Tumbuhan Yang Sudah Langka Di Indonesia

- November 10, 2017

Tumbuhan Yang Sudah Langka Di Indonesia

 
Kekayaan Indonesia tak butuh diraguan lagi. Baik dari flora serta fauna, Indonesia Amat kaya akan hal itu. Akan tetapi, seiring bertambahnya waktu keberadaan ataupun jumlah dari hewan ataupun tumbuhan yng ada di Indonesia makin berkurang serta tidak banyak. Tentu andai berlangsung terus-menerus, bukan tak barangkali suatu jenis flora ataupun fauna mengalami kepunahan.
Di bawah ini merupakan TUMBUHAN YANG SUDAH LANGKA DI INDONESIA
1. Raflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu, memiliki ukuran yang dengannya diameter bunga yng hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal yang dengannya sebutan bunga bangkai lantaran mengeluarkan bau busuk yng menyengat. Bau busuk yng dikeluarkan oleh bunga dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik lalat yng hinggap serta membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit yng memerlukan inang bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidupnya. Tatkala ini kondisi tempat asli Raflesia Arnoldi Amat memprihatinkan menjadikan jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya tempat asli bunga yang telah di sebutkan di antaranya penyebabnya yaitu kegiatan kita-kita semisal pembukaan wilayah hutan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan pertambangan, pertanian, ataupun permukiman.
2. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai raksasa ataupun suweg raksasa ataupun batang krebuit (nama lokal bagi atau bisa juga dikatakan untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc., adalah tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra, Indonesia, yng dikenal menjadi tumbuhan yang dengannya bunga (majemuk) terbesar di dunia. Nama bunga ini berasal dari bunganya yng mengeluarkan bau semisal bangkai yng membusuk, yng dimaksudkan sebetulnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk berusaha mendatangkan kumbang serta lalat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerbuki bunganya.
3. Kantong Semar

Kantong semar adalah jenis tanaman langka karnivora. Sewaktu daun masih muda, kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Kemudian, membuka disaat telah dewasa. Akan tetapi bukan berguna kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Ia menutup diri disaat tengah mengganyang mangsa. Tujuannya agar bisa proses pencernaan berjalan lancar serta tak diganggu kawanan musuh yng siap merebut makanan yng telah ia peroleh.
4. Damar

Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar merupakan satu dari sekian banyaknya jenis pohon potensial yng memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya mampu mencapai 60 m serta dimeternya 2 m.
5. Cendana

Cendana ataupun cendana wangi, adalah tanaman langka penghasil kayu cendana serta minyak cendana. Kayunya dipakai menjadi rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, dan sangkur keris (warangka). Cendana merupakan tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhannya, lantaran perakarannya sendiri tak sanggup mendukung kehidupannya. Lantaran prasyarat ini dia cendana sukar dikembangbiakkan ataupun dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini Amat langka serta harganya Amat tidak murah. Kayu cendana dianggap menjadi obat pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yng Amat tidak murah dalam bentuknya yng murni, dipakai lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyembuhan tatacara Ayurveda, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan rasa cemas.
6. Bulian

Diameter batang mencapai 95 cm yang dengannya tinggi pohon hingga yang dengannya 36 m. Tumbuh pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Umumnya tumbuh di daerah lereng perbukitan yang dengannya tanah berpasir. Umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk konstruksi berat lantaran sifatnya yng kuat serta tahan lama. Tersebar di Kalimantan, Maluku, Sumatera serta Malaysia.
7. Anggrek Tebu

Anggrek tebu adalah anggrek terbesar, paling besar serta paling berat diantara jenis-jenis anggrek lain-lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu bisa mencapai berat lebih dari 1 ton serta memiliki panjang malai sampai-sampai 3 meter yang dengannya diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya jenis tanaman langka ini layak menyandang predikat menjadi anggrek terbesar serta terberat ataupun anggrek raksasa.
8. Jelutung

Jelutung ataupun jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) merupakan spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini bisa tumbuh sampai-sampai 60 meter yang dengannya diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra serta bagian selatanThailand.
9. Bayur

Tanaman langka indonesia ini mempunyai nama daerah balang, wadang, walang,serta wayu. Bayur merupakan jenis tanaman langka yng mempunyai kualitas kayu tidak jelek alias bagus.
10. Tengkawang

Tengkawang merupakan nama buah serta pohon dari genus Shorea yng buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang cuma terdapat di pulau Kalimantan serta sebagian kecil Sumatra. Dalam bahasa Inggris, jenis tanaman langka ini dikenal menjadi Illepe Nut ataupun Borneo Tallow Nut. Pohon yng terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/tumbuhan-yang-sudah-langka-di-indonesia.html.

Seputar Tumbuhan Yang Sudah Langka Di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tumbuhan Yang Sudah Langka Di Indonesia