Cara Budidaya Padi Gogo

- Agustus 16, 2017

Cara Budidaya Padi Gogo

 
CARA BUDIDAYA PADI GOGO
Padi gogo adalah padi yng ditanam di tanah tegalan ataupun pula disebut padi tegalan. Tengah yng dimaksud tegalan adalah tanah kering yng terdapat atau terletak di sekeliling daerah pemukiman (desa), yng lantaran keadaannya menjadikan tak bisa diubah menjadi sawah. Penanaman padi tegalan tidak sedikit dijumpai di pulau Jawa serta Madura.
Di bawah ini beberapa tahapan tatacara budidaya padi gogo
A. Pengolahan TanahWaktu yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengerjaan tanah pertama kali merupakan waktu sebelum adanya hujan ataupun pada akhir musim kemarau. Jadi, kira-kira akhir bulan Oktober ataupun permulaan bulan November.Alat-alat yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolah tanah ini percis semisal alat-alat yng dipakai pada pengolahaan padi sawah, misalnya cangkul, bajak, serta garu.
Tanah tegalan yng akan dipakai Perlu bersih dari rumput-rumputan. Saluran-saluran pembuangan air dibuat, pematang-pematang pula butuh diatur kembali.
Seusai pembersihan selesai, tanah lantas dibajak, bagian-bagian tanah yng tak mampu dibajak, misalnya sudut-sudut petakan serta berbatu mampu dikerjakan yang dengannya dicangkul. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah normal pembajakan di lakukan 2 kali, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah berat pembajakan di lakukan hingga 3 kali.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghancurkan gumpalan-gumpalan tanah serta sekalian meratakan, dikerjakan denngan garu. Menggaru umumnya di lakukan 2 ataupun 3 kali, hingga tanah menjadi halus serta memungkinkan utuk ditanami.
B. PenanamanPada penanaman padi, penggunaan biji yng akan ditanam Perlu diperhatikan, sebaiknya dipakai bibit unggul, misalnya jenis Gama, Kartuna, serta Rantai Mas. Meskipun benih yng dipakai telah adalah unggulan, akan tetapi sebaiknya bibit itu Perlu dipilih lagi sehinggas diperoleh bibit yng betul-betul baik.
budidaya, padi, gogo, cara menanam
Criteria bibit yng baik antara lain :
• Bibit Perlu betul-betul tua serta kering• Dipilih biji yng besar-besar serta bernas• Bibit Perlu murni pengertiannya tak tercampur kotoran ataupun bibit jenis lain• Bibit Perlu bebas dari hama serta penyakit
Supaya bibit bebas dari hama serta penyakit, lebih-lebih adanya gangguan hama serta penyakit di dalam tanah, sebelum ditanam, bibit Perlu diobati berlebi dahulu.
Obat yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati bibit umumnya aldrin, 1 kg bibit cukup diobati yang dengannya 12 gram aldrin. Jadi tegalan 1 hektar yng kira-kira memerlukan 30-40 kg bibit cukup yang dengannya aldrin 0,5 kg. tatacaranya, aldrin dicairkan yang dengannya air lantas diaduk yang dengannya benihnya yang dengannya mempergunakan alat pengaduk obat yng berbentuk drum.
Cara menanamnya umumnya yang dengannya ditugalkan, ataupun yang dengannya mempergunakan alat yng membuat larikan sekalian membuat lubang.
• Dalamnya lubang rung lebih 4 cm• Jarak tanam antara 25 x 25 cm ataupun 30 x 30 cm• Tiap lubang diisi yang dengannya 4-5 biji.Bibit yng sudah ditanam, tutup yang dengannya tanah tipis saja, lantaran kalau terlalu tebal bibit tak akan tumbuh.
C. Pemeliharaan
1. PenyianganRumput-rumput yng sudah tumbuh disekitar tanaman Perlu segera dicabut ataupun disiangi. Alat yyang dipakai yang dengannya tangan antara lain, cangkul ataupun sabit. Waktu penyiangan andaikan tanaman telah berumur 3 minggu. Pada tatkala penyiangan di lakukan pula penggemburan tanah.
2. PemupukanPemupukan yng diberikan bisa berupa pupuk alam (kompos, ataupun pupuk hijau) serta pupuk buatan. Pupuk alam diberikan sebelum tanam, tanah seluas 1 ha butuh 10 ton pupuk sangkar.
Pupuk sangkar diberikan 2 kali, yakni;
1. Pertama diberikan andaikan tanaman telah berumur 3-4 minggu seusai penyiangan pertama.2. Kedua diberikan andaikan tanaman telah berumur 6-8 minggu seusai penyiangan kedua.Pupuk diberikan disekitar tanaman, tatacaranya bisa yang dengannya membuat lubang memanjang mengikuti baris tanaman. Tidak sedikit pupuk yng Perlu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah seluas 1 ha, yakni :
• Urea 150 kg• DS 200 kg• ZK 250 kg
3. Pemberantasan hama/penyakitHama yng berupa babi hutan serta burung bisa dihalau mempergunakan jebakan ataupun barang-barang yng bisa mengusirnya. Tikus diberantas yang dengannya phosphid yng dicampurkan pada beras/jagung yng lantas dipasangkan di muka lubang ataupun di tempat orang-orang menyerang. Wang sangit serta ulat disemprot yang dengannya endrin ataupun diazinon yang dengannya campuran 1-2 cc dalam 1 liter air.
Perawatan padi gogo ini sebetulnya tak jauh berbeda yang dengannya perawatan yng diberikan pada padi sawah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terang bagai mana tatacara menanam ataupun budidaya padi sawah mampu dilihat di tulisan atau artikel selanjutnya ataupun klik disini budidaya padi.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/01/cara-budidaya-padi-gogo.html.

Seputar Cara Budidaya Padi Gogo

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Padi Gogo