Cara Membuat Pupuk Bokashi

- September 11, 2017

Cara Membuat Pupuk Bokashi

 
Membuat bokashi ,Pupuk bokashi merupakan pupuk hasil dari proses penguraian bahan organic oleh mikroorganisme yakni bakteri fototrofik .pupuk bokashi adalah komponen penting dalam pertanian yng bisa memperbaiki sifat tanah baik secara kimia serta fisika dan biologi tanah.Pupuk bokashi bisa menekan pertumbuhan bakteri yng merugikan, menahan air ,mempertahankan suhu serta kelembaban tanah. Pula menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan biaya maka para petani diharapkan bisa membuat pupuk bokashi sendiri dari hasil kotoran ternaknya. Kompos ataupun pupuk sangkar yng dibawa langsung kesawah masih tidak sedikit memiliki kandungan gas serta bakteri yng merugikan menjadikan bila terlalu tidak sedikit akan menyerang tanaman itu sendiri .
yang akan di sajikan kali ini tatacara membuat pupuk bokashi
  • Bahan bahannya antara lain:
  • 1000 kg kotoran kambing/ sapi / ayam.
  • 100 kg sekam ataupun abu sekam, brambut .
  • 10 kg bekatul.
  • 1 liter moretan/ em4/EM BPP-KP
  • 1,5 Liter tetes murni.
  • 100 Liter air bersih.

Proses pembuatannya
Kotoran ternak ,sekam/ abu sekam, bekatul diaduk merata yang dengannya cangkul sampai-sampai bercampur .lantas ambil 220 ml EM4/ Moretan/EM BPP-KP serta 220 ml tetes murni campur yang dengannya 50 liter air bersih sampai-sampai homogen.lantas kocorkan campuran air tadi yang dengannya kotoran ternak yng sudah bercampur serta aduk sampai-sampai merata dibolak balik yang dengannya cangkul sampaibahan campuran menjadi lembab / tak terlalu basah, lantas tumpuk setinggi 40 -50 cm serta tutup yang dengannya plastic.
Tiga hari lantas buka serta lakukan lagi pengocoran semisal diatas serta dibolak balik aduk sampai-sampai merata serta ditutp rapat yang dengannya plastic lagi. 2 minggu lantas buka penutup serta bokashi siap dipakai. Pupuk bokashi yng sudah masak ditandai yang dengannya bau masam semisal tape, warna kecoklatan serta dingin ini menandakan gas amoniak telah keluar semuannya. serta pupuk bokashi telah bisa di pakai.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-pupuk-bokashi.html.

Seputar Cara Membuat Pupuk Bokashi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Pupuk Bokashi