Peranan Pohon Dadap Sebagai Penaung Tanaman Kopi

- Januari 12, 2018

Peranan Pohon Dadap Sebagai Penaung Tanaman Kopi

 

http://tipspetani.blogspot.co.id/2016/11/peranan-pohon-dadap-sebagai-penaung.html
Pada biasanya tanaman kopi memerlukan naungan berlebi andai daerah pertanaman tidak lebih lembab maka butuh diberika naungan. Naungan dasarnya memang cuma diharapkan bagi tanaman kopi yng ditanam di daerah – daerah yng tidak lebih subur lantaran kopi sendiri sebetulnya bisa ditanam tanpa naungan. Yng dimaksud yang dengannya daerah – daerah yng tidak lebih subur merupakan pada daerah yng kering andaikan kita menanamnya di perkebunan. Namun bila tanaman kopi ditanam tanpa naungan pada tanah yng subur, pada permulaannya memperlihatkan pertumbuhan yng baik, serta mulai berbuah pula lebih cepat. Selama 5 – 8 tahun kebun bisa atau mampu memberikan hasil yng baik. Akan tetapi pada tahun – tahun selanjutnya hasil akan mengalami penurunan, penrunan hasil ini penyebabnya yaitu penyinaran matahari yng tak teratur, menjadikan pertumbuhan generatifnya pula tak teratur, salah satunya pembungaan serta perbuahannya. Selain penyinaran yng tak teratur pula lantaran Amat kekurangan bahan organik menjadikan lapisan humusnya cepat habis. Maka dairi itu butuh dilakukanya pemangkasan naungan.
Samping itu pohon pelindung ataupun naungan memiliki fungsi lain yng bermanfaat bagi tanaman kopi, diantaranya:
  • Bisa mencegah erosi
  • Menambah bahan organik
  • Menjadi sumber nitrogen
  • Menahan tumbuhnya gulma
  • Mencegah embun lepas pada daerah – daerah tinggi
  • Memberikan persediaan zat–zat makanan pada permukaan tanah yng berasal dari sisa–sisa daun yng gugur.

Sedangkan kekurangan dari pohon pelindung merupakan :
  • Memicu kompetisi air serta hara tanaman
  • Adalah tanaman inang hama serta inang penyakit
  • Butuh inventasi modal tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengadaan, pemeliharaan, serta pengaturannya.

Oleh lantaran itulah maka pohon pelindung ataupun naungan ini Perlu memenuhi beberapa syarat, anatara lain merupakan:
1. Berakar dalam, ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kecil saingan air serta zat hara;
2. Gampang diatur secara periodik supaya tak menghambat pembuangan;
3. Tak menjadi tanaman inang hama ataupun penyakit kopi;
4. Salah satunya jenis leguminosa;
5. Menghasilkan tidak sedikit bahan organik;
6. Menghasilkan tidak sedikit kayu bakar yng baik dalam arti nilai bakarnya tinggi.
Lantas kegunaan dari pohon pelindung sementara serta pohon pelindung tetap itu merupakan, bahwasanya pohon pelindung sementara dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan naungan kepada tanaman kopi seblum pohon pelindung tetap bisa berfungsi yang dengannya baik.
Beberapa semisal jenis pohon naungan sementara yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman kopi merupakan menjadi berikut :
  • Flemingia Congesta;
  • Leucaena Glauca;
  • Crotalaria Anaggyroides;
  • Crotalaria Usaramoensis;
  • Tephrosia Candida;
  • Tephrosia Vogelii;
  • Desmodium Gyroides;
  • Acacia Villosa

Acacia Villosa ini baik sekali ditanam ditempat-tempat yng sukar ditumbuhi oleh lamtoro. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk daerah-daerah nematoda, hendaknya kita pakai saja Crotalaria serta kalau bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat yng tempatnya tinggi serta lebih dari 1000meter dpl, sebaiknya memanglah dipakai jenis Tephrosia lantaran akan cepat tumbuh.
lantas kalau bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon naungan ataupun pohon pelindung yng tetap umumnya akan dipakai: Dadap/Erythrina Subumbrans serta Dadap Serep ataupun E. Mocropteryx
Hampir seluruh perkebunan mempergunakan pohon dadap menjadi pohon naungan lantaran pohon ini bisa tumbuh yang dengannya cepat, bentuk dari naungannya merata, daunnya tidak sedikit serta gampang ditanam yang dengannya stek.
Bagi yng tak mengenal pohon dadap ini boleh baca di tulisan atau artikel ihwal pohon bisa ini : INFO POHON DADAP SERTA MANFAAT DARI POHON DAN DAUN DADAP
Sengon
Naungan ini Suka dipakai pada kebun kopi pada tanah – tanah di dataran tinggi. Pohon sengon ini Perlu ditanam jauh – jauh sebelum penanaman pohon kopi, karena tanaman itu baru rimbun sesudah beberapa tahun lamanya. Namun dewasa ini naungan dari sengon hampir tak dipakai lagi lantaran gampang diserang oleh pengerek batang serta gampang patah ataupun roboh bila ada angin kencang.
Lamtoro ataupun Leucaena Glauca
Hampir seluruh perkebunan kopi mempergunakan pohon naungan yang dengannya lamtoro, lantaran daun daun lamtoro ini proses pelapukkannya lebih cepat, menjadikan cepat juga menambah bahan organik yng Amat diharapkan oleh tanaman pokok.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/peranan-pohon-dadap-sebagai-penaung.html.

Seputar Peranan Pohon Dadap Sebagai Penaung Tanaman Kopi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peranan Pohon Dadap Sebagai Penaung Tanaman Kopi