Cara Untung Banyak Budidaya Genjer

- November 01, 2017

Cara Untung Banyak Budidaya Genjer

 

Genjer ataupun paku rawan adalah sejenis tumbuhan rawa yng Suka dijumpai di daerah persawahan serta ataupun perairan yng dangkal. Umumnya Genjer hidup berdampingan yang dengannya yng namanya eceng gondok. Genjer adalah jenis tanaman yng tak berkayu dimana tumbuh pada daera dataran rendah populasi dari genjer Amat baik.
Biasanya dimasyarakat petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam genjer pada lahan persawahan orang-orang ataupun mampu pula yang dengannya mempergunakan tanah bergambut dekat rawa- rawa. Lahan bergambut tidak sedikit diteliti serta memiliki kandungan unsur hara alamiah dari sisa - sisa pembusukan serat tanaman air. Serat itu yng memicu menjadinya pupuk biokompos yng bisa menumbuhkan genjer.
Genjer Amat diminati oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat tidak sedikit dikarenakan kandungan yng terdapat pada genjer yaitu setiap 100 gram genjer terdapat energi 39 kkal, protein 1,7 g, karbohidrat 7,7 g, kalsium 62 mg, posfor 33 mg dan zat besi 2,1 mg. Begitu pula pada daun serta bunganya yang dengannya kandungan kardenolin, flavonoida dan polifenol.
CARA UNTUNG BANYAK BUDIDAYA GENJER
1. Pemilihan Bibit Genjer UnggulanDalam memperoleh bibit tanam yng mempunyai kualitas serta baik, tentunya genjer didapatkan dari hasil cabutan genjer yng ada di perairan lain ataupun mampu pula dari mencabut beberapa tanaman muda yng ada dibagian akar dari tanaman genjer tua. Dalam proses pemilihan bibit, pilihlah bibit genjer yng terlihat dari luar tidak jelek alias bagus, yang dengannya daun tak rusak serta terhindar dari cacat organ tubuh itu adalah prioritas utama dalam menghasilkan panen yng menguntungkan.
2. Pengolahan Lahan Tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk GenjerPengelolaan lahan gambut yng akan ditanami genjer tatacaranya hampir percis semisal di area sawah. Sebelum ditanami genjer, bajaklah rawa ataupun sawah serta di lakukan yang dengannya memastikan ketercukupan air yng ada dilahan yng hendak dibajak / minimal ketinggian 10-15 cm. Pastikan saluran irigasi yang dengannya tepat sasaran supaya seluruh hamparan lahan terairi. begitu pula yang dengannya lahan rawa tak butuh diberi pupuk lantaran lahan rawa gambut sudah mempunyai pupuknya sendiri. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lahan sawah, sehari sebelum melakukan penanaman di lakukan penaburan pupuk yng berfungsi supaya pertumbuhan genjer cepat berbunga serta menghasilkan helaian daun yng gampang daun seragam.
3. Penanam genjer di Lahan yng Siap TanamJika lahan sudah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanami, pengolahan selanjutnya adalah tata tips menanam bibit genjer dimana yang dengannya tips menekan bagian akar dari genjer yang dengannya mempergunakan jempol tangan secara perlahan diatas tanah gambut berlumpur sekitar 8-12 cm dalamnya. Jarak antar genjer sendiri sekitar 10-15 cm serta penanaman genjer boleh secara tak terencana. Umumnya waktu yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam genjer pada tatkala sore hari di waktu 15.00 - 17.00 WIB dimana matahari sudah mulai tenggelam agar bisa daun genjer tak gampang layu serta mengurangi penguapan.
4. Perawatan Dasat Tanaman GenjerPerawatan dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya genjer sangatlah gampang, tinggal menambahkan pupuk sangkar / kompos di area lahan, pengaturan irigasi / saluran air, penyiangan gulma penggangu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pupuk mampu di lakukan tatkala usia genjer sudah 20 hari serta pemberiannya yang dengannya tips menyebar secara bebas secara menyeluruh. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengairan irigasi Amat penting di awasi serta di lakukan lantaran tanaman genjer Amat menyukai tempat yng air ketercukupan, andai tak akan membuat tanaman genjer gampang layu, daun akan menguning serta terjadinya dehidrasi. Lantas bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyiangan dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah adanya kompetisi dalam pengambilan nutrisi. Penyiangan di lakukan yang dengannya tips mencabut gulma hingga ke dalam akarnya.
5. Kegiatan Panen serta Pascapanen
Panen dari budidaya genjer ini di lakukan tatkala mencapai 2-3 bulan. Panen genjer di lakukan yang dengannya 2 tips yakni memetik bagian tangkai bunga serta bunganya maupun mengambil batang herba dan daunnya. kegiatan panen mampu di lakukan setiap 3 - 4 hari sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan tumbuhnya tunas batang genjer muda serta bunga genjer yng mulai kuncup maupun mekar. kegiatan pascapanen adalah yang dengannya mengalihfungsikan lahan yng sudah dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbudidaya genjer yang dengannya pengolahan kembali lahan.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/cara-untung-banyak-budidaya-genjer.html.

Seputar Cara Untung Banyak Budidaya Genjer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Untung Banyak Budidaya Genjer