Komoditas – Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia

- Oktober 28, 2017

Komoditas – Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia

 
Indonesia adalah satu dari 17 negara di dunia yng memiliki keanekaragaman hayati paling variatif. Jutaan spesies flora ataupun fauna tersebar dari ujung barat sampai-sampai timur wilayah Indonesia. Hal yang telah di sebutkan mampu dimanfaatkan menjadi sumber devisa negara, lebih-lebih dari bidang perkebunan.

Kegiatan perkebunan di Indonesia telah di lakukan sejak beratus tahun lantas, ataupun sejak jaman kolonialisme. Di antara sekian tidak sedikit komoditas – komoditas perkebunan yng ada di Indonesia berikut merupakan yng paling diandalkan serta sudah menembus pasar internasional:
1. Tebu

merupakan tanaman asli daerah beriklim tropis. Tidak sedikit ahli botani yng meyakini bahwasanya tebu berasal dari daerah Papua Nugini. Tanaman yng adalah jenis rumput – rumputan ini bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik sampai-sampai di ketinggian 1.400 mdpl yang dengannya cuaca yng relatif panas. Tebu pada biasanya dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan gula serta penyedap makanan. Pusat industri pengolahan tebu Amat tidak sedikit, mulai dari Jawa Timur, Jawa Sedang sampai-sampai Lampung.
2. Teh

Teh berasal dari daerah Yunan di Tiongkok yng adalah daerah yang dengannya hutan transisi tropis yang dengannya subtropis. Tanaman teh masuk ke indonesia menjadi tanaman hias pada sekitar tahun 1684. Tanaman ini bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik di ketinggian 200 sampai-sampai 2.000 mdpl yng bersuhu sejuk yang dengannya lapisan tanah vilkanik muda. Perkebunan teh di Indonesia tersebar mulai dari Jawa Timur, Jawa Sedang, Jawa Barat, Sumatera Barat sampai-sampai Sumatera Utara.
3. Kelapa sawit

Kelapa Sawit merupakan bahan baku bagi atau bisa juga dikatakan untuk industri minyak goreng. Sawit merupakan tanaman yng berasal dari Afrika serta masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1848. Namun, tanaman sawit baru dibudidayakan secara komersial pada tahun 1911. Tanaman ini bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik di ketinggian di bawah 400 mdpl yang dengannya suhu maksimal 27 derajat celsius. Tanaman ini tumbuh yang dengannya baik pada tanah podzolik. Perkebunan sawit di indonesia tersebar mulai dari provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung sampai-sampai Kalimantan.
4. Tembakau

Tembakau berasal dari Meksiko serta pada awal mulanya dipakai menjadi obat tradisional. Akan tetapi, dalam perkembangannya, daun tembakau lantas dipakai menjadi bahan baku industri rokok serta cerutu serta kini pula mulai dikembangkan di industri kebugaran atau kesehatan medis. Tanaman tembakau bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik pada tanah yng gembur serta bisa atau mampu menyerap tidak sedikit air. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh ideal, tembakau Perlu ditanam di ketinggian antara 0 sampai-sampai 900 mdpl. Tembakau indonesia dikenal luas oleh pasar internasional lantaran mempunyai kualitas yng Amat baik.
5. Kopi

Kopi berasal dari daerah Ethopia di benua Afrika serta tatkala ini menjadi komoditas perkebunan yng terkenal diseluruh dunia. Tanaman kopi yng pertama kali masuk ke indonesia merupakan Arabica pada sekitar tahun 1696. Tanaman ini bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik pada tanah yng mempunyai lapisan atas cukup dalam, subur, gembur, berhumus serta tak kedap air.
6. Karet

Karet berasal dari Brazil serta pertama kali ditanam di Indonesia di Kebun Raya Bogor. Ini adalah komoditas penting perkebunan indonesia yng memberikan sumbangan devisa Amat besar setiap 12 bulan. Tanaman karet bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik pada tanah vulkanis, aluvial malah gambut. Indonesia sendiri mempunyai lahan perkebunan karet yng terluas di dunia. Kualitas karet Indonesia pula dikenal Amat baik serta bisa atau mampu menembus pasar internasional. Perkebunan karet di Indonesia tersebar di tidak sedikit propinsi, mulai dari Riau, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur sampai-sampai di beberapa propinsi di Pulau Kalimantan.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/10/komoditas-komoditas-perkebunan-andalan.html.

Seputar Komoditas – Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Komoditas – Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia