Referensi Agar Pohon Manggis Berbuah Banyak

- September 04, 2017

Referensi Agar Pohon Manggis Berbuah Banyak

 
REFERENSI AGAR POHON MANGGIS BERBUAH BANYAK
Petani manggis di Indonesia saat ini bisa memanen tanaman buah eksotis serta kaya vitamin ini dua kali lebih cepat dari umumnya, berkat temuan dari seorang ilmuwan dari Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat.
Mohammad Reza Tirtawinata, doktor lulusan IPB, merupakan yng pertama kali menjumpai tehnik yng dia namai “three-in-one” itu. Yang dengannya menanam tiga benih manggis berdekatan menjadikan mampu lebih tidak sedikit menyerap air serta mineral, Manggis yng akarnya Amat tidak banyak, mampu bertumbuh lebih baik serta berbuah lebih cepat.
Inovasi baru itu telah diterapkan di Desa Dayo, Kabupaten Rokan Hulu di Riau pada awal bulan ini disaat tanaman manggis di desa itu, yng mendapatkan kiriman 1000 batang benih manggis dari Balitbu Tropika pada tahun 2007, telah bisa mengeluarkan buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya pada 4 September 2012.
Harlion Syair, peneliti dari Badan Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) Kementerian Pertanian, mengujarkan selama ini umum diketahui merupakan manggis baru bisa berbuah sesudah 10-12 tahun.
“Ini bermanfaat bagi petani karena sangat mendorong dan memacu semangat mereka untuk mengembangkan sektor usaha agribisnis tanaman manggis sekaligus meningkatkan pendapatan mereka,” ujar Harlion dalam keterangannya kepada Beritasatu.com,
Reza sendiri melakukan penelitian selama 6,5 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari tips percepatan berbuahnya tanaman manggis yng sekalian menjadi disertasi doktoralnya pada tahun 2003 di IPB.
Reza menjumpai bahwasanya akar tanaman manggis Amat tidak banyak, menjadikan tak mampu tidak sedikit menyedot air serta pupuk. Akibatnya tanaman ini tumbuh lambat.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbanyak akar tumbuhan, Reza menanam tiga benih tanaman manggis dalam jarak berdekatan. Ketiganya disatukan, dibiarkan tumbuh menjadi satu akan tetapi yang dengannya tiga cabang akar utama, yng bisa menyerap lebih tidak sedikit air serta pupuk.
Yang dengannya tips tanam yng disebut Reza menjadi “three-in-one” ini, petani bisa menghemat 8 sampai-sampai 10 tahun waktu tanam.
Di sayangkan sosialisasi inovasi itu kepada petani masih rendah menjadikan masih tidak banyak petani yng mau menanam manggis.
“Teknologinya sudah ada, namun masih sedikit petani yang mengetahuinya. Padahal buah ini ini banyak dicari di negara-negara Asia Timur,” ujar Reza sembari menambahkan bahwasanya ada kesempatan besar bagi petani manggis Indonesia bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasarkan manggis ke tempat yang telah di sebutkan.
“Hampir tidak ada pesaing Indonesia dalam produksi manggis, kecuali Thailand dan Malaysia,” ujar Reza.
reff dari : Beritasatu.com

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/referensi-agar-pohon-manggis-berbuah.html.

Seputar Referensi Agar Pohon Manggis Berbuah Banyak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Referensi Agar Pohon Manggis Berbuah Banyak