Penanggulangan Hama Penggerek Buah Kopi

- Maret 06, 2018

Penanggulangan Hama Penggerek Buah Kopi

 
http://tipspetani.blogspot.com/
Tips pengendalian hama penggerek buah kopi? Hama penggerek buah kopi (PBKo) adalah hama yng serius bagi tanaman kopi. Hama ini berupa Hypothenemus hampei (Coleoptera, Scolytidae), yaitu serangga berukuran 1,3-2 mm yng menyerang buah kopi menjadikan mutunya menurun.
Hypothenemus hampei merupakan serangga berupa kumbang kecil berukuran 1,3-2 mm yng salah satunya dalam ordo Coleoptera yang dengannya famili Scotylidae. Sekali bertelur, serangga ini bisa atau mampu mengeluarkan sebanyk 50-60 butir. Telur yang telah di sebutkan akan berkembang menjadi larva sesudah 5 sampai-sampai 9 hari. Selanjutnya larva akan hidup selama 10 hingga 26 hari sebelum berkembang menjadi pupa. Masa prapupa serangga ini sekitar 2 hari yang dengannya waktu pupa selama 4-9 hari.
Jadi total waktu yng dibutuhkan oleh Hypothenemus hampei bagi atau bisa juga dikatakan untuk berganti dari telur menjadi kumbang adalah 25-35 hari. Sedangkan usia hidup maksimum serangga ini yakni 103 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk pejantan serta 156 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk betinanya. Yng menarik, kumbang jantan percis sekali tak mampu terbang, sementara kumbang betina akan keluar terbang yang dengannya kemampuan 350 meter pada sore hari.
Gejala Penyerangan
Hama penggerek buah kopi menyerang tanaman yang dengannya membuat lubang pada sekitar diskus. Buah kopi yng masih muda serta di kenai serangan ini akan berguguran. Sedangkan buah kopi tua yng terserang memicu timbulnya cacat menjadikan kualitasnya menurun.
Berlainan yang dengannya nematoda parasit Serangan ini pula mampu menghasilkan buah kopi yng terserang tak bisa berkembang menjadikan busuk serta gugur yng mencapai 7-14 %. Sementara kerusakan pada buah kopi tua mencapai sampai-sampai 30-80 %. Serangan ini biasanya di lakukan oleh kumbang betina yng meletakkan telur-telur di dalam buah kopi.
Metode Pengendalian
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan hama penggerek buah kopi mampu di lakukan yang dengannya banyak sekali metode yng jitu. Di antaranya merupakan :
1. Pengendalian yang dengannya Kultur Teknis
Pengendalian hama penggerek melalui kultur teknis bisa di lakukan yang dengannya metode petik bubuk, lelesan, serta racutan. Petik bubuk merupakan pemetikan awal buah kopi yng terserang ataupun normal yng di lakukan pada 15-30 hari sebelum panen raya. Pemetikan ini pula dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan hama menjadikan butuh wadah tertutup supaya serangga yng terbawa tak terbang keluar lagi. Dikenal juga lelesan yakni pengambilan buah kopi yng jatuh ke tanah supaya tak menjadi sarang hama. Lelesan dikerjakan sesudah putaran petik panen rampung. Sedangkan racutan ataupun rempesan yaitu pemetikan massal yng di lakukan pada buah kopi yng berukuran 5 mm ataupun lebih, serta masih tertinggal di pohon sehabis panen.
2. Pengendalian yang dengannya Mengatur Naungan
Serangga penggerek buah kopi senang hidup di tempat yng mempunyai kelembaban tinggi. Untuk itu diharapkan upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur naungan agar bisa kondisi di sekeliling tanaman kopi tak terlalu lembab serta gelap. Pengaturan ini di lakukan yang dengannya memangkas sejumlah bagian atas kopi secukupnya. Pengaturan naungan di lakukan sesudah masa panen serta sebelum pemupukan lanjutan.
3. Pengendalian melalui Upaya Fisik
Pengendalian hama melalui fisik di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memusnahkan serangga supaya tak bisa berkembang biak. Prosedurnya yakni merendam buah kopi yng terkumpul ke dalam air panas. Selanjutnya buah kopi dikupas bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil bijinya. Biji kopi yang telah di sebutkan kemudian dijemur selama waktu tertentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeringkannya. Sebelum dijual, pastikan kadar air di dalam kopi sekitar 12,5 % menjadikan hama benar-benar tak bisa atau mampu hidup.
4. Pemakaian Varietas Unggulan
Kopi dari varietas unggulan memungkinkan buahnya mampu masak secara bersamaan. Yang dengannya kata lain, tak ada peluang bagi hama bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh serta berkembang di lahan kopi. Semisal-contoh varietas unggulan kopi arabika yakni USDA 230731 serta USDA 230762. Sedangkan semisal varietas kopi robusta unggulan antara lain BP42, BP288 serta BP234 bagi atau bisa juga dikatakan untuk dataran rendah, dan BP42, BP358, serta BP409 bagi atau bisa juga dikatakan untuk dataran tinggi. Disarankan juga bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkombinasikan metode ini yang dengannya sanitasi kebun kopi.
5. Pengendalian secara Hayati
Pengendalian hama penggerek buah kopi secara hayati bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan parasitoid Cephalonomi stephanoderis serta jamur patogen (Beauveria bassiana). Dianjurkan pula mengaplikasikan Beauveria bassiana 2,5 kg dalam 3 kali perangkat lunak di setiap satu periode panen. Sedangkan tak direkomendasikan mengendalikan hama PBKo secara kimiawi, lantaran serangga ini bersembunyi di dalam buah, menjadikan metode kimia tak efisien.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/penanggulangan-hama-penggerek-buah-kopi.html.

Seputar Penanggulangan Hama Penggerek Buah Kopi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penanggulangan Hama Penggerek Buah Kopi