Tips Penanggulan Penyakit Pada Mangga

- Januari 26, 2018

Tips Penanggulan Penyakit Pada Mangga

 
Penyakit adalah hal yng tidak asing lagi menyerang seluruh tanaman yng ada di bumi ini. Tak cuma tanaman mangga, kita-kita serta hewan pun Suka di kenai penyakit. Tidak terkecuali tanaman mangga. Tanaman mangga salah satunya tanaman yng Suka diserang penyakit.
Penyakit yng menyerang tanaman mangga bukan lantaran tak ada penyebabnya. Pasti ada penyebab dari serangan penyakit terhadap tanaman mangga. Pada biasanya, penyebab dari serangan penyakit pada mangga merupakan lantaran adanya hewan pengganggu semisal virus, bakteri, dan juga lain-lainya.
Hewan penggangg yang telah di sebutkan datang penyebabnya yaitu oleh genangan air serta lingkungan sekitar yng tidak lebih diperhatikan. Lingkungan yng tidak lebih bersih memanglah akan membuat hewan pengganggu Suka datang serta menyerang tanaman mangga.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah datangnya penyakit, sebaiknya jaga kebersihan serta usahakan tak ada genangan air yng akan memicu hewan pengganggu datang lantas menyerang tanaman mangga.

Penyakit Mangga diplodia
Penyakit diplodia adalah satu dari sekian banyaknya jenis penyakit yng Suka menyerang tanaman mangga. Penyakit diplodia ini ddisebabkan oleh cendawan. Penyakit yang dengannya nama latin Botrypodiaplodia theobromae ini Suka menyerang tanaman mangga pada bagian batang serta pula ranting.
Penyakit diplodia ini adalah penyakit yng bisa menyerang melalui ranting ataupun batang yng terluka akibat benda tajam. Gejala yng akan ditimbulkan dari serangan penyakit diplodia merupakan kulit ranting ataupun kulit batang pecah-pecah. Kadang-kadang pula akan megeluarkan cairan pada batang yng berwarna cokelat bercampur hitam.
Andai terdapat gejala semisal itu, berguna tanaman mangga sudah terserang penyakit diplodia. Andai sudah timbul gejala semisal ini, sebaiknya langsung di lakukan pengendalian yang dengannya tips mengupas kulit batang ataupun ranting yng terserang penyakit yang telah di sebutkan lantas dioles yang dengannya fungisida benlate setiap seminggu sekali.
Tatacara kedua yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan penyakit diplodia merupakan yang dengannya memotong lantas membakar ranting ataupun batang yng sudah terserang penyakit diplodia. Andai tanaman mangga sudah terserang penyakit diplodia, usahakan langsung dikendalikan agar bisa tak terserang tanaman mangga lain-lainnya.
Penyakit Mangga antraknose

Penyebab dari penyakit antraknose merupakan jamur. Penyakit antraknosa menyerang hampir seluruh bagian dari tanaman mangga. Semisal bagian ranting, daun, buah, serta bunga. Penyakit antraknosa ini dia yng paling ditakutkan oleh pembudidaya mangga lantaran Amat berisiko memicu kematian pada tanaman mangga.
Peyakit yang dengannya nama latin Colletorichum gloeosporodes ini mengeluarkan gejala andai menyerang tanaman mangga. Gejala yng ditimbulkan dari serangan penyakit antraknose aalah timbulnya bercak berwarna cokelat semisal berkarat pada daun yng diserang penyakit ini.
Sedangkan andai yng diserang penyakit antraknose merupakan bagian buah mangga, gejala yng ditimbulkan merupakan timbulnya bercak berwarna cokelat. Lama kelamaan, bercak ini berganti menjadi membusuk serta membentuk bulatan yng besar.Advertisements
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan penyakit antraknose tatacaranya merupakan yang dengannya menyemprotkan cairan fungsida berbentuk Delsene yang dengannya dosis yng sudah ditentukan.
Penyakit Mangga cendawan jelaga
Penyakit cendawan jelaga adalah satu dari sekian banyaknya jenis penyakit yng Suka menyerang tanaman mangga. Penyakit cendawan jelaga penyebabnya yaitu oleh virus yng bernama virus Meliola mangifera. Gejala yng ditimbulkan dari serangan penyakit cendawan jelaga merupakan daun tanaman mangga yng awal mulanya berwarna hijau berganti warna menjadi berwarna hitam.
Penyakit cendawan jelaga datang menyerang tanaman mangga penyebabnya yaitu oleh serangga yng menghasilkan cairan yng manis. Cendawan penyebab penyakit ini Amat menyukai cairan manis yng diperoleh oleh serangga.

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi penyakit cendawan jelaga tatacaranya merupakan yang dengannya menghilang-kan berlebi dahulu serangga yng menghasilkan cairan yng manis penyebab dari timbulnya penyakit cendawan jelaga. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memusnahkan serangga ini tatacaranya merupakan yang dengannya mempergunakan tepung belerang.
Penyakit Mangga bercak karat merah
Penyakit bercak karat merah ini hampir menyerang seluruh bagian tanaman mangga. Penyakit ayng penyebabnya yaitu oleh jamur Colletotrichum gloeosporiodes ini menyerang bagian tanaman mangga semisal tunas, ranting, ddan bunga. Pada tatkala tanaman mangga ingin berbunga, bunganya yang telah di sebutkan akan habis diserang oleh penyakit bercak karat merah.
Akibatnya, buah yng akan diperoleh pada tatkala panen akan berkurang. Malah, penyakit bercak karat merah pula akan menghasilkan kegagalan panen pada tanaman mangga. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi penyakit bercak karat merah tatacaranya merupakan yang dengannya memotong daun yng diserang penyakit bercak karat merah.
Akan tetapi, andai penyerang penyakit bercak karat merah sudah parah, hal yng bisa di lakukan merupakan yang dengannya menyemprotkan cairan fungisida sesuai yang dengannya dosis yng sudah ditentukan.Penyakit kudis pada buah mangga
Penyakit kudis ini menyerang bagian buah, bunga, batang, serta ranting tanaman mangga. Gejala yng ditimbulkan dari serangan penyakit kudia ini merupakan timbulnya bercak berwarna kuning pada bagian tanaman mangga yng sudah diserang yang dengannya penyakit kudis ini.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi penyakit kudis merupakan yang dengannya pemangkasan pada bagian tanaman mangga yng terserang penyakit kudis ini. Andai tak bisa dikendalikan yang dengannya tips semisal itu, tips lain-lainnya pula bisa dipakai. Tatacaranya merupakan yang dengannya menyemprotkan cairan fungsida sesuai yang dengannya dosis yng sudah ditentukan.

Gulma Mangga
Gulma pula salah satunya satu dari sekian banyaknya jenis penyakit yng Suka menyerang tanaman mangga. Gulma ini Amat rawan bagi tanaman mangga lantaran gulma bisa menyerap sari-sari makanan yng harusnya diberikan pada tanaman mangga akan tetapi dihisap oleh gulma. Akibatnya, tanaman mangga tak mampu memperoleh sari-sari makanan yng penuh lantaran sudah dibagi yang dengannya gulma.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi gulma ini, tatacaranya merupakan yang dengannya memotong ranting dari gulma yang telah di sebutkan lantas membakarnya. Lantaran sifat dari gulma ini berpindah-pindah. Jadi pembudidaya mangga Perlu setiap harinya memeriksa apakah tanaman mangganya ada gulma ataupun tak.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/tips-penanggulan-penyakit-pada-manggaa.html.

Seputar Tips Penanggulan Penyakit Pada Mangga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Penanggulan Penyakit Pada Mangga