Cara Menjaga Kesehatan Kelinci | Beternak Kelinci

- Februari 27, 2018

Cara Menjaga Kesehatan Kelinci | Beternak Kelinci

 
Melindungi kelinci-kelinci kesayangan tetap dalam keadaan sehat merupakan adalah satu dari sekian banyaknya tujuan dalam memelihara/beternak kelinci. Memperhatikan kebugaran atau kesehatan kelinci adalah bagian dari tatacara merawat kelinci yng baik serta benar. Dalam posting di artikel ini tipspetani akan berupaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengulas beberapa hal penting yng berkaitan yang dengannya kebugaran atau kesehatan kelinci secara umum.
http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/cara-menjaga-kesehatan-kelinci.html
Setidaknya ada 4 hal penting yng Perlu diperhatikan andai ingin sukses dalam memelihara serta beternak kelinci. Posting kali lebih dititikberatkan bagi orang-orang yng tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mulai beternak kelinci. Empat hal yng Perlu diperhatikan ini berhubungan yang dengannya system perkandangan, yakni :
System Perkandangan Kelinci Yng Sehat
1. System VentilasiBagi kamu yng memelihara kelinci dalam rumah sangkar (kandang-kandang berada di dalam suatu bangunan), maka system ventilasi ini adalah satu dari sekian banyaknya faktor yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebugaran atau kesehatan dari kelinci. System ventilasi yng baik akan membuat udara di sekeliling sangkar selalu bersih serta segar (mengurangi konsentrasi mikroba). Kencing serta kotoran kelinci pula menghasilkan gas amonia, yng andaikan berlebihan dihirup oleh kelinci akan membuat kelinci-kelinci kesayangan bisa di kenai infeksi radang paru (kelinci gampang di kenai pilek).
Beternak kelinci dalam rumah sangkar Amat direkomendasikan, lantaran bisa meminimalisir keadaan-keadaan terburuk yng penyebabnya yaitu oleh cuaca. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan kebugaran atau kesehatan kelinci, kamu Perlu mikirin system ventilasi yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar kelinci kamu.
2. SanitasiKebersihan sangkar merupakan hal vital yng berkaitan langsung yang dengannya kebugaran atau kesehatan kelinci. Sangkar yng kotor merupakan sarang dari jutaan ataupun malah barangkali milyaran mikroba-mikroba yng rawan. Seringkali para peternak pemula mengeluhkan andai kelinci-kelinci di sangkar orang-orang gampang sekali di kenai penyakit serta lantas mati meski orang-orang telah berusaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati. Serta seusai diamati, diluar dugaan orang-orang malas bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan sangkar. Sangkar baru akan dibersihkan andai kotoran telah terlihat menumpuk. Ini merupakan hal yng salah! Kamu Perlu rajin membersihkan sangkar, jangan biarkan kuman-kuman berkembangbiak yang dengannya merajalela, lantaran ini akan membahayakan kebugaran atau kesehatan kelinci.
3. ObservasiObservasi ataupun pengamatan merupakan hal wajib yng Perlu kamu lakukan. Luangkanlah waktu beberapa menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing kelinci. Cek kandangnya apakah ada kerusakan, cek botol minum/niplenya apakah berfungsi yang dengannya baik, lantas amati kondisi-tingkah laku-dan gerak-gerik kelinci. Didasari pengalaman di Tabos Rabbit, pengamatan ini paling nyaman di lakukan pada sore hari tatkala jadwal pemberian pakan. Kamu bisa mengamati apakah kelinci-kelinci kamu makan yang dengannya lahap, melihat kondisi matanya, serta mengamati gerak-geriknya. Andai kelinci menunjukan gejala-gejala di kenai penyakit, maka kamu bisa langsung melakukan tindakan pencegahan supaya kondisi kelinci tak bertambah parah.
Melakukan observasi pada sore hari pula Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengamati kelinci-kelinci betina yng tengah birahi. Andai kamu menjumpai ada kelinci betina yng tengah birahi, maka kamu bisa langsung mengawinkan kelinci yang telah di sebutkan lantaran sore hari merupakan waktu yng baik untukmengawinkan kelinci.
4. KarantinaMenyiapkan sangkar karantina yng terpisah serta agak berjauhan yang dengannya kandang-kandang yng lain adalah langkah pencegahan yng Amat dianjurkan. Sangkar karantina ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menempatkan kelinci-kelinci yng di kenai penyakit supaya tak menular ke kelinci-kelinci yng lain.
Berbicara ihwal kebugaran atau kesehatan kelinci merupakan berbicara mengenai pola beternak kelinci yng baik serta benar. Melindungi kelinci-kelinci bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu dalam keadaan sehat merupakan satu dari sekian banyaknya kunci berhasil dalam beternak kelinci. Mudah-mudahan apa yng saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu seluruh!


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/cara-menjaga-kesehatan-kelinci.html.

Seputar Cara Menjaga Kesehatan Kelinci | Beternak Kelinci

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menjaga Kesehatan Kelinci | Beternak Kelinci