Manfaat Bakteri Campuran

- Januari 26, 2018

Manfaat Bakteri Campuran

 
Bakteri Campuran
Campuran bakteri yng dikembangkan biasa disebut bakteri gado-gado lantaran memanglah terdiri dari macam-macam jenis bakteri, enzym serta hormon, mampu dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk :
1. Perawatan kolam.
Diberikan sebanyk 10-20cc/m3 larutan bakteri ditambah yang dengannya gula merah/putih 2 sendok makan serta air bersih secukupnya, disebar merata ke kolam.
Andai memakai sumber air yng mengalir maka sebaiknya dimatikan dulu 4-5jam, supaya bakteri pernah sempet meresap serta tak hanyut keluar.
Bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu proses penguraian amoniak serta sisa pakan ataupun kotoran yng sehari-hari bertambah di dalam kolam, sekalian memperbaiki kondisi lain di air serta menekan perkembangan hama penyakit.
Andai air di kolam telah agak kental maka buanglah air dasar kolam 30% berlebi dahulu, ditambah air segar, barulah ditambahkan larutan bakterinya, tambahkan pula kapur dolomit 150gram/m3 air bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menetralkan pH air kolam.
Lakukan pemberian bakteri ini seminggu sekali, bergantian yang dengannya pemberian jamu herbal.
Misalnya sehari-hari Minggu diberi probiotik, maka pada hari Rabu/Kamis pemberian jamunya.
2. Kultur kolam tandon.
Berilah probiotik pada kolam tandon/kultur secara rutin, andai airnya mengalir, supaya kualitas air yng akan masuk ke kolam budidaya menjadi tidak jelek alias bagus.
3. Campuran pakan.
Supaya pakan yng diberikan ke ikan bisa tercerna yang dengannya baik maka penambahan probiotik serta jamu secara bergantian dalam setiap minggunya akan berpengaruh baik pada pertumbuhan ikan, bisa menambah daya tahan tubuh ikan dalam menangkal hama penyakit.
4. Pembuatan kompos media cacing ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk memfermentasi bahan pakan cacing.
Yang dengannya adanya stok probiotik yng cukup tidak sedikit serta murah ini, maka sebaiknya pula membudidayakan cacing sendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk tambahan pakan ikan sidat ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual cacing segarnya menjadi indukan, pakan ataupun produk olahan cacing lain-lainnya.
Cacing segar Amat tidak jelek alias bagus andai diberikan pada ikan sidat pada pagi hari menjadi asupan awal yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pencernakan ikan menjadikan daya serap pakan menjadi naik.
5. Menyuburkan lahan pertanian.
Sebaiknya lingkungan di sekeliling kolam ditanam sayur-sayuran ataupun buah-buahan yng tak terlalu tinggi batangnya menjadikan mampu mempergunakan serta memanfaatkan air dari kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyiramannya.
Sebelum ditanami tentunya tanah dipersiapkan berlebi dahulu, diolah, ditebari pupuk sangkar/kotoran bekas cacing hasil budidaya serta disiram probiotik buatan sendiri, maka hasil nya akan Amat tidak jelek alias bagus.
Sayur-sayuran semisal sawi, kangkung serta bayam pula disukai ikan serta mampu dicampurkan ke dalam pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sumber vitamin serta mineral alami.
6. Penggunaan probiotik pula mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan bau di kamar mandi serta wc supaya tak gampang penuh.
Mampu pula dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan bau pada selokan di sekeliling rumah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan bau di sangkar, dll.
Mudah-mudahan Memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/manfaat-bakteri-campuran.html.

Seputar Manfaat Bakteri Campuran

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Bakteri Campuran