Manfaat Tumbuhan Paku

- Februari 12, 2018

Manfaat Tumbuhan Paku

 
Barangkali selama ini kita tak tau bahwasanya kita sudah merasakan manfaat tumbuhan paku, ataupun mampu saja kita cuma memandang tanaman paku menjadi benalu. Pendapat dari para ilmuwan tumbuhan paku mempunyai lima belas ribu jenis orang-orang bisa hidup diwilayah belahan dunia manapun.
Manfaat, Tumbuhan, PakuTumbuhan paku paling Suka kita lihat menjadi tanaman hias yng Suka dipajang di halaman rumah ataupun di pot-pot cantik yng menghiasi teras rumah kita. Lebih daripada itu tanaman paku bisa kita genakan menjadi obat, pupuk serta sebagainya. Di bawah ini ada beberapa kelebihan tanaman paku yng bisa kita ambil manfaatnya.

Manfaat tumbuhan paku:

  • Beberapa jenis tumbuhan paku dipelihara menjadi tanaman hias, misalnya paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum), paku sarang burung (Asplenium sp,.), suplir (Adiantum sp,.), serta paku rane (selaginella sp.)
  • Tumbuhan paku pula ada yng dimanfaatkan menjadi penghasil obat-obatan.Misalnya aspidium sp,.Dryopteris filix mas, serta Lycopodium clavatum.
  • Tumbuhan paku pula dimanfaatkan sebgai sayuran. Misalnya merupakan semanggi serta Pteridium aquilinium.
  • Dalam hal kesuburan tanah, tumbuhan paku pula dimanfaatkan menjadi pupuk hijau, misalnya azolla pinnata. Dalam hidupnya, tumbuhan paku ini hidup bersimbiosis yang dengannya ganggang hijau-biru yakni Anabaena azollae dalam mengikat nitrogen dari udara.
  • Bisa dipakai menjadi bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat karangan bunga, misalnya Lycopodium cernuum.


Tumbuhan paku tak cuma mempunyai tubuh kecil ada pula yng mempunyai tubuh besar atau juga raksasa akan tetapi tumbuhan itu bisa didapati pada zaman Karbon, serta tumbuhan paku yng besar-besar bisa dikelompokan menjadi dua yakni, Lepidodendron serta Sigillaria.
Umumnya kelompok Lepidodendron mempunyai ketinggian hingga 30 m serta mempunyai diameter batangnya tidak lebih lebih satu meter serta panjang daunnya 10-60 cm meranggas serta sempit-sempit.
(Sumber Buku: Pengelompokan Tumbuhan. Sumber Gambar: Youtube.com)
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/09/manfaat-tumbuhan-paku.html.

Seputar Manfaat Tumbuhan Paku

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Tumbuhan Paku