Teknik Cara Budidaya Tanaman Kapas

- November 19, 2017

Teknik Cara Budidaya Tanaman Kapas

 
Kapas merupakan jenis tanaman semak yng asalnya dari daerah beriklim subtropika serta tropika. Kapas, selama ribuan tahun dimanfaatkan oleh kita-kita menjadi bahan baku di dalam industry tekstil. Tanaman kapan memiliki sekitar 39 species namun cuma 4 spesies saja yng dibudidayakan, yaitu Gossypium barbadense, Gossypium herbacium L, Gossypium hersutum L serta Gossypium arberium L. Budidaya tanaman kapas tergolong cukup menjanjikan lantaran permintaan akan kapas terus meningkat dari tahun – ke tahun. Bagi Kamu yng tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya, berikut ada tatacara singkat wacana bagaimana membudidayakan tanaman kapas.
Budidaya Tanaman Kapas

Teknik Penanaman Kapas


1. Lahan
Kapas butuh tanah yng rata, dekat sumber air, tak tergenang air serta gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk diawasi. Andai telah memiliki lahan yng sekiranya ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kapas, maka langkah selanjutnya merupakan membersihkan, meratakan, membuat plot, bumbunan dan saluran drainase.
Plot yng dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman kapas berukuran 3X2 m yang dengannya tinggi sekitar 30 cm. sesudah plot tersusun, maka tanah Perlu digemburkan lagi. Selanjutnya kasih pupuk yang dengannya takaran 1 sak per plot dan kapur dolimit sebanyk 2 kg per plot. Balikkan kembali tanah yng telah dipupuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas membuat jarak tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas basahi yang dengannya air. Jarak tanam yng dianjurkan merupakan 80X50 cm.
2. Teknik penanaman
Proses penanaman kapas memakai system penunggalan yang dengannya kedalam sekitar -3 cm. di sekeliling lubang tanam, berikan furadan serta dungisida yang dengannya takaran 20 gr bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap plot dan sp36 yang dengannya takaran 90gr per plot serta KCL sebanyk 60gr per plot menjadi pemupukan dasar. Masukkan 2 sampai-sampai 3 buah benih ke dalam lubang tanam.
3. Pemeliharaan
Sesudah berumur satu minggu, benih kapas akan mulai tumbuh. Andai didapati benih yng tak tumbuh, maka hendaknya di lakukan penyulaman yang dengannya benih baru sebelum berumur 10 hari. Hal yang telah di sebutkan supaya nantinya proses pemeliharaan yng di lakukan lebih gampang, teruta ajika tanaman telah tidak banyak meninggi.
Andai terdapat tidak sedikit tanaman pengganggu ataupun gulma di sekeliling tanaman kapas, dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiangan secara teratur mempergunakan koret ataupun cuma sekadar mencabutinya.
4. Pembubunan ataupun penutupan
Pembubunan adalah teknik penutupan akar yng timbul yang dengannya mempergunakan tanah. Teknik ini di lakukan supaya tanaman mempunyai akar yng kuat.
5. Penjarangan
Penjarangan bisa di lakukan andai tanaman kapas telah mencaspai usia 2 minggu. Pada tatkala melakukan penjarangan, cabut tanaman kapas yng dirasa tidak lebih mempunyai kualitas.
6. Penyiraman
Penyiraman tanaman kapas di lakukan yang dengannya teratur 2 sampai-sampai 3 kali sehari, dari mulai tatkala masa tanam sampai-sampai panen.
7. Pemupukan
Pemupukan tanaman kapas di lakukan yang dengannya mempergunakan pupuk urea yang dengannya takaran 100 kg per hektar, TSP sebanyk 100 kg per hektar, KCL sebanyk 50 kg per hektar dan pupuk ZA sebanyk 50 kg per hektar. Pemupukan mempergunakan urea di lakukan tatkala tanaman berusia 40 hari.
8. Pengendalian hama serta penyakit tanaman
Hama dan penyakit yng menyerang tanaman kapas biasanya mampu meledak akibat faktor alam. Beberapa jenis hama dikenal Suka menyerang tanaman ini, di antaranya belalang, earis vitelli, aphis sp serta emphoasca. Hama – hama yang telah di sebutkan mampu dibasmi yang dengannya mempergunakan insektisida semisal Dupol 6cc/liter. Buldok 2 cc/liter serta Decis 4 cc/liter.
Beberapa jenis penyakit tanaman pula diketahui Suka menyerang tanaman kapas, di antaranya merupakan puru akar yng mampu memicu tanaman layu serta mati.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/10/teknik-budidaya-tanaman-kapas.html.

Seputar Teknik Cara Budidaya Tanaman Kapas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Cara Budidaya Tanaman Kapas