Ciri-ciri Tanaman Jagung | Klasifikasi, Jenis, Dan Asal Usul Jagung

- Desember 04, 2017

Ciri-ciri Tanaman Jagung | Klasifikasi, Jenis, Dan Asal Usul Jagung

 
Sejarah Tanaman Jagung
Tanaman jagung telah dikenal sejak lama yakni pertama kali oleh bangsa Indian Amerika sekitar tahun 1779. Jagung adalah tanaman yng bisa hidup di daerah yng beriklim tengah hingga beriklim panas.
Dahulu jagung merupakan makanan pokok bagi orang miskin, demikian pendapat dari buku harian Columbus menjadi penemu benua Amerika.
Ciri-ciri Tanaman Jagung,  klasifikasi tanaman jagung, jenis jenis tanaman jagung, sejarah tanaman jagung, makalah tanaman jagung
Akan tetapi, saat ini telah tersebar dan dikenal diseluruh belahan dunia. Apalagi saat ini miskin tidak sedikit jenis makanan yng adalah olahan dari jagung ini, baik dalam keadaan utuh, dipecah maupun digiling menjadi tepung.
Jagung tak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi kita-kita namun pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi kita-kita namun pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi trenak menjadi penguat selain hijauan dan macam-macam umbi-umbian. Penguat ini dibutuhkan pada tatkala ternak bunting, menyusui pula pada tatkala masa pertumbuhan.
Jagung ada bermacam-macam jenisnya, dan masing-masing mempunyai sifat khas tersendiri. Dari sekian tidak sedikit jenis jagung, ada jenis jagung yng ramai sekali penggemarnya yakni jagung manis.
Jagung manis mula-mula dikenal di Indonesia baru awal tahun 1980 dalam bentuk kalengan yng meruapakn bahan impor dari luar negeri.
Akan tetapi saat ini telah bisa dijumpai dimana-mana yang dengannya gampang, baik dipasar tradisional, maupun disupermarket.
Meskipun mula-mula cuma dicoba ditanam dalam lahan yng kecil/sempit dahulu, diluar dugaan sukses yang dengannya baik, maka saat ini warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia telah tidak sedikit yng bertanam jagung jenis ini.
Malah Negara kita saat ini telah salah satunya Negara yng mengekspor jagung manis ke banyak sekali Negara.
Jagung manis enak dimakan yang dengannya tips direbus, dibakar, dijadikan asinan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat bakwan jagung, dan kue basah yng lain. Lantaran banyaknya jenis olahan ini maka semakin tidak sedikit kebuthan akan jagung ini, salah satunya permintaan dari luar negeri.
Pembagian terstruktur mengenai
Pembagian terstruktur mengenai ataupun pengelompokkan mahluk hidup, khususnya pada dunia tumbuhan paad prinsipnya mempunyai tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk hal-hal menjadi berikut:
1. Supaya kita lebih gampang mengenal satu dari sekian banyaknya jenis tumbuhan ataupun beberapa tumbuhan yng lain.
2. Supaya kita lebih gampang mempelajarinya, karena denagn mengetahui kelompoknya kita bisa mengenal cirri-cirinya.
Sedangkan dasar pengelompokkan ataupun pembagian terstruktur mengenai mahluk hidup merupakan:
1. Adanya persamaan yng dimiliki antara tumbuhan yng satu yang dengannya yng lain, misalnya orang-orang mempunyai persamaan, maka orang-orang akan dijadikan satu kelompok.
2. Adanya perbedaan yng dimiliki tumbuhan yng memicu orang-orang masuk pada kelompok yng berbeda.
Tingkat pengelompokkan antara dunia hewan dan dunia tumbuhan ada tidak banyak perbedaan yng terdapat atau terletak pada nama tingkat pengelompokkan yng tertinggi, yakni:
1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk dunia hewan tingkat pengelompokkan yng tertinggi merupakan filum.
2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk dunia tumbuhan tingkat pengelompokkan yng tertinggi merupakan Divisio.
Ciri-ciri tanaman jagung yng bisa diamati dari luar merupakan:
  • Adalah jenis tumbuhan yng berbunga menjadikan salah satunya antophyta.
  • Jagung berkembang yang dengannya biji menjadikan disebut spermatophyte.
  • Biji tanaman jagung berkeping satu, menjadikan salah satunya dalam kelas tumbuhan berkeping satu ataupun monokotildone.
  • Akar tanaman jagung berbentuk serabut, yng kecil-kecil semisal rambut.
  • Batangnya tak mengalami pertumbuhan sekunder lantaran tak berkambium menjadikan tak bisa tumbuh membesar, cuma tumbuh memanjang.
  • Daunnya berbentuk pita tipis dan panjang.
  • System penulangan pada daunnya merupakan lurus ataupun sejajar semisal halnya tebu,alang-alang.
  • Bunga tanaman jagung kecil dan ringan yang dengannya serbuk sari yng jumlahnya Amat tidak sedikit, menjadikan penyerbukan yng berlangsung Suka karean bantuan angin.
  • Jenis jagung ada bermacam-macam, demikian pula yang dengannya manfaat dari jagung pula bermacam-macam.
  • Tanaman jagung cocok tumbuh di daerah panas/tropis.
  • Tanah yng subur yang dengannya tidak sedikit unsure organic merupakan tempat hidup jagung yng baik.
  • Jagung bisa tumbuh yang dengannya maksimal pada tanah yng derajat keasamannya 5 hingga 8.
  • Umumnya tempat asli jagung dilahan yng kering, tidak lebih cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yng terdapat air yng menggenang. Akan tetapi pula bisa ditanam disawah yng ada irigasinya dan sawah tadah hujan.
  • Jagung bisa dipanen 3 kali dalam setahun. Umur rata-ratanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap kali panen merupakan 120 hari.

Keanekaragaman tanaman
Semisal yng sudah dikemukakan pada bagian terdahulu, tanaman jagung yng adalah satu dari sekian banyaknya jenis tumbuhan monokotil/tumbuhan yng berbiji satu mempunyai jenis yng bermacam-macam.
Jenis-macam jagung
1. Jangung komposit lamuru
Merupakan varietas jagung yng toleran pada lahan yng kering. Tidak sedikit dibudidayakan diGorontalo dan NTB.
2. Jagung sukmaraga
Merupakan varietas jagung yng toleransi terhadap keasaman tanah. Tidak sedikit dikembangkan di Sumatra, Kalimantan dna Sulawesi yng tidak sedikit daerah rawanya.
3. Jagung hibrida
Varietas jagung ini merupakan hasil perkawinan silang, antara lain semar-10 dan Bima-1 yng diproduksi oleh swasta nasional di Blitar Jawa timur.
4. Jagung bisi
Jagung bisi merupakan satu dari sekian banyaknya varietas jagung yng diproduksi oleh perusahaan multinasional yng mempunyai kelebihan dalam hasil produksinya.
5. Jagung pioneer
Varietas jagung ini tidak sedikit dibudidayakan lantaran punya kelebihan dalam hasil produksi.
6. Jagung srikandi putih
Jensi jagung yng telah disyahkan badan Litbang Pertanian, lantaran telah mengalami penambahan asam amino menjadikan lebih lengkap, yakni asam amino lisin dan triptofan.
7. Jagung manis
Suka disebut sweet corn, jenis jagung ini rasanya ,manis, akan tetapi cepat mengalami perubahan kuaitas tertama pada masa pasca panen.
Sebetulnya amsih tidak sedikit lagi jenis jagung yng meruapakan hasil pembastaran/ perkawinan silang. Jagung jenis ini adalah hasil penemuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyempurnaan jensi jagung yng dirasakan masih mempunyai beberapa kekurangan.
Jenis-jenis jagung yang telah di sebutkan antara lain : jagung recol, jagung tipe genjah/yng berumur pendek, jagung arjuna. Jagung bisi 2, srikandi kuning, NK, Semar, komposit local, harapan, DMR, penjalinan, Kretek, metro, pandu, kumia putih dan masih tidak sedikit lagi jensi jagung yng baru yng adalah pengembangan teknologi.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/ciri-ciri-tanaman-jagung-klasifikasi-jenis-sejarah.html.

Seputar Ciri-ciri Tanaman Jagung | Klasifikasi, Jenis, Dan Asal Usul Jagung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ciri-ciri Tanaman Jagung | Klasifikasi, Jenis, Dan Asal Usul Jagung