Cara Budidaya Kencur Secara Intensif | Tanaman Kencur

- Maret 05, 2018

Cara Budidaya Kencur Secara Intensif | Tanaman Kencur

 
Tanaman kencur bisa tumbuh di dataran rendah sampai-sampai dataran tinggi, namun paling baik tumbuh di ketinggian 100-500 m dpl. Dia pula menyukai tanah lempung berpasir yng subur serta gembur, yang dengannya jenis tanah mediteran cokelat tua serta grumosol.
kencur salah satunya tanaman yng peka terhadap penyakit busuk. kare itub ia memerlukan tempat terbuka ataupun aga terbukadi tegalan yng aga miring serta berdrainase baik. Walaupun demikian tanaman ini menyenangi hujan yng cukup, berkisar 1.000-3.500 mm/tahun. Tanaman yng relatif lebih tahan sengatan sinar matahari dibandingkan denga keluarga Zingiberaceae lain ini, pula butuh sinar matahari yng cukup pada awal pertumbuhannya.

Penyediaan Bibit

Kencur biasanya diperbanyak yang dengannya rimpangnya. Rimpang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit sebaiknya diambil dari tanaman yng sehat serta berumur panen8-12 bulan. Rimpang bibit yng baik berdaging alot, mengkilap kecoklatan, tak lecet, tak ada gejala busuk ataupun berjamur.
Cara, Budidaya, Kencur, secara intensif, Budidaya kencur, PalawijaRimpang terpilih disemaikan ditempat teduh serta lembap selama 2 minggu hingga bertunas. Lantas rimpang dipotong-potong yang dengannya ukuran panjang 3 cm serta berat 8-15 gram, dan diusahakan memiliki 2-3 mata tunas. Pilih rimpang yng baru mulai tumbuh tunas bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam, lantaran akan memberikan hasil panen yng maksimal. Dalam lahan 1 ha dibutuhkan bibit sebanyk 1-2 ton bergantung jarak tanam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari serangan cendawan, sebelum bibit ditanam berlebi dahulu direndam dalam larutan Forest, lantas ditiriskan serta disemprot fungisida semisal Dithane, Dimazeb, Ridomil, ataupun Manzate, serta bakterisida semisal Agrimycin ataupun Agrept.

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah Perlu disesuikan yang dengannya waktu penanaman, serta sebaiknya di lakukan menjelang ataupun awal musim hujan. Tatacaranya yang dengannya mencangkul sedalam 25-30 cm ataupun dibongkar mempergunakan bajak.Tanah lantas digemburkan yang dengannya garpu serta dibersihkan dari rumput. Selanjutan dibuat bedengan selebar 1-1,5 m serta tinggi 15-20 cm. Panjang bedeng disesuaikan yang dengannya keadaan tempat. jarak antar bedeng 30 cm. Di antara bedengan itu lantas dibuat parit sedalam 30 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi drainase tetap baik. pupuk sangkar ataupun kompos matang menjadi pupuk dasar diberikan secara sebar ataupun system larikan pendapat dari arah baris tanaman. waktu pemberiasn pupuk 1-2 minggu sebelum tanaman yang dengannya dosis 15 ton/ha.

Penanaman serta Pemeliharaan

Tatkala penanaman kencur paling tepat di awal musim hujan. Rimpang ditanam yang dengannya tunas menghadap ke atas pada kedalaman sekitar 7,5 cm. Jarak tanam biasanya 15 cm x 15 cm, ataupun 20 cm x 20 cm, bergantung pola tanam serta kesuburan tanah., sesudah tanaman tumbuh sempurna diberikan pupuk buatan berupa urea yang dengannya dosis 150 kg/ha, TSP 100 kg/ha, serta KCI 100 kg/ha, serta pada umur 2-3 bulan diberi pupuk tambahan berupa urea 150 kg/ha.
Penyiangan di lakukan sesudah tanaman berumur 1-2 bulan, selanjutnya yang dengannya melihat keadaan gulma. Pada tatkala bersamaan di lakukan juga pembumbunan 3-4 kali sesuai kondisi tanah, supaya rimpang tumbuh serta berkembang yang dengannya baik. Hati-hati, rimpang/bibit jangan hingga terluka.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari hama serta penyakit pada tanaman bisa disemprotkan fungisida secara rutin seminggu sekali hingga tatkala panen.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/08/cara-budidaya-kencur-secara-intensif.html.

Seputar Cara Budidaya Kencur Secara Intensif | Tanaman Kencur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Kencur Secara Intensif | Tanaman Kencur