Mengenal Tanaman Kari

- Januari 27, 2018

Mengenal Tanaman Kari

 

Tumbuhan renek ini berasal dari keluarga Rutaceae serta dari spesies Murraya koeniggi, mengeluarkan daun-daun kecil berwarna hijau. Daun kari ini umumnya memberikan manfaat serta memiliki kegunaan menambah bau harum masakan serta warga atau juga bisa dikatakan masyarakat India tidak sedikit mengkonsumsi daun kari ini.
Pokok kari pula dikenali menjadi 'kariveppilai' dalam bahasa Tamil, pula dikenali menjadi karipulei, kari-kari, veppu-neem serta daun ilai. Dalam bahasa Kannada, ia dipanggil ‘neem hitam’, kerana daunnya mirip yang dengannya pohon neem yng pahit, meskipun tak ada hubungan yang dengannya pokok neem. Pokok kari tak ada hubungan yang dengannya daun salam (bay leaf) serta daun kemangi (basil leaf) yakni daun yng beraromatik dari Mediterania.
Di Indonesia, daun kari lebih dikenal yang dengannya nama daun salam koja serta temuru dan sering dipergunakan pada masakan-masakan khas daerah Sumatera lebih-lebih Aceh. Masakan kari dari Aceh yng mempergunakan daun ini menjadi satu dari sekian banyaknya rempahnya, konon dikabarkan mempunyai rasa yng lebih sedap serta unik. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk tambahan bumbu di masakan kari, laksa serta gulai, masakan ayam tangkap Aceh pula mempergunakan daun kari menjadi satu dari sekian banyaknya rempah wajibnya. Ayam tangkap ataupun ayam sampah adalah makanan berupa ayam goreng yng di taburi yang dengannya aneka daun rempah yng digoreng kering, daun rempah yng dipakai di antaranya merupakan salam koja. Daun-daun rempah yng digoreng garing ini mampu langsung dimakan beserta si ayam.
Sebetulnya ada satu lagi jenis tanaman yng pula mendapatkan julukan tanaman kari lantaran aroma daunnya yng tajam. Andai Murraya koenigii tidak sedikit dipergunakan di masakan India maka Helichrysum italicum merupakan jenis tanaman berjuluk tanaman kari lain-lainnya yng tidak sedikit tumbuh di negara-negara Mediterania. Kedua jenis tanaman ini meskipun sama-sama menyandang nama tanaman kari (curry plant), akan tetapi mempunyai tampilan yng Amat berbeda lantaran berasal dari keluarga serta genus yng berbeda.
Daun kari di Mediterania salah satunya ke dalam keluarga aster/daisy (Asteraceae), adalah tumbuhan semak yang dengannya tinggi cuma mencapai maksimal + 60 cm. Bunganya yng cantik umum dipakai menjadi karangan bunga kering lantaran warna-nya yng tetap bertahan walaupun dalam kondisi sudah kering. Bunga tanaman ini menghasilkan minyak atsiri yng dipergunakan menjadi bahan obat-obatan lantaran memiliki fungsi anti-inflammatory (anti radang), pembunuh bakteri, serta pendingin kulit. Selain itu minyaknya pula dimanfaatkan di industri parfum menjadi satu dari sekian banyaknya bahan campuran. Helichrysum italicum percis sekali tak ada hubungannya yang dengannya rempah-rempah kari yng dipergunakan di masakan India serta pula yang dengannya pohon kari (Murraya koenigii).
Bunga Pokok Daun Kari
Bunganya kecil berwarna putih kekuningan serta memiliki aroma yng Amat harum. Buahnya kecil, sebesar terung pipit, berwarna hijau disaat muda serta bertukar ke ungu berkilau sesudah matang. Buahnya boleh dimakan, namun biji benihnya dikatakan beracun. Agaknya, karena itulah buahnya yng ranum ini tak diganggu serangga ataupun burung...
Pokok kari berkembang biak melalui biji benih, keratan batang serta anak yng tumbuh dari akarnya. Selain ditanam di halaman rumah lantaran daunnya ia pula ditanam menjadi tanaman hias.
Hasil penelitian menunjukan di dalam daun kari terkandung:
  • 66.3% pelembab
  • 6.1% protein
  • 1.0% lemak
  • 16.0% karbohidrat
  • 6.4% fiber

Daun kari pula mengandungi mineral serta vitamin semisal kalsium, fosforus, zat besi, asid nikotinik serta vitamin C. Ia pula mengandungi volatile oil serta sejenis glukosid yng disebut koenigiin.
Daun kari memiliki khasiat herbal yng tinggi serta Amat tidak sedikit dipakai dalam pengobatan Ayurveda di India. Daun kari memiliki nilai menjadi antioksidan, anti-diabetes, antimikrob, anti-inflamasi, Hepatoprotektor, anti-hiperkolesterolemia serta lain-lain lagi. Daun kari pula dikatakan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat rambut yng panjang serta sehat. Selain dari itu daun kari pula bisa mencegah uban. Kulit pokok, daun serta akar pokok daun kari dipakai menjadi tonik. Pucuk daun muda biasa dijadikan lalapan.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/11/mengenal-tanaman-kari.html.

Seputar Mengenal Tanaman Kari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Tanaman Kari