Proses Pengolahan Mimba | Olah Mimba

- Februari 12, 2018

Proses Pengolahan Mimba | Olah Mimba

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/proses-pengolahan-mimba.html
PROSES PENGOLAHAN MIMBA
Bagian utama dari pohon mimba yng dimanfaatkan merupakan daun serta biji. Berikut dijelaskan mengenai prosesing daun serta biji supaya bisa dimanfaatkan, baik menjadi obat, pestisida, kosmetik, toilet teries, pupuk serta lain-lainnya.
Biji mimba
Biji mimba memiliki kandungan minyak sekitar 40%. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan minyaknya bisa diperoleh yang dengannya 2 (dua) tatacara ;
Tips pengepresan, yakni yang dengannya jalan mengepres biji mimba yang dengannya suatu alat pengepres menjadikan yng tersisa merupakan bungkilnya yng umumnya masih memiliki kandungan minyak. Yang dengannya tatacara ini minyak yng terambil antara 15-20 %, menjadikan kandungan minyak pada bungkil masih tinggi, oleh lantaran itu tidak sedikit orang yng mempergunakan bungkil mimba ini menjadi bahan pestisida yang dengannya tatacara mengekstraknya yang dengannya ethanol ataupun denan air yang dengannya tidak banyak penambahan deterjen ataupun sabun colek, supaya antara minyak serta air berlangsung emulsi.
Ekstraksi yang dengannya heksan : yakni yang dengannya tatacara mengaduk serta maserasi adukan yang telah di sebutkan, menjadikan minyak yng terkandung dalam biji mimba tertarik serta bercampur yang dengannya heksan. Selanjutnya heksan yang telah di sebutkan di rotavapor (diuapkan) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan pelarut heksan yang dengannya minyak mimba. Yang dengannya tatacara ini minyak yng terambil lebih tinggi, yakni bisa mencapai antara 20 – 25%. Akan tetapi demikian, bungkil mimbanya masih memiliki kandungan minyak serta masih bisa dipakai menjadi bahan pestisida nabati, yakni yang dengannya tatacara mengekstraknya yang dengannya ethanol, ataupun ada pula yng mengekstraknya yang dengannya air yng ditambah tidak banyak emulsifier, umumnya deterjen ataupun sabun cair Teepol. Selanjutnya minyak yng diperoleh dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk aneka macam keperluan, diantaranya pembuatan sabun mandi, shampo, pestisida, sabun pencuci tangan, pasta gigi serta lain-lainnya.
Daun mimba
Daun bisa dipakai langsung dalam keadaan segar, maupun dikeringkan, menjadikan di peroleh simplisia kering, akan tetapi ada pula yng dibuat tepung, menjadikan lebih praktis pengemasannya. Dalam keadaan segar tak memerlukan perlakuan khusus, cuma butuh dibersihkan dari kotoran yng menempel yang dengannya tatacara dicuci, selanjutnya andaikan akan dipakai menjadi obat, cukup menyeduh tujuh lembar daun dalam dua gelas air hingga menjadi satu gelas air. Simplisia kering daun diperoleh yang dengannya tatacara mengering-anginkan daun hingga daun mampu diremas menjadi serpihan. Mampu pula di lakukan pemanasan yang dengannya
oven yng dilengkapi fan (kipas angin) pada suhu maksimal 400C ataupun ada pula yng menjemur di bawah sinar matahari di bawah jam 10 pagi (tak terlalu terik). Tepung daun mimba diperoleh yang dengannya tatacara menggrinder simplisia kering tadi yang dengannya alat khusus(grinder) ataupun bisa pula yang dengannya alat penghancur yng ada pada mixer.
Pemanenan Biji Mimba
umumnya pohon mimba mulai berbuah pada bulan Oktober – November serta mulai tua/matang pada bulan Desember s/d Februari tahun selanjutnya. memanen biji mimba cuma yng terjatuh dari pohon, lantaran buah tua/matang ataupun lantaran buahnya dimakan hewan semisal burung, kelelawar, tikus serta musang.
Mimba (Azadirachta indica A. Juss) adalah tanaman multimanfaat lantaran selain bisa tumbuh yang dengannya baik di daerah marginal yng panas serta kering, pula bisa berfungsi menjadi pohon reboisasi serta penghijauan, bahan pestisida nabati yng bisa mengendalikan OPT secara ramah lingkungan dan bahan pupuk organik yng selain memiliki kandungan unsur hara tanaman, baik makro, ataupun mikro, pula memiliki kandungan bahan pestisida bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi OPT di dalam tanah.
PROSES PENGOLAHAN MIMBADAUN MIMBA UNTUK PESTISIDA DAN PUPUK ORGANIKSEPUTAR MANFAAT TANAMAN MIMBA
PENGGUNAAN DAUN MIMBA SEBAGAI OBAT ALAMIPERBEDAAN POHON MIMBA DAN POHON MINDI


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/proses-pengolahan-mimba.html.

Seputar Proses Pengolahan Mimba | Olah Mimba

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Proses Pengolahan Mimba | Olah Mimba