Manfaat Dari Bagian Bunga Pepaya

- Maret 05, 2018

Manfaat Dari Bagian Bunga Pepaya

 

MANFAAT DARI BAGIAN BUNGA PEPAYAMereka yng baru pertama kali berkunjung ke daerah timur Indonesia (NTT, Sulawesi, Maluku serta Papua), akan selalu bertemu yang dengannya menu sayur bunga pepaya di mana-mana. Di daerah ini, sayur bunga pepaya bukan cuma sekadar menu pribadi, melainkan kebutuhan sehari-hari. Karenanya, bunga pepaya selalu tampak dijual di warung-warung serta pasar. Kalau kita lihat fisik orang NTT, Bugis, Maluku serta Papua yng kuat-kuat, satu dari sekian banyaknya penyebabnya merupakan sayur bunga pepaya ini. Karena pendapat dari penelitian fitokimia Departemen Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), bunga jantan segar pepaya gantung, diluar dugaan memiliki kandungan zat antioksidan yng memberikan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan.
Kandungan bunga pepaya gantung merupakan flavonoid, tanin, steroid - triterpenoid, serta karbohidrat. Penelitian di lakukan yang dengannya tatacara ekstraksi sinambung mempergunakan n-heksana, metilen klorida, etil asetat, serta metanol. Dari ekstrak metanol diperoleh satu senyawa amida serta dari ekstrak n-heksana diperoleh satu senyawa steroid. Hasil uji aktivitas antioksidan yang dengannya metode reduksi larutan 1,1-difenil-2 pikrilhidrazil menunjukan, ekstrak metanol mempunyai aktivitas penangkap radikal bebas paling kuat yang dengannya nilai EC50 0,3537 mg/mL. Sampai-sampai selain lezat rasanya, bunga pepaya gantung diluar dugaan pula memiliki kegunaan bagi kebugaran atau kesehatan.
Di daerah timur Indonesia, sayuran ini biasa disantap bersama talas, keladi, ubi jalar serta singkong. Bagi orang-orang yng belum terbiasa mengkonsumsinya, rasa sayuran ini agak aneh. Kalau kita tak mampu memasaknya, bunga pepaya malahan akan terasa pahit. Rasa pahit ini tak cuma terdapat pada bunga, melainkan lebih-lebih pada daun, serta penyebabnya merupakan alkaloid carpein (C14H25NO2).
  • MANFAAT DARI BAGIAN BIJI PEPAYA
  • MANFAAT DARI BAGIAN AKAR PEPAYA
  • MANFAAT DARI BAGIAN DAUN PEPAYA
  • MANFAAT DARI BAGIAN BUNGA PEPAYA



Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/11/manfaat-dari-bagian-bunga-pepaya.html.

Seputar Manfaat Dari Bagian Bunga Pepaya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Dari Bagian Bunga Pepaya