencegah hama yang mengganggu tanaman anggur. Penyemprotan insektisida Perlu dihentikan 15 hari sebelum masa panen.
7. Pengaturan Bunga
Seusai dua minggu pemangkasan pembuahan, cabang tersieryang baru tumbuh akan mengeluarkan sulu-sulur pembentukan bunga yang keluar darimata ke 3,4, dan 5. Andai ada cabang tersier yang tak mengeluarkan sulur, bisa diadakan pemotongan kembali yang dengannya mengabaikan atau meninggalkan mata tunas.
Hal ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pertumbuhan sulur. Cabang tersier yang baru muncul disisakan satu sulur saja supaya menghasilkan rangkaian bunga yang besar dan buahnya bermutu tinggi.
Dibalik tampilan buah anggur yang kecil dan menarik diluar dugaan mempunyai maanfaat yang luar biasa bagi tubuh kit, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terang apa saja manfaat buah anggur, kamu mampu di postingan sebelumnya manfaat buah anggur.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/Budidaya-Anggur-dan-Cara-Menanam-Anggur-yang-Baik.html.

Seputar Budidaya Anggur Dan Cara Menanam Anggur Yang Baik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Anggur Dan Cara Menanam Anggur Yang Baik