Membasmi Hama Kutu Putih Pada Cabe | Kutu Daun

- Maret 06, 2018

Membasmi Hama Kutu Putih Pada Cabe | Kutu Daun

 
HAMA KUTU DAUN PADA CABE
Perihal Kutu Daun (Myzus persicae)
1. Kutu Daun (Myzus persicae) tergolong dalam family Aphididae, hama ini adalah serangga super kecil (ukurannya 1/32 hingga 1/8 inci)
Meskipun kecil, namun masih mampu dilihat yang dengannya mata telanjang kutu daun ini berwarna hijau tua hingga hitam ataupun kuning kecoklatan. Hama ini salah satunya polifag. Kutu daun betina bisa atau mampu menghasilkan keturunan tanpa kehadiran pejantan.
Serangan Kutu aphid pada daun cabai, bergerombol di bagian bawah daun serta tangkai bunga. Di bagian mulutnya mempunyai tindik penghisap.
Orang-orang menyerang daun cabai (serta tidak sedikit tanaman budidaya lain-lainnya) yang dengannya tips menghisap cairan dalam daun, lebih-lebih pada daun muda serta pucuk.
Orang-orang pula menyerang jaringan batang tanaman yng lunak, serta menghisap nutrisi di dalamnya. Kutu daun ini mengeluarkan zat sekresi lengket, berbau manis, yng berusaha mendatangkan ketertarikan semut-semut. Oleh lantaran itu andai tanaman cabai dikerubungi semut (lebih-lebih di bagian pucuknya), itu mampu jadi membuktikan kalau tanaman Kamu teserang hama kutu daun.
Selain hama ini pula menjadi vector virus.
2. Kutu Daun (Myzus persicae)
Gejala Serangan Kutu Daun
Hama ini menyerang di seluruh umur tanaman, Andai tanaman masih muda terserang hebat, pertumbuhannya menjadi kerdil serta memutar (berpilin) serta daun keriting kedalam, akibat cairan daun yng dihisapnya, memicu daun menjadi melengkung ke atas, keriting (kadang memelintir ke samping), serta belang-belang. Daun seringkali menjadi layu, menguning, serta akhirnya rontok, tunas serta percabangan tak berkembang, serta tanaman gagal berbunga Kerugian yng diakibatkan serangan kutu daun cukup besar, di mana mampu menurunkan hasil panen, meskipun memanglah jarang memicu tanaman mati.
3. Gejala serangan kutu daun
Langkah Pengendalian
Tatacara pengendalian kutu daun yakni; secara kimia; nabati serta teknik kultur.
a.Secara kimia
Pengendalian secara kimia ini telah biasa di lakukan oleh petani yakni yang dengannya pemakaian insektisida kimia. Produk kimia ini ada yng bersifat kontak ataupun sistemik. Anjuran pengendalian kimia ini di lakukan andaikan telah mengalami gejala yng berat.
b.Nabati
Pengendalian secara nabati yakni satu dari sekian banyaknya tips pengendalian yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bahan-bahan alami misal daun tembakau, papaya, bawang putih dll. Tatkala ini telah tidak sedikit perusahaan-perusahaan yng telah memproduksi pestisida nabati ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat pestisida nabati ini sebetulnya Amat simpel serta bahan-bahannya tidak sedikit tersedia di alam. Satu dari sekian banyaknya bahan serta tips pembuatan pestisida nabati bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan kutu daun pada tanaman cabe yakni yang dengannya pemanfaatan tembakau serta deterjen.
Tatacara pembuatannya yang dengannya merendam segenggam tembakau dalam 5 (lima) liter air deterjen selama satu malam, selanjutnya disaring serta bisa diaplikasikan di tanaman yng terserang. Penyemprotan di ulang yang dengannya interval waktu 3 hari, sampai-sampai kutu tak menyerang tanaman lagi.
c.Teknik Kultur
Pengendalian hama yang dengannya Teknik Kultur ini dimaksudkan menjadi langkah preventif (pencegahan) masuknya hama ke areal pertanaman cabe, yakni yang dengannya menanam tanaman perangkap disekeliling kebun, misalnya yang dengannya menanam jagung di sekitar areal pertanaman cabe. Tanaman jagung ini pula adalah tanaman inang kutu daun, menjadikan diharapkan bisa mengurangi intensitas serangan hama.
Kesimpulan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan produktifitas cabe dibutuhkan penanganan yng intensif, sejak di persemaian sampai-sampai tanaman menghasilkan. Kendala iklim yng ekstrim tatkala ini memicu tak menentunya cuaca menjadikan berimbas pada berubah-ubahnya musim tanam. Tanaman cabe menghendaki curah hujan yng tak teralu tinggi, lantaran pada kondisi banyaknya curah hujan menghasilkan serangan hama serta penyakit meningkat tajam. Menjadikan dibutuhkan teknologi Budidaya cabe pada curah hujan yng tak menentu semisal tatkala ini.
Mudah-mudahan memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/03/hama-kutu-daun-pada-cabe.html.

Seputar Membasmi Hama Kutu Putih Pada Cabe | Kutu Daun

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membasmi Hama Kutu Putih Pada Cabe | Kutu Daun