Teknik Budidaya Tanaman Kapuk Randu

- Agustus 15, 2017

Teknik Budidaya Tanaman Kapuk Randu

 
Kapuk adalah tanaman asli dari amerika,kapuk tumbuh di daerah tropis.jadi tanaman kapuk bisa tumbuh di daerah mana saja asalkan daerah yang telah di sebutkan daerah tropis.Di indonesia sendiri kapuk mulai dianggap penting sampai-sampai tidak sedikit warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng membudidayakannya.Disini kami akan memberikan teknik dalam membudidayakan tanaman kapuk randu.

Syarat tumbuh
Kapuk tumbuh di musim kering yng panjang,namun tak tumbuh di daerah yng terlau kering.mempunyai curah hujan yng tidak banyak 500-1200 mm tahun.yang dengannya curah hujan per bulan berkisar 100-400mm/bulan jadi yang dengannya sedikitnya 4x dalam setahun.
Pembibitan
Bibit kapuk bisa berupa biji ataupun stek.andai pembibitan melalui biji maka biji Perlu disemai berlebi dahulu.sesudah itu media tanam Perlu dibuat bendengan supaya pembuangan air tak tersumbat yng menghasilkan lahan tergenang serta tentunya mengganggu pertumbuhan bibit kapas.yang dengannya jarak tanam di bendengan 20 x 20cm ataupun 30 x 30cm.
Penanaman
Bibit kapuk yng sudah disemai dipindahkan ke media tanam yang dengannya umur 1tahun,penanaman kapuk sebaiknya tak terlalu dekat jaraknya yakni 10x10m.
Tanaman tumpang sari
Tanaman kapuk pula mampu ditanam tumpang sari yang dengannya tanaman kakao.kakao menjadi tanaman sampingan serta kapuk menjadi tanaman pelindung.
Pemeliharaan
Sebaiknya pada akhir musim kemarau kotoran yng berada di dekat pohon kapuk dibersihkan supaya membuat mudah mengambil buah yng jatuh,menyingkirkan dahan dahan yng mati,lakukan pemupukan dua kali setahun yakni pada waktu awal musim hujan serta akhir musim hujan.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/11/teknik-budidaya-tanaman-kapuk-randu.html.

Seputar Teknik Budidaya Tanaman Kapuk Randu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Budidaya Tanaman Kapuk Randu