Budidaya Udang Vaname Tambak Plastik Atau Mulsa

- Januari 26, 2018

Budidaya Udang Vaname Tambak Plastik Atau Mulsa

 
BUDIDAYA UDANG VANAME TAMBAK PLASTIK ATAU MULSA
PERSIAPAN LAHAN
Sebelum melakukan kegiatan bididaya, persiapan lahan adalah hal yng mutlak yng Perlu di lakukan, hal ini wajib di lakukan lantaran udang memerlukan tempat yng nyaman selama proses budidaya berlangsung.
Persiapan Lahan meliputi :
1. Pengeringan Tanah
Pengeringan tanah di lakukan yang dengannya tatacara menguras tambak serta menjemur hingga tanah menjadi 1/2 kering, lantas lapisan tanah teratas diangkat yang dengannya tatacara dipikul serta di tata sedemikian rupa pada tanggul tambak.
Pengangkatan tanah bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan sisa sisa bahan organik yng sudah menyatu yang dengannya tanah yng dikhawatirkan akan memberi pengaruh kualitas air selama proses budidaya.
Seusai proses pengangkatan tanah selesai, tanah dijemur hingga benar benar kering, pengapuran di lakukan mempergunakan kapur aktif yang dengannya dosis 1 ton per 5000 m2. pengapuran bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki redok tanah.
2. Pemlastikan Lahan Tambak
Pemlastikan pada areal tambak yng akan dipakai pada budidaya mempergunakan plastik mulsa, plastik yng biasa dipakai pada penanaman buah semangka.
Pemasangan plastik yng di lakukan yang dengannya menggelar plastik serta di staples mempergunakan potongan bambu yng dibentuk menyerupai huruf U.
Pemasanagn plastik Perlu dikerjakan yang dengannya tatacara yng betul-betul kuat supaya selama proses budidaya plastik yng talah dipasang tak terangkat/rusak di kenai arus kincir, lantaran bila plastik tak benar benar rapat ditakutkan benur akan masuk serta mati lantaran tak mampu keluar lagi, pula ditakutkan pada tatkala panen tidak sedikit udang yng masuk kedalam plastik menjadikan sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambilnya.
Pemasangan Plastik ada beberapa tatacara :
a. Pemasanagn full, yakni seluruh areal tambak ditutup plastik, meliputi pelataran, caren serta perengan tambak.
b. Pemasangan plastik cuma pada perengan tambak.
c. Pemasangan plastik cuma pada pelataran tambak.
d. Pemasangan plastik pada perengan serta caren tambak.
Plastik yng dipakai dalam budidaya mampu dipakai dua kali periode budidaya yang dengannya catatan Perlu berhati-hati dalam melindungi/meminimalisasi kerusakan selama masa budidaya serta tatkala pemanenan.
PEMBUATAN AIR
1. Pemasukan Air
Air yng dimasukkan ke dalam petak budidaya Perlu melalui proses penyaringan yang dengannya kain waring hijau, andai pemasukan air mempergunakan pompa alcon Perlu diberi pemecah air yng terbuat dari anyaman bambu, hal ini bertujuan supaya arus air dari pompa alcon tak merusak plastik yng terpasang pada petakan tambak, isi air setinggi 120-130 cm.
2. Sterilisasi Air
Sterilisasi air di lakukan seusai air didiamkan selama 3 hari, hal ini bertujuan supaya apa bila ada telur ikan liar yng masuk ke petakan budidaya sudah pecah.
Sterilisasi mempergunakan kaporit yang dengannya dosis 20-30 ppm.
Seusai di kaporit air akan menjadi bening lantaran seluruh organisme yng ada sudah mati.
3. Pembenahan Kualitas Air
Seusai 3-5 hari ataupun seusai reaksi kaporit menjadi tawar/netral, di lakukan pemberian plankton dari hasil fermentasi yng di lakukan sebelum pmberian di lakukan.
Fermentasi yng di lakukan meliputi :
- Bekatul
- Gula Jawa Cair
- Pakan
- Bioboost
Bahan-bahan yang telah di sebutkan di campur menjadi satu serta di tambah air secukupnya lantas disimpan dalam blong yng ditutup rapat serta didiamkan selama 2-3 hari ataupun bau telah mulai tercium wangi.
Bila hasil penyebaran plankton hasil fermentasi belum membawa perubahan pada air, sebaiknya langkah yang telah di sebutkan di ulang lagi hingga tiga kali.
Plankton yng sudah tumbuh ditandai yang dengannya warna air yng berganti menjadi hijau.
Mudah-mudahan Berguna..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/06/budidaya-udang-vaname-tambak-plastik.html.

Seputar Budidaya Udang Vaname Tambak Plastik Atau Mulsa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Udang Vaname Tambak Plastik Atau Mulsa