Teknik Tepat Pengolahan Tanah Dengan Cangkul Atau Pacul

- September 12, 2017

Teknik Tepat Pengolahan Tanah Dengan Cangkul Atau Pacul

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html
Cangkul ataupun Pacul merupakan satu jenis alat pertanian tradisional yng dipakai dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian. Cangkul dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggali maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk meratakan tanah.
Cangkul masih dipakai menjadikan masa ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan kerja-kerja menggali yng ringan di kebun maupun di sawah. Alat ini adalah elemen penting dalam bidang pertanian lebih-lebih pertanian ladang kering.
Cangkul dibuat dari baja menjadikan alat ini sangatlah kuat. Cangkul ataupun Pacul adalah gabungan dari bawak serta pacul itu sendiri. Bawak adalah bagian kepala ataupun bagian atas dari cangkul. Sedangkan pada bagian landepan ataupun bagian bawahnya Suka kita sebut yang dengannya pacul pula.
lihat pula : PERALATAN DAN MESIN PENGOLAHAN PANEN PADI
Pada bagian kepala terdapat lubang yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipasangi garan pacul ataupun Suka disebut doran. Yang dengannya dipasangnya doran akan mempermudah dalam mempergunakan alat cangkul ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terang mengenai alat pertanian cangkul mampu dilihat pada gambar di bawah ini.
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html
Gambar : Cangkul ataupun Pacul
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html
Gambar : Pacul serta Bawak
Awal mulanya pekerjaan mencangkul berat, akan tetapi sesudah mengetahui teknik mencangkul yng tepat, akhirnya mencangkul mengolah tanah menjadi pekerjaan yng menyenangkan.
Mencangkul adalah teknik dasar dalam mempersiapkan media tanah yng optimal bagi pertumbuhan tanaman.
Yang dengannya mencangkul manual kita mampu belajar melihat lebih dekat bagaimana struktur serta tekstur tanah.
Memilih teknik pengolahan yng tepat, cukup yang dengannya cangkul manual ataukah butuh pengolahan teknis semacam traktor. Ya kuliah kan tempat kita belajar memilih yang dengannya pilihan tepat.
Sebetulnya cara mencangkul yng mampu meringankan pekerjaan Amat simpel.
  • Mencangkul yang dengannya jalan ke depan, bukan jalan mundur. Hal ini akan Amat membuat mudah kita dalah mengambil tanah pada bagian paling pinggir, menjadikan mata cangkul akan mengenai tanah yng paling ringan.
  • Suka-seringlah membersihkan tanah yng menempel di bagian mata cangkul. Makin tebal tanah yng menempel di bagian mata cangkul, maka makin berat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengayunkan cangkul, selain itu tanah yng menempel membuat mata cangkul menjadi tak tajam.
  • Gunakanlah baju lengan panjang, serta penutup kepala bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga tubuh dari sengatan panas matahari.


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/teknik-tepat-pengolahan-tanah-dengan.html.

Seputar Teknik Tepat Pengolahan Tanah Dengan Cangkul Atau Pacul

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Tepat Pengolahan Tanah Dengan Cangkul Atau Pacul